Tempat Wisata

Taman Air Mancur SRI BADUGA 6 Kegiatan Pilihan Desember 2022

Harga Tiket Masuk Taman Air Mancur Sri Baduga (Situ Buleud) Purwakarta : Bebas Jam : 17.30 – 21.00 No. Telepon: -Alamat: Negeri Kidul, Purwakarta, Nagri Kidul, Purwakarta, Purwakarta, Jawa Barat, Indonesia, 41111

Taman Air Mancur Sri Baduga bisa dijadikan tujuan wisata berlibur di Purwakarta. Atraksi air menari yang dihiasi lampu warna-warni siap menghibur para pengunjung yang datang ke sini. Tidak jauh dari Alun-alun Purwakarta terdapat Situ Buleud, sebuah waduk air.

Taman hijau yang ditata dengan luas tak kurang dari 4 hektar ini menawarkan segudang aktivitas selain air mancur. Tak heran jika taman rekreasi ini ramai setiap akhir pekan. Baik oleh pengunjung lokal maupun wisatawan dari daerah sekitar seperti Bandung dan Jakarta.

Jam buka & peta air mancur

Pertunjukan air mancur ditutup sementara hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Taman Sri Baduga sendiri buka setiap hari karena merupakan fasilitas umum. Namun, pertunjukan air mancur tersebut hanya bisa disaksikan setiap Sabtu malam.

Jam buka air mancur di Taman Sri Baduga
air mancur 17.30 – 21.00

Baca: Tiket Masuk Cikao Park Purwakarta & 6 Aktivitas

Biaya masuk

Karena ini adalah taman kota dan ruang publik, tidak ada tiket masuk tetap untuk menikmati kawasan ini. Wisatawan tinggal datang dan mencari spot terbaik untuk merasakan keindahan air mancur di sana.

Atraksi dan Aktivitas Taman Air Mancur Sri Baduga

Seperti namanya, atraksi utama taman rekreasi keluarga ini adalah pertunjukan air mancur. Namun jangan salah, masih banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan di sini. Dari wisata kuliner hingga piknik dan relaksasi, semuanya bisa dilakukan. Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan

atraksi air mancur

Pertunjukan Air Mancur di Sri Baduga PurwakartaPertunjukan air mancur di Taman Sri Baduga Purwakarta. Foto: googlemap/Johanes Jenito

Pertunjukan air mancur menjadi daya tarik utama tempat wisata ini. Sangat menarik memadukan pencahayaan dan pergerakan air mancur setinggi 6 meter ini. Pertunjukan air mancur diadakan setiap hari Sabtu. Pada hari ini pengunjung dapat melihat 2 pertunjukan air mancur.

Pertunjukan air mancur dilakukan pada malam hari. Yang pertama bisa dilihat pada pukul 19.30 WIB. Sedangkan pertunjukan kedua bisa dinikmati pada pukul 20.30 WIB. Tidak jarang pengunjung menjadi sangat ramai saat atraksi ini berlangsung.

Selamat menikmati sate maranggi

Taman Air Mancur Sate Maranggi Sri BadugaSelain atraksi air mancur, wisatawan juga bisa menikmati sajian kuliner Sate Maranggi di sekitar area taman.

Sate Maranggi sendiri merupakan kuliner khas Purwakarta. Rasa sate ini unik karena bumbunya digunakan sebelum dipanggang. Setelah terik, gerimis bumbu kacang menambah kenikmatan tersendiri.

Di sini pengunjung bisa menikmati Sate Maranggi sambil melihat air mancur. Karena tepat di depan Situ Buleud terdapat Kampung Sate Maranggi. Kampong Sate Maranggi buka setiap hari Jumat dan Sabtu jadi kamu bisa berteman sambil bersantai di Situ Beleud.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Jatiluhur Water World Purwakarta

Tempat foto yang menarik

Patung Sri Baduga di malam hariPatung Sri Baduga Mahara menjadi tempat berfoto yang populer bagi pengunjung taman air mancur ini. Foto: Google Maps/Yoga Pratama

Taman rekreasi ini menjadi salah satu tempat paling populer untuk berfoto, terutama di malam hari. Pemandangan pertunjukan air mancur tidak bisa diabaikan begitu saja untuk diabadikan. Cukup banyak pengunjung yang berfoto pada pagi/siang maupun malam hari.

Misalnya di bagian depan terdapat tulisan “Taman Air Mancur Sri Baduga”. Atau berfoto dengan latar belakang patung Sri Baduga Mahara yang berada di tengah Situ Beleud.

Baca: Tiket Masuk Giri Tirta Kahuripan Purwakarta dan Aktivitas Serunya

Piknik di Taman Air Mancur Sri Baduga

Pengunjung bisa bersantai di sekitar Taman Sri Baduga. Anda bisa menikmati berbagai kuliner atau sekedar duduk dan mengobrol. Selain itu, kawasan wisata ini memiliki pemandangan alam yang indah dengan banyak pepohonan dan patung.

Taman wisata ini juga cocok untuk piknik keluarga. Pengunjung bisa membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah untuk menghemat biaya. Sembari menikmati waktu bersama keluarga, Anda bisa mengajak si kecil bermain seperti lari-larian di taman.

pemandangan matahari terbit

Saksikan matahari terbit dari taman di pagi hariM. Foto: instagram/purwakarta.pisan

Pengunjung yang datang pada pagi hari bisa menikmati matahari terbit selain jogging. Warna kuning menambah keindahan Taman Sri Baduga. Sambil menikmati matahari terbit, pengunjung juga bisa bersantai. Misalnya pemanasan atau yoga untuk kesehatan tubuh.

Olahraga

Taman ini juga berfungsi sebagai sarana olahraga. Pengunjung yang datang terutama di pagi hari bisa berjalan-jalan atau jogging di jogging track. Bukan hal yang aneh jika kita menemukan kelompok yang melakukan senam bersama di Sri Baduga.

Pengunjung juga bisa bersepeda di area taman. Namun, pengendara sepeda harus berhati-hati karena banyak pengunjung yang melakukan aktivitas lain. Salah satunya berlari agar tidak melukai pengunjung lainnya.

Fasilitas di Taman Air Mancur Sri Baduga

Di sekelilingnya, Beleud dilengkapi dengan tempat duduk untuk menonton pertunjukan. Fasilitas lainnya antara lain toilet, mushola, dan pintu masuk khusus lansia, difabel, dan ibu hamil.

Meski belum ada rumah makan khusus yang dibangun oleh pemerintah, namun sudah banyak warung yang berdiri di kawasan wisata. Untuk parkir, pengunjung harus bersiap memarkir kendaraannya di tepi jalan karena lahan parkirnya tidak cukup luas.

Lokasi Taman Air Mancur Sri Baduga

Taman rekreasi ini terletak di kawasan Situ Beleud. Tepatnya di Negeri Kidul, Purawakarta, Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kab.Purwakarta, Jawa Barat.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button