Tempat Wisata

Taman Balekambang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Solo merupakan kota yang sering dijadikan tujuan liburan oleh banyak wisatawan. Jika Anda sedang berkunjung ke Solo, salah satu wisata yang bisa dikunjungi bersama keluarga adalah Taman Balekambang di Surakarta. Di sini Anda dapat menikmati keindahan alam dengan suasana yang indah dan banyak tempat yang layak untuk dilihat.

Taman Balekambang

Bisa dibilang tempat ini merupakan tempat wisata murah baik untuk turis maupun penduduk lokal yang ingin bersantai menikmati akhir pekan.

Daya Tarik Taman Balekambang Surakarta

Taman ini merupakan ruang terbuka yang dapat digunakan oleh siapa saja. Tempat ini bisa menjadi rest area untuk relaksasi, tempat bermain anak dan lainnya. Taman Balekambang Surakarta menawarkan beberapa atraksi yang bisa Anda dan keluarga nikmati bersama.

1. Taman Reptil

Salah satu tempat yang bisa dikunjungi di taman ini adalah taman reptil. Taman reptil ini berada di sebelah barat Bale Terapung. Di taman ini terdapat sebuah batu Romawi yang diyakini masyarakat merupakan pecahan meteor yang menghantam kota Solo.

2. Taman Air Partini

Partini Water Park merupakan tempat penampungan air yang digunakan untuk pembuangan limbah di kota. Terletak di bagian barat, kolam ini juga dapat digunakan sebagai arena bermain paddock dan perahu untuk dinikmati pengunjung.

Ada beberapa bebek dayung yang bisa dipilih yaitu bebek dayung berkapasitas 4 hingga 6 orang. Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000 per orang untuk menikmati wahana air ini.

Pengunjung juga bisa memancing di kolam yang ada. Ikan yang ada di kolam ini adalah Redtail Cabernet, Black Pacu, Peacock Bass dan Araphaima. Paket memancing yang ditawarkan adalah paket dua jam dan paket satu hari.

3. Taman Partinah Bosch

Taman Bosch Partinah atau Hutan Partinah berfungsi sebagai paru-paru kota dan sebagai daerah tangkapan air. Berbagai jenis tumbuhan tumbuh di hutan ini, yaitu apel, beringin, dan kenari.

Selain sejumlah tumbuhan, juga terdapat kawanan rusa di hutan ini yang biasanya menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Taman Balekambang Surakarta. Rusa di hutan ini cukup jinak, namun saat musim kawin rusa ini bisa menjadi lebih agresif.

4. Taman Kelinci

Bisa dibilang taman kelinci ini merupakan wisata terbaru yang dibuka sejak 25 Januari 2019. Taman kelinci ini merupakan salah satu wahana yang paling populer untuk anak-anak dan juga dapat digunakan untuk pendidikan. Selain kelinci, ada beberapa hewan lain yang ada di taman ini, yaitu penyu, biawak, dan domba merino.

Di sini Anda dan keluarga bisa berinteraksi langsung dengan hewan yang berbeda dan didampingi petugas. Petugas di lokasi akan memberi tahu Anda cara merawatnya, jenis apa yang ada, dan cara membiakkan hewan di taman kelinci. Diharapkan masyarakat dapat menambah pengetahuan tentang hewan dengan adanya alat edukasi ini.

5. Aula dan kolam renang

Di areal taman terdapat dua bangunan pendopo dan sebuah kolam besar. Aula pertama adalah Bale Terapung. Pada awalnya, aula ini berfungsi sebagai tempat relaksasi dan tempat pertemuan anggota keluarga kerajaan.

Pendopo inilah yang menjadi latar belakang taman ini dinamakan “Balekambang”. Pasalnya, balai ini terletak di dekat sebuah kolam besar, sehingga jika dilihat dari kejauhan, balai tersebut terlihat seperti terapung.

Aula kedua adalah Bale Tirtayasa. Dahulu, balai ini berfungsi sebagai ruang ganti bagi anggota kerajaan yang pergi berenang. Ada kolam renang di depan aula, yang saat ini tidak digunakan.

Taman Balekambang Surakarta

Ada beberapa fasilitas yang bisa Anda manfaatkan saat berkunjung ke Balekambang Solo Park, yaitu:

  • Berbagai wahana kendaraan

Taman ini memiliki beberapa kendaraan yang bisa Anda sewa untuk berkeliling area taman bersama keluarga. Misalnya mobil berkapasitas empat orang, perahu kayuh, dan kereta kuda. Hal ini dimaksudkan agar pengunjung dapat menikmati keindahan taman dengan berbagai cara.

Meski taman ini dipenuhi pepohonan tinggi, Anda tidak perlu khawatir ketinggalan sinyal. Kota Surakarta memasang dua tower untuk memaksimalkan konektivitas internet. Terdapat juga area hotspot di taman ini dimana WiFi yang disediakan dapat digunakan secara gratis oleh pengunjung yang ada.

Tiket Masuk Taman Balekambang Surakarta

  • Harga tiket pendaftaran berkemah: 0 (gratis)

(Diperbarui Mei 2023)

Taman Balekambang Surakarta Jam Operasional

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore

Lokasi dan Rute Taman Balekambang Surakarta

Taman ini terletak di Jalan Balekambang No.1, Manahan, Kota Surakarta. Jika Anda ingin datang dengan kendaraan pribadi, Anda dapat berkendara langsung ke lokasi. Jika tidak, Anda juga bisa menggunakan angkutan umum yaitu bus untuk menuju terminal Tirtonadi. Dari terminal Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan becak.

Peta Taman Balekambang Surakarta

Tips mengunjungi Taman Balekambang Surakarta

Jadikan liburan Anda dan keluarga semakin menyenangkan dan berkualitas di Taman Balekambang Surakarta. Berikut adalah beberapa tips dari kami untuk digunakan sebagai referensi liburan:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Balekambang Surakarta adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Taman Balekambang Surakarta bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan tubuh tetap prima saat berlibur di Taman Balekambang Surakarta.

Galeri Foto Taman Balekambang Surakarta

Taman Balekambang ManahanTaman Balekambang Satu Sumber : instagram.com/nudyaas/Taman BalekambangTaman Balekambang Sumber : instagram.com/solopunya/Taman Balekambangsihir tamanSpot menyerupai Patung LibertySpot yang menyerupai patung MerlionFoto sebelum pernikahan di Taman Balekambang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button