Tempat Wisata

Taman Bunga Matahari Bantul, intip pesona bunga matahari yang eksotik

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 06.00 – 18.00 WIB, Alamat: J L. Lintas Sel., Trukan, Srigading, Kec. Sanden, Kab.Bantul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Ingin menghabiskan liburan di taman bunga tanpa bepergian ke luar negeri? Taman Bunga Matahari Bantul adalah jawabannya. Lapangan indah di Bantul, Yogyakarta ini dikunjungi ratusan wisatawan yang penasaran dengan keindahannya. Selain itu, lokasinya juga strategis karena dekat dengan Jalan Lintas Selatan.

Saking viralnya, pemilik kebun bernama Etik tak menyangka kebun bunga matahari miliknya tiba-tiba viral di media sosial. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang datang untuk mengambil foto selfie yang indah. Penasaran dengan hal-hal menarik yang ada di farm? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Hotel murah di Bantul

Daya tarik Taman Bunga Matahari Bantul

Daya tarik Taman Bunga Matahari BantulFoto oleh Rosyi Adila di Google Maps

✦ Asal usul yang menarik

Siapapun yang datang berkunjung pasti tidak akan menyangka kalau taman wisata populer ini tercipta secara kebetulan. Menurut berbagai sumber, hamparan bunga matahari ini awalnya dibuat untuk melindungi pohon cabai dari kuatnya angin laut. Karenanya, sang pemilik tak menyangka taman miliknya kini menjadi viral.

✦ Luas kavling 1000m2

Hal menarik selanjutnya dari lapangan indah ini adalah lahannya yang memiliki luas hingga 1000 meter persegi. Lahan luas ini dipenuhi bunga matahari segar dan tumbuh subur. Pemandangan ratusan bunga matahari terasa semakin indah karena dikumpulkan sekaligus dalam satu area luas yang sama.

✦ Lokasi strategis

Hal menarik lainnya dari Jogja Sunflower Garden adalah lokasinya yang dinilai cukup strategis. Perlu diketahui bahwa taman cerah ini terletak di Pantai Samas, jadi Anda bisa segera mengunjunginya. Selain itu, lokasinya juga dekat dengan Hutan Mangrove Baros karena waktu tempuh dari taman bunga hanya 8 menit saja.

✦ Pemandangan ladang bunga matahari

Pemandangan ladang bunga matahari menjadi ciri utama tempat wisata populer ini. Hal inilah yang menjadi daya tarik banyak wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Kebanyakan pengunjung pergi ke tengah ladang untuk mengambil foto estetik seolah-olah sedang berada di luar negeri.

Paket Tour Jogja 1 Hari (Heha Sea View, Bukit Becici, Hutan Pinus Pengger)

✦ Nuansa alam yang indah

Selain pemandangan bunga matahari yang indah, pemandangan alam sekitar juga sangat mendukung. Siapapun yang berkunjung akan merasakan sejuk dan segarnya udara. Selain itu banyaknya pepohonan dan persawahan juga memberikan nuansa hijau segar. Tentu saja rasa lelah Anda tidak akan terbayar sampai Anda tiba di lokasi kerja.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman Bunga Matahari BantulFoto oleh Rosyi Adila di Google Maps

Taman Bunga Matahari terletak di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Konektivitas jalan raya cukup mudah karena dekat dengan berbagai destinasi wisata populer lainnya. Salah satu jalur yang memungkinkan adalah Jalan Bantul menuju Kota Bantul. Selanjutnya anda bisa mengambil arah menuju Pantai Samas.

Tak perlu bingung karena tempat wisata ini dekat dengan pantai indah ini dengan jarak sekitar 1,5 km. Jika anda berangkat dari objek wisata Resingan Garden waktu tempuh kurang lebih 3 menit. Jarak taman menuju Pantai Parangtritis kurang lebih 13,2 km. Sedangkan jarak dari pusat kota Yogyakarta hanya 26,9 km.

Paket Tour Jogja 1 Hari (Tumpeng Menoreh, Kebun Teh Nglinggo dan Lainnya)

Biaya masuk dan jam buka

Menikmati keindahan bunga matahari di Bantul tak harus mengeluarkan banyak biaya. Karena biaya masuknya cukup murah yakni Rp 5.000 per orang. Dengan harga tersebut Anda bisa menikmati waktu liburan sepuasnya ditemani pemandangan indah bunga-bunga.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas seru di Kebun Bunga Matahari BantulFoto oleh Leli Dewi Pramudyani di Google Maps

1. Menikmati keindahan bunga

Tak ada salahnya mengunjungi Kebun Bunga Matahari Bantul untuk melepas penat setelah berbagai aktivitas. Anda bisa bersantai, duduk-duduk di kawasan wisata dan menikmati momen damai. Tentu saja rasa bosan akan hilang ketika melihat luasnya bunga matahari, pepohonan, dan persawahan yang hijau.

2. Ambil foto sebanyak-banyaknya di Taman Bunga Matahari Bantul

Kebanyakan pengunjung datang ke objek wisata indah ini untuk mengambil banyak foto estetis. Ini akan memberi mereka materi fotografi yang bisa mereka unggah ke akun media sosial. Selain itu, banyak pemandangan bagus yang bisa dijadikan backdrop foto karena kamu bisa melihat keindahannya dari berbagai sisi.

Anda bisa mengambil foto sebanyak-banyaknya di taman indah dengan bunga-bunga bermekaran ini. Tak sedikit pula seleb dan seleb tanah air yang berfoto seru di taman bunga matahari. Namun, Anda harus berhati-hati saat mengambil foto karena banyak ditemukan serangga di tengah sawah.

Selain itu, usahakan untuk tidak merusak tanaman. Masih ingat kejadian di Taman Bunga Patuk Amaryllis di Gunung Kidul? Taman virus ini menarik banyak pengunjung dan menimbulkan kejadian tidak menyenangkan. Karena banyak diantara mereka yang merusak tanamannya dan tidak bertanggung jawab.

3. Kunjungi di musim panas

Diketahui bahwa bunga matahari sangat sensitif terhadap panas dan cahaya. Oleh karena itu, perkembangannya paling baik terjadi pada pertengahan musim panas. Musim panas atau kemarau di Indonesia saat ini terjadi antara bulan Juni hingga September. Oleh karena itu, yang terbaik adalah berkunjung pada bulan-bulan ketika bunga matahari sedang bermekaran.

4. Menyantap kuliner di sekitar lokasi

Sesampainya di lokasi, Anda akan menemukan berbagai pilihan tempat makan di sekitar wisata. Kebanyakan penduduk setempat menjual kuliner lezat yang akan memuaskan lidah dan selera makan Anda. Dengan cara ini, kebutuhan untuk mengisi perut dapat dengan mudah terpenuhi tanpa harus khawatir membawa makanan.

5. Piknik bersama

Jika Anda masih merasa foto-foto dan bersantai saat liburan terasa monoton, Anda bisa menyiasatinya dengan membawa bekal dari rumah. Bersama rombongan keluarga atau teman, Anda bisa menggelar tikar di tempat yang nyaman dan teduh. Harmoni dan kedekatan semakin terasa saat piknik. Namun hati-hati jangan sampai ada sisa makanan yang berserakan untuk memastikan kebersihan tetap terjaga.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Tanaman kebun bunga matahari bantulFoto oleh Yoshie Kesuma Diniaty Rambe di Google Maps

Agar wisatawan nyaman berkunjung ke Taman Bunga Matahari di Jogja, pemiliknya telah menyediakan sejumlah fasilitas umum yang memadai. Artinya, kebutuhan pengunjung selalu terpenuhi dan tidak perlu lagi khawatir akan keamanan dan kenyamanan selama berlibur.

Sesampainya di tempat wisata, pengunjung dapat memarkir kendaraan bermotornya di tempat parkir yang telah ditentukan. Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir dengan keselamatan kendaraan Anda jika ditinggal beberapa saat untuk mengunjungi ladang. Terdapat penjaga taman yang menjamin keamanan kendaraan pengunjung.

Saat berjalan melewati ladang bunga, sangat penting untuk memakai topi untuk menghindari panasnya sinar matahari. Tempat wisata yang sedang viral ini menawarkan jasa sewa topi dimana Anda bisa memilih topi mana yang sesuai dengan penampilan Anda. Anda juga bisa berfoto dengan topi ini agar terlihat semakin cantik.

Taman Bunga Matahari Bantul juga menyediakan fasilitas umum berupa toilet atau kamar mandi untuk memenuhi kebutuhan buang air besar dan kecil Anda. Kondisi toiletnya juga cukup nyaman dan bersih. Selain itu, warung kuliner mudah ditemukan untuk melepas rasa lapar dan dahaga.

Taman Bunga Matahari merupakan salah satu tempat terindah di Yogyakarta. Sebenarnya banyak aktivitas seru yang bisa Anda lakukan, namun Anda perlu menjaga sikap saat bepergian agar tidak merusak tanaman. Sebab taman bunga ini merupakan taman yang memerlukan perawatan sulit.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button