Berita Wisata

Taman bunga di Tulungagung

Taman bunga adalah tempat yang menarik berburu foto, piknik atau menikmati keindahan warna-warni bunga. Sebagai kota kecil di Pulau Jawa Selatan, Tulungagung juga memiliki beberapa taman bunga. Meski tidak terlalu luas dan tidak terlalu banyak jenisnya, taman bunga bisa menjadi acuan tempat tersebut penyembuhan.

Nah, kalau kamu berencana ke taman bunga, berikut 6 rekomendasi tempat di Tulungagung!

1. Taman Nangkula

6 Taman Bunga di Tulungagung, Referensi Menarik untuk Berburu Foto!Taman Nangkula (Instagram/dolantulungagung)

Salah satu taman bunga yang menarik untuk dikunjungi di Tulungagung adalah Taman Nangkula. Tak hanya menampilkan keindahan taman bunga, Nangkula Park juga memamerkannya terlihat sawah yang menyegarkan mata.

Di areal yang luas juga terdapat arena bermain anak, gazebo, spot foto menarik hingga ikon keris besar yang menonjolkan kesan budaya Jawa yang kental.
Ada juga food court yang menawarkan berbagai menu makanan dan minuman. Untuk masuk ke tempat wisata Nangkula Park, Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 5.000.

Lokasi: Rangganan, Kendalbulur, Kec. Boyolangu, Kabupaten Tulungagung.
Jam operasional: hari dalam seminggu, 09.00–21.00 WIB, akhir pekan, 07.00–21.00 WIB.

2. Agrowisata Sendang Krisan

6 Taman Bunga di Tulungagung, Referensi Menarik untuk Berburu Foto!Agrowisata Krisan (Instagram/yulianing_yulia)

Bunga krisan merupakan salah satu bunga yang sering digunakan sebagai hiasan, karangan bunga, karangan bunga dan dekorasi pernikahan.

Tulungagung sendiri juga memiliki taman bunga krisan yang terletak di ketinggian 800 mdpl dan dapat dikunjungi baik oleh wisatawan yang hanya ingin menikmati keindahan bunga krisan maupun yang ingin membeli.

Di Pusat Agrowisata Krisan dan Ester, 14 petak rumah kaca berfungsi sebagai pembibitan bunga hias berwarna-warni ini. Jika Anda ingin membeli krisan atau ester, Anda dapat memetiknya sendiri!

Harga yang ditawarkan untuk buket bunga yang Anda petik hanya Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Anda juga bisa beristirahat atau menginap di rumah singgah yang disediakan pengelola.

Lokasi: Tol Sendang-Penampean, RT. 1/RW. 2, Potrosumo, Ngejeger, Geger, Kec. Sendang, Kabupaten Tulungagung.

Jam buka: 08:00–16:00 WIB.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Rojak Cingur Paling Enak di Tulungagung

3. Taman Bunga Matahari

6 Taman Bunga di Tulungagung, Referensi Menarik untuk Berburu Foto!Taman Bunga Matahari (Instagram/tulungagung)

Warga Tulungagung yang ingin menikmati keindahan bunga matahari tak perlu lagi nyasar jauh dari kota. Pasalnya, Tulungagung juga memiliki kebun bunga matahari seluas 3 hektar!

Tempat ini sangat cocok jika Anda berkunjung pada pagi atau sore hari karena pemandangan alam dan persawahan yang hijau membuat suasana semakin indah. Serta lokasinya yang jauh dari keramaian membawa ketenangan bagi pengunjung.

Sebelum sampai di Taman Bunga Matahari, Anda akan melewati hutan pinus yang rindang dengan meja dan kursi bambu di bawahnya. Ada juga wahana mainan anak, panggung hiburan sederhana, warung dan kolam ikan.

Lokasi: Miridudo, Mirigambar, Kec. Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung.
Jam buka: 06:00–18:00.

4. Taman Bonsai dan Taman Bunga Soka

6 Taman Bunga di Tulungagung, Referensi Menarik untuk Berburu Foto!Taman Bunga Soka (Instagram/hangouttulungagung)

Taman bunga di Tulungagung selanjutnya adalah Taman Bonsai Desa Tapan. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berburu atau penyembuhan penyakit.

Tepat di sebelah taman bonsai, ada taman bunga Soka yang selalu ada di suatu area. Taman ini menarik karena berbagai jenis bunga yang ditanam di sana menghasilkan warna yang beragam.

Menariknya, untuk masuk ke tempat ini tidak perlu membayar tiket apapun alias gratis. Tapi selalu ingat untuk tidak merusak tanaman di taman bunga ini!

Lokasi: Tapan, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung.
Jam buka: 08:00-17:00 WIB.

5. Taman yang subur

6 Taman Bunga di Tulungagung, Referensi Menarik untuk Berburu Foto!Plumpung Garden (Instagram/plumpunggarden)

Salah satu wisata terbaru di Tulungagung yang baru dibuka pada September 2022 ini adalah Plumpung Garden.

Seperti namanya, tempat ini memiliki konsep taman atau taman bunga yang berwarna-warni. Selain itu, ada juga spot foto menarik, telaga, wahana kereta kuda, dan miniatur mobil untuk anak-anak.

Taman ini juga memiliki gazebo dan warung sehingga cocok sebagai tempat bersantai keluarga. Anda tidak akan diminta untuk membayar tiket masuk ke lokasi Taman Plumpung karena gratis.

Lokasi: Kedung Dowo, Gesikan, Kec. Pakel, Kabupaten Tulungagung.
Jam buka: 08:00 – 22:00 WIB

6. Taman Punakawan

6 Taman Bunga di Tulungagung, Referensi Menarik untuk Berburu Foto!Taman Punakawan (Instagram/humas.pemdesbanaran)

Terakhir ada Taman Punakawan yang berada di kawasan Kauman, Tulungagung. Tempat ini juga menjadi ikon desa Banaran karena dibangun oleh pemerintah desa Banaran.
Di Taman Punakawan terdapat banyak spot foto yang menarik seperti Patung Semar. Desain arsitektur Jawa juga menghiasi berbagai sudut taman wisata ini untuk menghadirkan kesan tradisional.

Hamparan sawah dan semilir angin sepoi-sepoi akan membuat Anda betah berlama-lama di taman ini. Ada juga beberapa wahana permainan anak seperti komidi putar, kereta api mini, becak mini, wahana balon udara, kolam pemancingan mini dan mewarnai.

Lokasi: Banaran, Kec. Kauman, Kabupaten Tulungagung.
Jam buka: 08:00-21:00 WIB.

Taman Bunga Tulungagung bisa Anda jadikan tempat berburu, berobat atau sekedar bersantai sambil menikmati indahnya warna bunga.

Baca juga: Ada Kunjungan Kampung Susu ke Tulungagung, Study Visit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button