Tempat Wisata

Taman Bambu Runcing: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pesona wisata di Kota Langsa seakan tak ada habisnya untuk dijelajahi. Kota kecil di wilayah timur provinsi Aceh ini menawarkan berbagai tempat wisata menawan yang menarik untuk dikunjungi. Kota yang juga memiliki sejarah panjang pada masa penjajahan Belanda ini juga memiliki tempat wisata sejarah seperti Taman Bambu Runcing.

Taman Bambu Runcing merupakan ruang terbuka hijau yang seolah menjadi landmark kota Langsa sekarang. Di dalamnya terdapat tugu bambu runcing yang dulunya merupakan senjata utama yang digunakan bangsa Indonesia untuk mengusir Belanda. Saat ini, taman ini menjadi tempat wisata yang digemari anak muda untuk bersantai di sore hari dan menikmati keindahan kota Langsa.

Secara geografis, Taman Bambu Runcing terletak di Jalan Jendral Ahmad Yani, Kota Langsa, Kota Langsa, Aceh. Karena letaknya yang sangat strategis dan bersebelahan dengan Lapangan Merdeka Langsa, sangat memudahkan wisatawan untuk menemukan objek wisata ini. Terletak di jantung kota Langsa, ada berbagai pilihan transportasi umum yang bisa dipilih.

Taman Bambu Runcing ini didirikan pada tanggal 17 Agustus 1948 oleh pemerintah untuk memperingati perjuangan rakyat Aceh melawan penjajahan Belanda. Berbagai jenis pohon ditanam di taman yang menjadi paru-paru kota Langsa ini. Di dalam taman, wisatawan juga akan menemukan poster dan relief di dinding yang menceritakan tentang perjuangan kemerdekaan rakyat.

Pesona Taman Bambu Runcing

Wisatawan dapat memasuki Taman Bambu Runcing dengan melewati dua pintu gerbang di kanan dan kiri taman. Bahkan untuk biaya masuk, para wisatawan tidak dipungut biaya apapun karena ini sebenarnya dibangun oleh pemerintah daerah sebagai ruang terbuka hijau di kota Langsa. Memasuki taman Anda akan langsung merasakan suasana asri dan nyaman.

Terdapat jalan setapak yang sudah diaspal demi kenyamanan para pengunjung dan juga berbagai tanaman, pohon dan bunga seakan menghiasi keindahan taman ini. Sebuah tugu bambu runcing bercat kuning, merah dan putih di ujungnya, melambangkan bendera Indonesia, berdiri megah di tengah taman.

Kebun Bambu Pedas

Area berumput hijau juga merupakan fenomena yang indah, dihiasi dengan tanaman dan bunga yang tertata rapi. Suasana di taman ini sangat tenang, nyaman dan asri, tak heran jika banyak wisatawan yang betah berada di taman ini. Memang ruang terbuka hijau telah menjadi faktor penting dalam perencanaan kota, tidak hanya berfungsi untuk memperindah kota, tetapi juga menjadi paru-paru hijau kota Langsa.

Tembok merah-coklat besar di salah satu sisi taman. Tembok ini merupakan relief yang menggambarkan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Juga terlihat jelas ikon Pancasila untuk dilihat wisatawan. Tahun dibangunnya taman itu tertera di sebuah plakat tak jauh dari tugu bambu runcing.

Ada juga air mancur di Taman Bambu Runcing, namun sayangnya air mancur ini tidak beroperasi dan kolamnya dipenuhi banyak sampah. Sayang sekali, padahal jika air terjun ini masih berfungsi akan semakin menambah keindahan taman. Selain itu, lampu taman banyak yang hilang entah kemana, hal tersebut tentunya mengurangi keindahan taman.

Taman Bambu Runcing ini merupakan tempat yang tepat untuk bersantai di sore hari dan bercengkerama dengan teman atau keluarga. Saat malam tiba, wisatawan berduyun-duyun ke taman yang didominasi anak muda. Kebanyakan wisatawan yang datang hanya untuk bersantai setelah lelah beraktivitas sehari-hari datang ke sini.

Fasilitas Taman Bambu Runcing

Taman Bambu Runcing memiliki fasilitas yang cukup luas. Di dalam taman terdapat toilet umum, tempat sampah dan juga musholla untuk ibadah umat muslim. Selain itu, taman ini juga menawarkan banyak area tempat duduk dan pendopo yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai dan menikmati keindahan taman.

Untuk tempat parkir, wisatawan biasanya membawa kendaraannya ke dalam taman. Selain itu, Taman Bambu Runcing juga menawarkan WiFi gratis yang disediakan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Tentunya fasilitas ini juga memastikan pengunjung betah berlama-lama di taman.

Baca juga: Hutan Kota Langsa, tempat wisata sekaligus paru-paru dunia di Kota Langsa

Anda juga akan menemukan banyak penjual di sekitar taman yang menjual berbagai jenis makanan dan jajanan. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir jika merasa lapar. Pengunjung bisa mencoba jajanan seperti sate, es krim, buah-buahan dan juga pizza mini. Selain itu, Anda juga akan menemukan kafe bahkan restoran di sekitar taman.

Jika ingin menginap, terdapat hotel dan penginapan di kota Langsa untuk tempat menginap wisatawan. Mengunjungi taman bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan stres dan penat setelah seharian beraktivitas. Berikut aktivitas yang dapat dilakukan di Taman Bambu Runcing.

Wisata Sejarah

Mengunjungi Taman Bambu Runcing ini akan membawa Anda kembali ke masa mengenang perjuangan rakyat Indonesia melawan Belanda. Ada tugu bambu runcing yang sebenarnya didirikan sebagai simbol perjuangan rakyat. Seperti yang Anda ketahui, bambu runcing merupakan senjata tradisional yang digunakan untuk melawan penjajah.

Sayangnya, di tugu bambu runcing ini banyak coretan oleh tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, di taman ini Anda bisa melihat tembok dengan relief perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Menikmati keindahan taman

Jika ingin nongkrong dan bersantai di sore hari, Anda bisa mengunjungi Taman Bambu Runcing di Kota Langsa. Anda bisa bercengkrama dengan orang tersayang dan keluarga sambil menikmati udara segar dan pemandangan hijau yang disuguhkan oleh deretan pohon dan taman. Selain itu, Anda juga bisa melihat tugu bambu runcing di taman ini. Berkat fasilitas Wi-Fi gratis, Anda tentu akan betah berlama-lama di taman. Ada tempat duduk di sini yang bisa Anda gunakan untuk bersantai, melepas penat. Taman ini juga sangat cocok bagi anda yang ingin berwisata sambil Ngabuburit menunggu buka puasa.

berburu foto

Bagi Anda yang menyukai fotografi, Anda bisa mengunjungi taman ini untuk mengabadikan berbagai objek menarik. Anda dapat memotret monumen bambu runcing, pepohonan hijau, dan bunga berwarna-warni yang indah. Ada pula relief sejarah yang bisa Anda abadikan dengan kamera.

Di sini kamu juga bisa berfoto selfie untuk mengabadikan momen bersama teman. Sebagai latar belakang, Anda bisa menggunakan berbagai objek menarik. Jika Anda tidak puas, Anda bisa berkeliling taman mencari tempat lain dan sudut pandang lainnya.

Baca juga:

Peta Taman Bambu Runcing

Tips Berwisata di Taman Bambu Runcing

  • Jika berkunjung pada siang hari, jangan lupa membawa topi atau payung.
  • Jangan mencoret-coret monumen dan bangunan di taman.
  • Dilarang melakukan maksiat di taman karena bertentangan dengan hukum Syariah Islam.
  • Jaga kebersihan taman dan jangan buang sampah sembarangan.
  • Perhatikan kelestarian taman dan jangan merusak tanaman dan fasilitas di dalamnya.

Galeri Foto Taman Bambu Runcing

Selamat datang di Taman Bambu Runcing

Taman Bambu Runcing di Langsa
Suasana sore hari di Taman Bambu Runcing
Tur keluarga ke Taman Bambu Runcing
Air mancur di Taman Bambu Runcing

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button