Tempat Wisata

Taman Barito: Jam, HTM, Lokasi, Fasilitas

Taman Barito sudah tidak asing lagi bagi warga Jakarta. Taman ini terletak di kawasan Jakarta Selatan. Pengunjung dapat menikmati suasana asri dan rimbun pepohonan disekitarnya.

Nama asli taman ini adalah Taman Ayodya. Taman ini memiliki fasilitas yang lengkap. Sehingga tidak salah jika taman ini berhasil menyabet predikat taman terbaik nomor 4 DKI Jakarta.

Kenali Taman Barito

Taman Ayodya atau Barito adalah sebuah taman kota di Jakarta Selatan. Taman ini dibangun di atas sebidang tanah seluas 7.500 m². Di tengah kolam terdapat kolam buatan dengan luas 1.500 m².

Taman ini juga termasuk taman kota terbaik, bahkan menduduki peringkat keempat se-DKI Jakarta secara keseluruhan. Hal ini tak lain karena fasilitasnya yang cukup lengkap dan juga mencakup penyandang disabilitas.

Taman kota ini juga dekat dengan beberapa fasilitas infrastruktur seperti pasar, hotel, dan pusat perbelanjaan. Diantaranya adalah Hotel Grand Mahakam, Pasar Burung Barito, Plaza Blok M, Pasar Taman Puring dan Mall Kebayoran Baru.

Tiket masuk Taman Barito

Liburan di Taman Ayodya tidak memerlukan biaya sepeser pun. Wahana yang ditawarkan di sini juga gratis. Semua fasilitas tersebut bisa Anda gunakan secara gratis karena taman ini dikelola langsung oleh pemerintah.

Untuk parkir, Anda hanya perlu membayar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Jam buka Taman Barito

Taman Ayodya buka 24 jam sehari. Namun, tentu saja ada waktu terbaik untuk mengunjungi taman ini. Waktu terbaik untuk menikmati udara segar pepohonan adalah antara pukul 06.00 hingga 10.00.

Pada jam-jam tersebut matahari belum terik. Sehingga pengunjung bisa berlatih dengan nyaman di sini.

Untuk menikmati suasana sunset yang hangat, pengunjung bisa mampir mulai pukul 16.00 hingga 18.00. Jika datang pada malam hari, pengunjung akan disambut pedagang kaki lima yang menjajakan aneka jajanan.

rute dan alamat

Taman Ayodya terletak di Jalan Lamandau III, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Akses jalan menuju kesana relatif mudah. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum seperti Transjakarta atau MRT.

Jika menggunakan Transjakarta, pengunjung dapat menggunakan Transjakarta Koridor 1 dan turun di halte Blok M Square. Jika menggunakan transportasi MRT, silakan turun di stasiun Blok M BCA atau dikenal juga dengan stasiun Blok M Plaza.

fasilitas dan wahana

Selain bersantai dan bercengkrama, taman ini juga menjadi tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan. Taman Ayodya menawarkan berbagai fasilitas kepada para pengunjungnya.

1. Fasilitas olahraga

Taman ini menawarkan jalur lari yang nyaman bagi pengunjung yang ingin berjalan kaki atau joging. Berolahraga akan terasa lebih nyaman di sini karena Anda dikelilingi oleh pepohonan yang asri.

Di tempat fitnes terdapat alat olahraga yang mirip dengan alat fitnes. Fasilitas olahraga ini memungkinkan pengunjung untuk menenangkan pikiran dan menyehatkan tubuh mereka.

Setelah lelah berolahraga, Anda bisa bersantai di area taman dan menghirup udara segar. Pengalaman seperti itu sudah menjadi hal yang langka di kota-kota besar seperti Jakarta.

2. Air mancur

Selain sarana olahraga, pengunjung biasanya juga suka bersantai di area air mancur. Di sinilah para penghuni kebanyakan bersantai dan menikmati pemandangan taman yang rindang. Jangan lupa untuk berpakaian santai dan nyaman saat berjalan-jalan di sekitar taman.

3. Tempatkan foto

Untuk anak muda yang suka berfoto. Ayodya Park juga menawarkan spot foto yang Instagramable. Salah satunya adalah area air mancur.

Waktu yang disarankan untuk memotret air mancur adalah saat air mancur menyala. Sehingga pengunjung bisa mendapatkan background air mancur yang indah.

Ada juga paviliun khas desa di sini. Berfoto di sini memberikan kesan teras rumah yang asri dan rindang.

Jangan lewatkan spot foto lainnya, seperti jalan setapak yang diapit pepohonan. Berfoto di sini menciptakan suasana yang sejuk dan segar.

4. WiFi sangat cepat

Tidak jarang pengunjung Taman Ayodya datang ke sini untuk memanfaatkan fasilitas Wi-Fi. Fasilitas ini diberikan oleh pemerintah DKI di Jakarta untuk meningkatkan kualitas taman. Pengunjung bisa bersantai dan mengakses internet tanpa takut kehabisan kuota.

Pastikan untuk mengirim SMS ke 98108 untuk mengakses internet. Masukkan NET (spasi) 5000 lalu kirim ke nomor tersebut. Kemudian pengunjung dapat menikmati internet dengan kecepatan hingga 100 Mbit/s.

Kebun Kuliner Barito

Kawasan di sekitar Taman Ayodya tidak hanya dikenal dengan keindahan tamannya saja. juga dikelilingi oleh berbagai pedagang kuliner. Ada berbagai jenis masakan yang bisa Anda temukan di sini. Mulai dari makanan ringan hingga menu berat.

Di bawah ini kami sajikan rekomendasi wisata kuliner di sekitar Taman Ayodya yang tidak akan menguras dompet Anda.

1. Bubur Ayam Barito

Stand bubur ayam ini terletak di lereng Barito. Meski berada di daerah Barito, nama bubur ini juga dikenal di pelosok Jakarta. Stand bubur ayam ini tidak pernah sepi karena selalu penuh dengan pelanggan lama dan baru.

Banyak yang penasaran dengan perpaduan bubur ayam dengan cheese stick. Pasalnya, bubur ayam biasanya menggunakan kerupuk sebagai pelengkap. Selain stik keju, potongan cakwe juga disajikan dalam bubur yang menambah cita rasa gurih.

Agar rasa bubur semakin nikmat, jangan lupa tambahkan lauk pauk seperti sate usus, ampela, ati, dll. Dengan harga Rp 20.000 kamu sudah bisa menikmati sajian bubur ayam legendaris di sini.

2. Membungkuk kari

Setiap pengunjung Ayodya Park pasti akan mengenali Bend Curry atau Gultik. Tak kurang dari puluhan pedagang gulai kambing berjualan di sini. Meski lokasinya agak tersembunyi, Curry Bend selalu dipadati pelanggan.

Tekuk gulai juga sering disebut dengan stiker gultik. Nama ini diambil dari gerobak gulai yang penuh dengan tempelan stiker komunitas motor atau mobil.

Dengan Rp 15.000 Anda bisa menikmati kari dengan jeroan dan daging serta nasi. Ada juga porsi macho untuk pembeli yang menginginkan lebih banyak kari. Tidak lupa ada lauk pauk seperti sate telur puyuh, usus, paru-paru dan lambung hati.

3. Angkringan Blok M

Pengunjung yang tidak ingin menu kaya bisa mengunjungi Angkringan Blok M. Angkringan ini tidak pernah sepi dan selalu cenderung penuh. Ada banyak jenis jajanan yang bisa ditemukan di sini.

Mulai lalapan, sate sate, gudeg bahkan nasi uduk. Favorit pembelanja di sini termasuk cabai hijau, orek tempe, ayam goreng, cumi goreng, dan balado jagung rebus. Karena tempatnya di tanah, pengunjung bisa menikmati makanan dan minuman dengan lebih nyaman.

Menutup

Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di Taman Barito. Dari pelatihan hingga akses WiFi gratis. Setelah pengunjung bosan berjalan-jalan di sekitar taman, mereka bisa membeli makanan dan minuman yang enak di sekitar taman. Apa yang kamu tunggu? Ayo ke Taman Ayodya!

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button