Tempat Wisata

Taman Budaya Sentul City, Wahana Seru Untuk Anak-Anak dan Dewasa!

Siapa sih yang tidak tahu wisata di daerah Bogor? Terkenal dengan udaranya yang sejuk dan asri, kawasan ini memiliki sejumlah wisata alam yang sayang jika tidak Anda coba. Salah satunya Taman Budaya Sentul City Bogor.

Berjarak 61 kilometer dari pusat kota Jakarta, taman ini menyuguhkan pemandangan 4 gunung yakni Gunung Pancar, Gunung Salak, Gunung Gede dan Gunung Geulis. Luasnya mencapai 6 hektar dan sering dijadikan referensi tempat bersantai. Penasaran? Yuk, kenali area ini lebih dalam!

Peta wisata taman budaya tentang Taman BudayaPeta wisata taman budaya tentang Taman Budaya

Luasnya mencapai ribuan meter persegi

Taman Budaya didirikan pada tahun 1994 di bawah kepemimpinan PT. Gunung Geulis Elok Abadi. Hebatnya, taman ini memiliki luas 3000 m2 hanya untuk lapangan dengan kapasitas hingga 2000 orang. Tentu saja, lapangan bisa digunakan untuk banyak kegiatan, misalnya mengumpulkanBerpesta, tamasya komunitasLuncurkan, ke bazaar.

Lokasi, rute dan cara menuju Taman Budaya

Berada di sebelah timur Kota Bogor dan hanya 30 menit dari Jakarta. Lebih tepatnya di Jl. Siliwangi No.1, Sentul City.

Untuk menuju ke sana Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Keduanya sama-sama nyaman karena jalannya lebar dan beraspal. Selain itu di sepanjang jalan terdapat pepohonan tinggi yang rindang dengan trotoar yang bersih dilengkapi dengan jalur sepeda. Seperti di luar negeri, bukan?

Jika Anda datang dari Jakarta dan menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya akses jalan tersebut melalui Tol Jagorawi karena lokasi taman budaya ini tidak jauh dari pintu keluar Tol Sentul Selatan. Namun jika menggunakan kendaraan umum, misalnya kereta api, maka turunlah di stasiun Bogor dan langsung menuju Botani Square. Selanjutnya naik Trans Pakuan menuju Bellanova Country Mall dan keluar di Bukit Sentul.

Mari kunjungi juga: 15 Kolam Renang Di Bogor Yang Seru Untuk Bermain Air

Harga tiket bervariasi tergantung pada kendaraan

Meski tiket masuk ke taman budaya ini gratis, pengunjung harus membayar untuk mencoba berbagai wahana. Tapi tenang saja…karena biaya yang dibutuhkan relatif murah dan sebanding dengan pengalaman dan keseruan yang akan kamu dapatkan.

Paket wisata juga ditawarkan untuk memudahkan pengunjung, yaitu:

  • Paket Outbound Anaksenilai Rp 270.000 dan diisi dengan 11 permainan outbond, makan siang, souvenir dan instruktur serta asuransi
  • Paket Anak Cerdassenilai Rp 350.000 dan diisi dengan anak outbondInstruktur, pilihan program (bisa pembuatan suaratie-dye, t-shirt atau lukisan), minuman selamat datangdan makan siang
  • tentara anak-anaksenilai sekitar Rp 250.000 dengan paket berupa program tentara anak-anakkaos tentara anak-anakuntuk makan siang, minuman selamat datangMedali dan Instruktur
  • paket outbond dewasa, senilai Rp 350.000 dengan 7 permainan sekali jalan, ayunan raksasa, makan siang, rehat kopi, guru dan asuransi
  • paket paintball, senilai Rp 500.000 diisi dengan kegiatan berupa bola cat dengan 50 bola, outbound, instruktur, asuransi, prasmanan makan siangsebaik istirahat 2 kali
  • paket trekking, senilai Rp 350.000 dengan berpetualang di hutan pinus atau air terjun, instruktur, minuman selamat datangmakan siang dan asuransi
  • Wisata budaya dengan harga sekitar Rp 200.000 dan diisi dengan permainan tradisional dan flying fox, lukis layang-layang, pembuatan boneka batang singkong, satu kali makan siang dan minuman selamat datangpelatih, dan kerajinan belalang dari daun kelapa
  • paket berkemah, senilai Rp 450.000 dengan paket Tenda & Perlengkapan Berkemahmakan 4 kali, jalan-jalan, fun games, istirahat 2 kali, api unggun, serta instruktur
  • Paket Membangun Timsenilai Rp 370.000 dan penuh dengan aktivitas program pembangunan tim serta Flying Fox, instruktur, istirahat 2 kali, asuransi, prasmanan makan sianghingga sertifikat
  • Tamasya perusahaansenilai Rp 370.000, dengan kegiatan berupa fun games dan flying fox, istirahat 2 kali, prasmanan makan siangdan instruktur

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu

Berbagai wahana di Taman Budaya

Taman Budaya merupakan kawasan wisata alam yang diperuntukkan bagi kegiatan wisata edukasi. Karena itu, tidak heran jika terdapat 4 zona yaitu Adventure Center, Green Center, Culture Center dan Facility Center.

Atraksi wisata di taman budayaAtraksi wisata di taman budaya

Di Adventure Center, pengunjung diajak untuk menikmati keseruan Kursus tali tinggi outbound, trekking, paintball, dan permainan seru lainnya. Namun peralatan outbond di taman ini merupakan yang terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Biasanya orang dewasa menyukai Vertical Play Opening, Zig Zag Log Step, Buma Bridge, Giant Swing sebagai wahana yang menantang adrenalin. Sementara itu, gladiator ring, log swing, dan balance beam rides sering dijadikan pilihan untuk anak-anak.

Selain outbond, taman ini juga dirancang untuk meningkatkan kerjasama tim sehingga ada permainan yang seru yaitu bola cat. Game ini membutuhkan kohesi dan kerja tim yang baik untuk menang.

Taman Budaya Paintball SentulTaman Budaya Paintball Sentul

Pastinya kendaraan ini sangat cocok untuk acara kantor atau sekolah. Setelah itu, pengunjung bisa menikmati suasana malam dengan api unggun dan jagung bakar di dalam tenda.

Bagi Anda yang senang mendaki gunung, perjalanan melihat desa adat, perkebunan dan persawahan yang hijau serta pemandangan air terjun Gunung Pancar adalah suatu keharusan. Setelah itu, pengunjung juga diajak piknik makan siang di tepi air terjun, ditemani rindangnya hutan pinus setempat.

Jika ada yang menyukai kegiatan kerajinan tangan, jangan khawatir karena di sana juga ditawarkan. Misalnya, kegiatan membuat dan berkreasi dengan lempung, membatik dan melukis. Kreasi medianya pun beragam, mulai dari lampion, kaos, tas hingga layang-layang.

Atraksi wisata di taman budayaAtraksi wisata di taman budaya

Ada kegembiraan yang tidak semua orang bisa nikmati. Artinya, ketika lapangan taman tidak digunakan untuk acara, banyak orang akan menggunakannya untuk menerbangkan layang-layang. Tentu saja, hal ini tidak mungkin dilakukan jika waktu berkunjung bertepatan dengan suatu peristiwa besar. Di sekitar sini banyak penjual layang-layang dengan harga mulai dari Rp 25.000. Uniknya, layang-layang ini berukuran sangat besar dan memiliki bentuk yang berbeda-beda. Ada figur kupu-kupu dan banyak hewan lainnya.

Bagi yang ingin memperluas pengetahuan bercocok tanam, Sentul Park juga menawarkan wahana agro sawah, wahana beternak, dan wahana edukasi alam. Dalam perjalanan ini kami diajari cara bercocok tanam, mulai dari membajak, menanam padi dan merawat.

Kami juga belajar cara merawat dan memerah susu hewan ternak. Bahkan kita juga diajari memetik tanaman dan menumbuk padi. Ada satu wahana yang sangat disukai anak-anak yaitu bermain angklung, bermain tari tradisional, bakiak, egrang dan congklak.

Pujasera, fasilitas lainnya dan souvenir di Taman Budaya

Jangan takut kelaparan di sana karena ada berbagai tempat seperti Kopi Oey, Rumah Makan Pancarsari dan Food Court untuk memuaskan dahaga dan lapar Anda. Makanan disana juga sangat lengkap seperti di perkotaan. Dan meskipun berada di kawasan wisata, harga makanan dan minuman ini sangat masuk akal. Misalnya harga seporsi mie bakso ayam hanya sekitar Rp 15.000.

Bagi yang ingin membawa oleh-oleh, juga terdapat bazaar yang menjual berbagai produk fashion dan perhiasan, serta oleh-oleh khas. taman budaya. Wah, lengkap bukan?

Pujasera di Taman Budaya SentulPujasera di Taman Budaya Sentul

Akomodasi yang nyaman juga ada

Di sekitar kawasan wisata juga terdapat penginapan bagi yang ingin menginap. Salah satunya adalah Hotel Neo. Uniknya, hotel ini terhubung langsung dengan Kulturpark. Jadi walaupun dari luar tidak terlihat sama di tempat yang sama, ternyata di dalam.

Akomodasi di Taman Budaya SentulAkomodasi di Taman Budaya Sentul

Hotel ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai konsep Green Roof dengan gaya natural dan modern. Anda juga bisa berenang di sana bersama keluarga karena ada kolam untuk dewasa dan anak-anak. Lucunya, harganya tidak terlalu mahal di kantong karena tarif kamarnya hanya sekitar 600.000 per malam.

Mari kunjungi juga: Liburan Seru di Obyek Wisata Air Terjun Cigamea, Bogor

Atraksi lainnya di dekat taman budaya

Jika ingin mengunjungi wisata lain di sekitar taman tidak perlu jauh-jauh, karena di Sentul terdapat banyak objek wisata yang perlu dikunjungi. Ladang Kuntum di Jalan Raya Tajur misalnya. Kawasan ini merupakan agrowisata yang menggabungkan peternakan, perikanan, perkebunan dan pertanian organik.

Ada juga Jungleland Adventure Theme Park, Air Terjun Bidadari, Pasar Ah Poong, Hutan Pinus Gunung Pancar, Alam Fantasia, Pemandian Air Panas Gunung Pancar, Science Garden dan lain sebagainya.

Lihat juga: Update biaya masuk Taman Safari Cisarua Bogor

Menyimpulkan

Sebagai? Apakah Anda ingin melarikan diri sejenak dari hiruk pikuk kota dan menikmati hari yang damai di Sentul? Jika iya, maka memilih liburan di Taman Budaya sangat cocok untuk menghabiskan hari-hari liburan Anda.

Selain aksesibilitas yang baik, liburan Anda bersama keluarga juga akan menguntungkan karena tersedia wisata edukasi di sana. Apa yang kamu tunggu? Semoga bermanfaat dan selamat bersenang-senang!

Juga jangan lewatkan: Obyek wisata keluarga Mekarsari Bogor

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button