Tempat Wisata

Taman Cikal Tempuran, destinasi wisata populer untuk liburan keluarga di Bantul

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 10.00-16.00 WIB, Alamat: Cikal, Srimulyo, Kec. Piyungan, Cab.Bantul, DI Yogyakarta; map: pemeriksaan situs

Taman Tempuran Cikal merupakan destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi saat liburan tiba. Tempat wisata ini terletak di Jogja, tepatnya di kabupaten Bantul. Perpaduan antara wisata alam dan permainan membuatnya tidak pernah sepi pengunjung. Yang datang tidak hanya dari warga Jogja tetapi juga dari luar kota.

Dari namanya, Anda mungkin mengira tempat wisata di Bantul ini berbentuk seperti lapangan luas yang penuh dengan bunga-bunga cantik. Sayangnya anggapan Anda salah, pemandangan yang Anda dapatkan saat berada di sini sebenarnya adalah aliran sungai yang terbentang jauh. Tentu saja sungai Opak yang dimaksud membelah sebagian kota Gudeg.

Selain sungai yang airnya jernih, keindahan tempat wisata ini juga diperkuat dengan rimbunnya pepohonan yang berjejer rapi di sepanjang aliran sungai. Mengunjungi tempat ini kurang cocok jika Anda sendirian karena banyaknya wahana seru. Kebanyakan dari mereka berasal dari kelompok keluarga dan pasangan yang ingin menghabiskan momen bahagia bersama.

Daya tarik Taman Cikal Tempuran

Objek wisata Taman Cikal TempuranSumber gambar: Google Maps Kriz

Untuk mengetahui apa saja yang ada di Taman Tempuran Cikal, mari kita bahas dulu daya tariknya. Setiap wisatawan yang datang pasti karena daya tarik yang dimilikinya. Ini juga berlaku untuk tempat wisata lainnya. Namun khusus untuk kali ini, inilah beberapa pesona yang dimilikinya!

1. Alam yang indah dan asri

Tempat wisata saat ini tidak jauh dari perkotaan, namun suasananya mirip dengan pedesaan. Alam yang asri dan asri adalah daya tarik pertama yang perlu dibahas. Situs ini penuh dengan semak belukar, sehingga kesan kesejukan sangat terasa. Pepohonan yang berjejer rapi ini memberikan warna hijau dan menyejukkan pemandangan.

Anda tidak harus sampai di kota utama, selama perjalanan Anda juga akan merasakan keindahan alam yang mungkin tidak akan Anda temukan di tempat lain. Sebagian besar pepohonan didominasi oleh pohon bambu dengan ciri khas daunnya yang bergemerincing saat ditiup angin. Beberapa di antaranya merupakan tanaman hias yang sengaja ditanam di sepanjang jalan menuju tempat wisata.

2. Keindahan Sungai Opak

Daya tarik Taman Tempuran Cikal selanjutnya adalah Sungai Opak yang terlihat begitu indah. Sungai ini merupakan salah satu yang terpanjang di Jogja dan membelah beberapa wilayah. Dengan panjang mencapai 65 kilometer, sungai ini membentuk kelokan di beberapa sisi. Tak heran jika sebagian orang salah mengartikannya sebagai Amazonas Jogja.

Saat berada di tempat wisata, terkadang air sungai terlihat begitu jernih dengan warna hijaunya. Warna itu tampak akibat pantulan pepohonan rindang yang tumbuh subur di tepian sungai. Padahal tidak, karena air Sungai Opaque sebenarnya terkadang berwarna hijau.

Beberapa tanaman yang tumbuh subur di tepi sungai memiliki pepohonan yang sangat lebat. Selama disini tidak terasa panas walaupun cuaca sedang panas. Ada juga pepohonan yang berdiri terlalu dekat dengan air, seolah ingin bercermin. Anda bisa melihat pemandangan ini sambil bersantai atau melakukan hal lain.

3. Seluruh perjalanan permainan

Bukan hanya keindahan dan suasana yang menjadi daya tarik Taman Tempuran Cikal, juga terdapat game drive yang sangat lengkap. Bagi anak-anak yang menyukai tantangan, mencoba meluncur di atas flying fox dijamin seru dan mengasyikkan. Salah satu areanya juga memiliki persewaan ATV dan sepeda trail dengan jalur yang cukup menantang.

Selain wahana darat, wahana air juga ditawarkan di sini. Beberapa pengunjung bahkan menjadikannya favorit, terutama bagi pasangan. Seluncuran air yang ditawarkan meliputi kano, perahu, dan speedboat. Pengunjung diundang untuk berjalan di sepanjang Sungai Opak dan menikmati pemandangan di sekitar lokasi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman Cikal TempuranSumber Gambar: Google Maps Cupiid Musliha

Untuk menuju Taman Cikal Tempuran, Anda harus menuju ke Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Dibutuhkan sekitar 40 menit untuk sampai ke lokasi dari pusat Bantul atau Imogiri yang berjarak sekitar 15 kilometer. Bagi Anda yang saat ini berada di pusat kota, arahkan kendaraan menuju RS Nur Hidayah.

Selanjutnya menuju kawasan Wonokromo dan setelah perempatan belok kanan menuju Desa Pleret. Tujuan Anda selanjutnya adalah Jalan Ngablak dan seberangi jembatan di atas Sungai Opak. Perjalanan dilanjutkan dengan melintasi Jalan Sitimulyo Sogoroyoso menyusuri Sungai Opak.

Setelah kurang lebih 1 km anda akan sampai di Jalan Pagargunung, terus berjalan hingga melewati Jalan Kp. Ikuti terus jalan raya hingga tiba di kawasan Cikal. Jika Anda mengikuti petunjuk, Anda akan mencapai objek wisata. Tujuan anda tidak jauh dari lapangan olah raga Cikal, silahkan jadikan sebagai landmark selanjutnya agar tidak bingung.

Biaya masuk ke Cikal Tempuran Park

Tiket masuk Taman Tempur CikalKredit foto: Mode Senyap Google Maps

Taman Tempuran Cikal merupakan tempat wisata yang terbuka untuk umum, semua orang bisa masuk dan menikmati semua fasilitasnya. Namun pastikan Anda menyiapkan budget sebagai tiket masuk terlebih dahulu karena tempat ini tidak gratis. Tarif sebesar 5.000 rupiah dikenakan bagi wisatawan yang memasuki kawasan wisata ini.

Harga ini untuk masuk ke kawasan wisata saja, tidak termasuk biaya parkir. Bagi yang membawa sepeda motor, siapkan biaya tambahan sebesar 2.000 rupiah. Sedangkan bagi yang membawa mobil harus membayar retribusi sebesar 5.000 rupiah. Selain itu, diperlukan biaya tambahan bagi yang ingin mencoba wahana seru di dalamnya.

Misalnya, untuk wahana air berupa kano, Anda perlu menambahkan biaya sebesar 5.000 rupiah. Jika Anda ingin menjelajahi sungai Opak dengan speedboat, Anda hanya membutuhkan 10.000 rupiah. Ada juga wahana darat yang seru, misalnya Flying Fox yang bisa disewa dengan harga 5.000 rupiah sekali naik.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Taman Tempuran

Aktivitas di Taman Cikal TempuranSumber Gambar: Google Maps Theodurus Natanael

Setelah mengetahui informasi tentang objek wisata, tempat, dan juga harga tiket masuk Taman Tempuran Cikal, saatnya mencari tahu aktivitas menarik apa saja yang bisa Anda lakukan di tempat tersebut. Jika melihat ulasan tempat wisata di atas ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan, berikut ini beberapa di antaranya!

1. Menyusuri Sungai Opak

Tak bisa dipungkiri objek wisata menarik ini memiliki nilai lebih dari Sungai Opak. Banyak wisatawan yang menghabiskan waktunya di sungai terpanjang di Jogja ini. Ada tiga pilihan kegiatan ini yaitu menggunakan kano, perahu wisata dan speedboat yang banyak dipilih pengunjung.

2. Piknik Santai di Taman Tempuran Cikal

Suasana alam yang asri seolah berada di tengah hutan membuat Taman Tempuran Cikal menjadi tempat yang cocok untuk piknik santai. Ada banyak lapangan yang cocok untuk kegiatan ini, Anda hanya perlu menyediakan tikar agar lebih santai. Di salah satu tempat terdapat taman bermain dimana Anda bisa melihat anak-anak sambil piknik santai.

3. Cobalah perjalanan keluar

Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan disini adalah menjajal one way trip. Seperti yang disebutkan di bab sebelumnya, Anda dapat mencoba meluncur dari tempat yang sangat tinggi dengan flying fox. Selain itu, ATV juga patut dicoba jika Anda menyukai tantangan. Medannya cukup seru, anak-anak pun bisa mencobanya.

4. Wisata Kuliner Khas Jogja

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi Taman Tempuran Cikal tanpa mencicipi kulinernya. Stand-stand berjejer rapi di sepanjang kawasan wisata. Sebagian besar merupakan makanan khas Jogja, sebagian merupakan makanan modern yang terdapat di beberapa tempat lainnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman Cikal TempuranSumber gambar: Google Maps Cynth_mant

Fasilitas menjadi salah satu pertimbangan bagi wisatawan sebelum mengunjungi suatu objek wisata. Anda tidak perlu khawatir untuk berkunjung ke sini karena fasilitasnya sangat lengkap. Misalnya tempat parkir yang luas, toilet, paviliun dan tempat ibadah berupa mushola. Stand Wisata Kuliner juga merupakan fasilitas penting dalam hal persediaan.

Inilah pembahasan menarik tentang Taman Cikal Tempuran, salah satu tempat wisata di Bantul yang tidak pernah sepi pengunjung. Mengunjungi tempat ini tidak membutuhkan banyak uang, kesenangan dan kebahagiaan dijamin. Namun pastikan Anda datang dengan rombongan agar liburan semakin seru.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button