Tempat Wisata

Taman Batu Cijanun Purwakarta yang lagi hits, tiket, alamat dll

Taman batu – Siapa sangka ternyata Purwakarta mempunyai potensi wisata alam yang sangat indah. Selain Giri Tirta Kahuripan yang sudah banyak dikenal wisatawan, kini terdapat Taman Batu Cijanun di sana. Sebuah objek wisata kecil berupa sumber mata air alami dimana pengunjung dapat berenang dengan bebas. Kawasan tersebut banyak dikelilingi bebatuan besar dan persawahan.

Taman Batu Cijanun terletak di Desa Lembang Sari, Desa Cipeundeuy, Bojong, Purwakarta, Jawa Barat. Objek wisata ini letaknya jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Meski di musim kemarau, aliran air masih melimpah dan kejernihan air pegunungan yang belum tercemar.

Taman Batu Cijanun Bojong dari atas Via @dugprojectTaman Batu Cijanun Bojong dari atas Via @dugproject

Luas lahan Batu Park akan diperluas dari 5.000 meter persegi menjadi 5 hektar. Perluasan tersebut akan memanfaatkan lahan milik warga sekitar. Luas 5000 meter persegi itu merupakan tanah milik pemerintah daerah.

Taman Cijanun Mendadak Viral!!!

Tak ada yang menyangka postingan beberapa orang di media sosial membuat objek wisata ini terkenal di tahun 2016. Setelah viral, banyak pengunjung dari luar desa yang datang ke Taman Batu Cijanun. Bahkan saat liburan akhir pekan pun banyak pengunjungnya.

Semula tiket tersebut hanya berupa sumbangan keikhlasan pengunjung. Sejak saat itu, banyak tempat parkir sepeda motor dan lapak kecil yang berkembang menjadi seperti sekarang.

Taman Batu Cijanun Via HeadlinejabarTaman Batu Cijanun Via Headlinejabar

Lokasi Taman Batu Cijanun

Karena lokasinya yang berada di pinggiran kota, wisata ini tentu saja cocok untuk mengurangi kepenatan dan stres. Selain itu, ketinggian kawasan wisata juga membuat pemandangan sekitar terlihat jelas. Selain itu, di area kolam banyak terdapat pohon kelapa sehingga suasananya seperti pantai.

Untuk menuju taman ini, Anda harus menempuh jarak 30 kilometer dari pusat kota Purwakarta. Sambungan jalan juga cukup baik karena masih bisa diakses oleh kendaraan roda empat. Alternatifnya, Anda juga bisa menyewa angkutan umum karena tidak banyak pilihan transportasi menuju objek wisata ini. karena itinerarynya masih baru setelah properti dibuka pada bulan Maret 2017.

Harap berhati-hati karena masih sedikit petunjuk arah menuju tempat wisata. Apalagi tempatnya berada di tengah perkampungan, sehingga bagi yang tidak tahu arahnya bisa saja tersesat. Lebih mudah menggunakan GPS atau bertanya kepada warga sekitar.

Alamat: Dusun Lembang Sari, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Lihat juga: 87 Tempat Wisata di Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi

Rute menuju lokasi

Arah berkendara yang bisa Anda tempuh dari kota Purwakarta adalah jalur Wanayasa menuju Subang. Waktu perjalanan sekitar 21 km. Sesampainya di Wanayasa Anda akan menemui pertigaan. Setelah itu lurus saja menuju Bojong Sawit dan akan sampai di Kecamatan Bojong atau Kantor Polisi.

Waktu perjalanan kurang lebih 1 km. Berikutnya ada Tugu di pertigaan, tepat di depan Indomaret. Belok kanan menuju Desa Cipeundeuy. 500 m nanti ada pos Kamling. Anda bisa belok kanan dan kiri lalu terus lurus hingga Kp. Sari Lembang. Kemudian Anda sampai di lokasi. Benar?

Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk menikmati Taman Cijanun Batu

Biaya masuknya sangat terjangkau, hanya sekitar Rp 15.000. Tiket ini juga berlaku untuk anak-anak dan dewasa. Biaya tambahannya hanya berupa biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor.

Berenang air dingin di Cijanun

Wisatawan berbondong-bondong datang ke Batu Park lewat TempoWisatawan berbondong-bondong datang ke Batu Park lewat Tempo

Di sana Anda dapat menikmati kolam renang sesering yang Anda suka. Airnya sangat dingin dan menyegarkan karena berasal langsung dari mata air Cijanun. Kedalaman kolam pun berbeda-beda tergantung usia. Selain berenang, wisatawan juga bisa berswafoto dengan latar belakang alam yang indah.

Mulai dari sawah, hutan hingga perbukitan. Tak ketinggalan, di sekitar kolam terdapat sejumlah warung yang menjual kopi dan aneka masakan Sunda seperti karedok dan nasi liwet. Anda pasti tidak akan kelaparan!

Tempat wisata lainnya di wilayah Purwakarta selain Taman Batu

Selain taman ini, Anda juga bisa mengunjungi berbagai tempat wisata di sekitar Taman Batu Cijanun. Berikut beberapa di antaranya:

Air Terjun Ciprut

Air Terjun Cipurut terletak sekitar 30 km dari kota Purwakarta. Lebih tepatnya letaknya di kaki Gunung Burangrang. Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau berjalan kaki dari Terminal Wanayasa jika ingin menuju air terjun ini.

Situ Wanayasa

Situ Wanayasa dekat dengan Air Terjun Ciprut. Danau kecil ini hanya berukuran 7 hektar, namun menawarkan pemandangan yang indah. Banyak sekali permainan yang bisa dilakukan disini, misalnya anda bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu kayuh. Anda juga bisa mengayuh perahu atau bersantai sambil memancing.

Uniknya, Situ Wanayasa seperti halnya Danau Toba, memiliki sebuah pulau di tengah danaunya. Makam pendiri Purwakarta yaitu RA terletak disana. Suriawinata.

Waduk Jatiluhur

Purwakarta terkenal dengan wisata Bendungan Jatiluhur. Waduk ini merupakan muara Sungai Citarum dan memiliki luas sekitar 8,3 ribu hektar. Ada banyak wahana hiburan di sana. Jenis olahraga airnya bermacam-macam, mulai dari selancar angin, perahu layar, dayung hingga ski air.

Letaknya tidak jauh, hanya 9 km dari pusat kota. Uniknya, Anda bisa berkemah di sana atau menyewa bungalow. Bendungan Jatiluhur merupakan bendungan tua karena dibangun pada tahun 1957. Air bendungan ini digunakan untuk irigasi, pembangkit listrik, budidaya ikan bahkan air baku untuk minum.

Air Mancur Sribaduga

Objek wisata ini terletak di Situ Buleud. Memiliki luas sekitar 4 hektar dan adanya air mancur di dalam danau menjadikan Situ Buleud menjadi tempat wisata layaknya Patung Merlion Singapura. Objek ini dikenal dengan nama Taman Sri Baduga.

Hebatnya, taman ini dilengkapi dengan fasilitas Efek cahaya dan api di atas air sehingga terlihat begitu indah dan eksotik. Selain itu, terdapat variasi gerakan air mancur yang tampil menari mengikuti alunan musik. Lihat Efek cahayaAnda bisa datang pada hari Sabtu mulai pukul 20.00 hingga 22.00 WIB.

Waduk Cirata

Selain Waduk Jatiluhur, Purwakarta juga memiliki Waduk Cirata di dekat Desa Margalaksana di Cipeundeuy. Hebatnya, waduk ini membanjiri tiga kabupaten yakni Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Purwakarta. dan cekungan terbesar Waduk Cirata berada di Kabupaten Cianjur. Sungai yang digunakan waduk ini adalah Sungai Citarum.

Pemandian Air Panas Ciracas

Jika Taman Batu merupakan sumber wisata air dingin, maka objek wisata ini merupakan sumber air hangat. Sumber Ciracas terletak di kawasan kaki bukit, hanya berjarak sekitar 8 km dari Situ Wanayasa. Saat berada di tempat wisata, Anda bisa menyaksikan hamparan pepohonan, persawahan, dan pemandangan perkebunan teh yang terbentang dari Simpang Empat Legokhuni hingga Desa Ciracas.

Terdapat 12 sumber air panas di sumber air panas ini, beberapa diantaranya berada di area persawahan warga sekitar. Manfaat mengunjungi Sumber Air Panas Ciracas adalah untuk mengobati penyakit kulit, rematik, nyeri, dll.

***

Demikian gambaran wisata yang ada di Purwakarta Batu Park dan juga tempat wisata lain yang ada di kawasan tersebut. Siapa sangka Purwakarta kini muncul menjadi destinasi wisata yang patut diperhitungkan popularitasnya.

Semoga pemerintah bisa selalu menjaga wisata ini dan juga tidak lupa mengembangkannya. Jika Anda ingin berlibur ke Purwakarta tunggu apa lagi? Segera kunjungi tempat wisata tersebut di atas. Selamat bersenang-senang!

Mari kunjungi juga: Tempat Wisata di Purwakarta yang Wajib Dikunjungi

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button