Tempat Wisata

TAMAN CEMPAKA Wisata ekonomi di tengah rimbunnya pepohonan

Taman Cempaka

  • Biaya masuk: Bebas
  • Jam buka: 06:30 – 17:00
  • Nomor telepon:
  • Alamat lokasi : Jl. Setu Cipayung Jl. Rawa Lindung No. 146, RW.4, Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia, 13870

Taman Cempaka merupakan salah satu taman yang bisa menjadi destinasi wisata gratis bagi masyarakat Jakarta Timur. Taman yang rindang dengan rimbunnya pepohonan memberikan suasana sejuk. Selain itu, perlengkapannya juga lengkap.

Taman ini luasnya mencapai 64 hektar. Taman ini dekat dengan pemukiman penduduk sehingga memudahkan akses bagi warga yang ingin berkunjung. Selain itu, di taman ini juga terdapat danau buatan yang berukuran sangat besar sebagai tempat pemancingan. Taman ini juga merupakan tempat yang populer untuk berolahraga dan bermain bersama keluarga.

Biaya masuk Taman Cempaka

Untuk memasuki Taman Cempaka Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Sebab, taman ini merupakan fasilitas kota yang berada di bawah administrasi Pemprov DKI Jakarta. Satu-satunya biaya yang akan Anda keluarkan hanyalah biaya parkir dan pembelian makanan ringan di sekitar taman.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata di Taman Kota di Jakarta

Jam buka Taman Cempaka

Taman Cempaka buka setiap hari tanpa batasan waktu. Pengunjung bisa datang pada pagi hari mulai pukul 06.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Aktivitas seru di Taman Cempaka

Latihan di Taman CempakaLatihan di Taman CempakaPengunjung bisa berolahraga di pagi hari. Foto: Google Map/Muhamda Tohir

Ada banyak aktivitas menarik di Taman Cempaka. Kegiatan tersebut antara lain memancing, berolahraga, piknik, berfoto atau bermain di area bermain anak. Selain itu, kegiatan sering berlangsung di taman ini pertemuan atau arisan di sini. Hanya bermodalkan tikar dan makanan dari rumah kita bisa tetap bersilaturahmi dengan keluarga dan sahabat.

Jika Anda ingin berolahraga, pihak pengelola taman menyediakan jalur lari yang nyaman. Olahraga yang dapat dilakukan selain lari adalah senam kelompok. Area yang luas memungkinkan peserta latihan dapat ditampung dalam jumlah besar.

Selain itu, peserta juga dapat melakukan olahraga lain seperti Zumba atau peregangan. Pilihlah area di bawah pohon agar tidak terkena sinar matahari langsung. Jangan lupa membawa air minum agar tidak dehidrasi setelah berolahraga.

Baca: Tiket Masuk dan Perjalanan ke ECOPARK ANCOL

Memancing di Danau Taman Cempaka

Memancing di Danau Taman CempakaMemancing di Danau Taman CempakaPengunjung bisa memancing di danau yang berada di tengah taman. Foto: Google Map/Indah Novianti

Fasilitas lain yang tak kalah menariknya adalah danau pemancingan. Jika Anda suka memancing, Anda bisa melakukannya di sini. Memancing sambil duduk di bawah pohon rindang dan berteman sambil minum kopi memang menyenangkan. Jangan lupa untuk membawa bekal agar tidak perlu khawatir alat pancing tertinggal.

Jenis ikan yang ada di danau ini adalah Nila dan Bawal. Pada tahun 2017, 1.000 bibit ikan ditambahkan ke danau. Oleh karena itu, pengunjung tidak perlu berebut hasil tangkapan ikan.

Baca: Tiket, Jam Buka, dan Objek Wisata GBK CITY FOREST

piknik

Berkunjung ke Taman Cempaka tak akan lengkap tanpa piknik. Ada banyak area yang bisa digunakan untuk menggelar tikar. Jangan lupa membawa bekal dari rumah agar suasana piknik semakin seru.

Selain piknik, arisan juga sering diadakan di sini. Karena tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk, maka mudah bagi mereka yang ingin mengadakan pertemuan. Pilihlah lokasi yang teduh dan asri agar acara dapat berjalan lancar.

Baca: Taman Kalijodo Jakarta, Arena Permainan Seru

Difoto

Ada beberapa area fotografi menarik di Taman Cempaka. Salah satunya terletak di tengah pepohonan lebat. Berposelah seolah-olah Anda sedang berada di hutan. Kemudian tepian danau sering menjadi tempat berfoto yang cukup bagus.

Selain itu, pengunjung juga bisa mengekspresikan semangatnya melalui foto-foto di area bermain anak. Tata seolah-olah Anda sedang memainkannya di dunia nyata agar foto terlihat alami.

Berjalan melalui taman dan taman bermain anak-anak

Taman bermain anak di Taman Cempaka, Jakarta TimurTaman bermain anak di Taman Cempaka, Jakarta TimurAnak-anak dapat bermain di area bermain anak. Foto: Google Map/Ella Hannan

Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah berjalan-jalan di taman. Nikmati panorama pepohonan, danau, dan langit cerah bersama teman atau keluarga. Jika bosan berjalan-jalan, Anda bisa menggunakan fasilitas bermain untuk anak-anak. Meski merupakan taman bermain anak-anak, namun orang dewasa juga bisa menggunakan beberapa wahana di sini. Perhatikan berat badan dan bentuk tubuh Anda agar tidak terjadi kerusakan saat bermain.

Fasilitas Taman Cempaka

Dari segi fasilitas, pihak pengelola taman telah menyediakan beberapa fasilitas yang memadai. Fasilitas tersebut antara lain telaga buatan, lintasan lari, tempat bermain anak, toilet, musala, tempat sampah, pendopo, bangku taman, dan tempat parkir.

Manajemen berharap pengunjung dapat menjaga fasilitas yang ada. Ada juga imbauan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Hal ini perlu mendapat perhatian agar fasilitas yang ada di sini dapat terus dijaga demi kenyamanan bersama.

Lokasi Taman Cempaka

Taman Cempaka terletak di Jakarta Timur, tepatnya di kawasan Cipayung. Lokasinya mudah dijangkau oleh semua orang. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda bisa memilih bus Transjakarta jurusan Pinang Ranti. Kemudian turun di halte minibus Garuda Taman. Kemudian lanjutkan dengan angkutan umum T01 di seberang halte bus. Terakhir turun di Kantor Desa Cipayung Baru dan berjalan kaki sejauh satu kilometer untuk sampai ke taman ini.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button