Tempat Wisata

Taman Cisantana: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Menikmati liburan dengan piknik memang selalu menjadi hal yang menarik. Selain bisa kumpul bareng keluarga, kamu juga bisa datang ke tempat-tempat indah yang bisa menunjang kebersamaan kamu. Taman Cisantana adalah pilihan yang tepat. Wisata alam ini sebenarnya tergolong baru, dibuka pada awal Januari 2017. Tapi bukan berarti kosong. Warga setempat sangat antusias, meski dari luar daerah, mereka menyempatkan diri untuk mengenal keindahannya.

Taman Cisantana selalu dipadati pengunjung. Buktinya, saat tempat wisata itu pertama kali dibuka, sekitar 10.000 pengunjung datang. Pemandangannya indah bahkan taman ini dianggap sebagai tempat yang layak untuk Instagram. Pemandangannya mempesona dan cocok untuk kegiatan foto.

Fasilitas di Taman Cisantana

Selain menikmati pemandangan yang indah, di sana juga tersedia beberapa fasilitas untuk Anda. Misalnya, toilet umum, mushola, tempat parkir yang luas, paviliun, dan kios makanan di kafetaria. Selain itu, Anda akan menemukan banyak spot foto menarik yang akan Anda sukai.

Keindahan Taman Cisantana

Taman Cisantana terkenal dengan bebatuannya karena tempat ini awalnya merupakan tempat penambangan batu. Ada tebing batu yang sebenarnya menjadi landmark tempat wisata Taman Cisantana. Banyak warga yang berkunjung ke Taman Cisantana menyempatkan diri untuk berfoto dengan latar belakang tebing berbatu ini. Hasil fotonya juga terlihat sangat bagus. Bukan di Kuningan, tapi di luar negeri.

Selama kunjungan Anda, Anda harus meluangkan waktu untuk mendaki tebing untuk menikmati keindahan maksimal. Saat ini pihak pengelola taman telah menyediakan jalur pendakian atau jalan kaki menuju tebing. Yang juga menarik adalah di sepanjang tebing berbatu yang menjulang tinggi, aksen kelopak bunga matahari juga dapat ditemukan di tengah taman. Untuk mengetahuinya perlu mengambil foto dari atas, karena dengan begitu bentuknya akan terlihat jelas.

Taman ini dinamakan Taman Cisantana karena sesuai dengan nama desanya. Menurut kabar, dulu hal ini karena inisiatif salah satu tokoh yang peduli dengan kondisi lingkungan, yakni Leo Hutagalung. Terakhir, ia mengusulkan untuk membangun taman wisata bagi para pemuda Kuningan.

Berburu foto di Taman Cisantana

Karena banyak yang menggambarkannya Instagrammable, Taman Cisantana memang memanjakan Anda dengan pemandangannya. Selain fasilitas dan penilaian keindahan yang Anda dapatkan di atas, taman ini sering dikunjungi oleh anak muda yang hobi fotografi.

Taman ini cocok bagi anda yang ingin melakukan pemotretan untuk acara prewedding, sekolah atau keperluan lainnya. Sayangnya Anda harus bersabar, karena banyak juga pengunjung yang ingin berfoto di tempat ini. Jika ingin mengambil foto sebanyak-banyaknya, Anda bisa datang pada pagi atau sore hari. Ini karena cuacanya tidak terlalu panas dan Anda merasa nyaman saat mengambil foto. Ada juga area melihat tanaman kaktus.

Biaya masuk ke Taman Cisantana

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 3.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka di Taman Cisantana

  • Buka setiap hari dari jam 6 pagi sampai 6 sore

Lokasi Akses ke Taman Cisantana

Untuk mencapai taman ini sangat mudah. Bagi Anda yang berada di pusat kota Kuningan Jawa Barat, Anda hanya perlu pergi ke desa Cisantana. Banyak tanda yang diberikan kepada Anda untuk informasi lokasi. Taman Cisantana berada di sisi kiri pusat kota Kuningan. Rutenya sendiri cukup mudah. Jika Anda berada di Kuningan pusat, berkendara saja ke Desa Cisantana. Ada banyak penunjuk jalan untuk membantu Anda menemukan jalan ke lokasi Taman Cisantana. Taman ini berada persis di sisi kiri jalan dari pusat kota Kuningan. Anda dapat berada di sana dalam waktu sekitar 30 menit.

Tips mengunjungi Taman Cisantana

Sebelum Anda tiba di lokasi dan merencanakan kunjungan, Anda bisa menyimak tips berikut ini:

  • Jika Anda mengunjungi taman untuk bersantai dan menikmati pemandangan yang indah, Anda bisa datang dari Senin hingga Jumat. Di akhir pekan, pengunjung semakin ramai dan yang bisa Anda lakukan hanyalah berlari-lari atau bergiliran memotret spot-spot menarik.
  • Bawa perlengkapan kamera profesional jika ingin mengambil foto maksimal dan manfaatkan keindahan lokasi untuk kegiatan prewedding, membuat buku tahunan sekolah, dll.
  • Kunjungi Taman Cisantana pada pagi atau sore hari jika tidak ingin terkena sinar matahari langsung. Meski taman ini berada di kawasan perbukitan, namun suasana pagi hari lebih sejuk dan menenangkan.
  • Bawa bekal dari rumah agar bisa menikmatinya di tempat. Anda dapat menikmati piknik menggunakan gazebo di tempat.
  • Selalu jaga kebersihan taman karena tempat ini relatif baru dan lebih banyak fasilitas sedang dibangun.
  • Abadikan momen berharga Anda di tempat keren ini atau ambil foto dan bagikan melalui media sosial Anda agar lebih banyak orang tahu tentang Taman Cisantana di Kabupaten Cigugur Kuningan Jawa Barat.

Setelah Anda mendapatkan ulasan Taman Cisantana Pastikan untuk menambahkan taman ini ke bagian atas daftar kunjungan wajib Anda sehingga Anda dapat merasakan langsung betapa keren dan indahnya taman ini.

Galeri Foto Taman Cisantana

Taman Cisantana
Fasilitas spot foto kekinian
tempat bermain anak-anak
Potret piramida di Taman Cisantana
peralatan kabin
Tempat foto terbaik

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button