Tempat Wisata

Taman Ghanjaran Trawas, destinasi wisata populer untuk liburan keluarga di Mojokerto

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 08.00-22.00 WIB, Alamat: Sukorame, Ketapanrame, Kec. Trawas, Kab.Mojokerto, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Taman Ghanjaran adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat ini ketika Anda berada di Trawas, Mojokerto. Taman ini berdiri di atas lahan seluas 2,8 hektar milik Tanah Kas Desa Ketapanrame. Dengan konsep modern, taman wisata yang berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut ini juga menawarkan udara sejuk dan segar.

Taman bermain murah ini sangat cocok jika dikunjungi bersama keluarga. Karena ada berbagai wahana yang bisa dicoba. Wahana ini bisa disesuaikan dengan usia pengunjung. Wahana untuk anak-anak juga banyak, membuat mereka betah menghabiskan musim liburan dengan berbagai aktivitas seru dan menyenangkan.

Spot foto berkemampuan Instagram juga tersedia. Spot-spot ini memang disiapkan khusus untuk anak muda yang hobi hunting foto. Sebagai salah satu tujuan wisata malam, taman terbuka hijau dengan banyak pepohonan rindang ini kini menjadi referensi liburan untuk segala usia dan kalangan karena Taman Ghanjaran tidak pernah sepi pengunjung yang datang.

Atraksi Ghanjaran Park

Objek Wisata Taman Ghanjaran Trawas, MojokertoKredit Foto: Google Maps Wariyono Hayuning Bhawana

Taman Ghanjaran menjadi tempat yang banyak dikunjungi bukan hanya karena murah tapi juga karena banyaknya atraksi yang ditawarkan. Sebagai destinasi wisata liburan keluarga, tidak hanya pengunjung dewasa tetapi juga anak-anak dapat menikmati berbagai wahana seru. Berbagai atraksi ini tidak mempermasalahkan bahwa pengunjung hanya datang sekali.

1. Pemandangan yang indah

Salah satu daya tarik Taman Ghanjaran adalah letaknya yang strategis sehingga menawarkan pemandangan yang indah. Destinasi wisata ini terletak di ketinggian dan menawarkan udara sejuk bagi para pengunjungnya. Tak hanya taman hijau yang membuat suasana asri dan sedap dipandang mata, namun juga pemandangan alam yang mengelilinginya.

Pemandangan berupa Gunung Welirang dan Gunung Penanggungan menjadi daya tarik yang paling menonjol. Kedua gunung ini menjadi latar belakang taman, menambah keindahan pemandangan. Dua gunung yang tampak berdiri tegak ini memberikan pesona yang luar biasa sehingga banyak pengunjung yang datang hanya untuk melihat keindahannya.

2. Tempat foto

Anak muda sangat tertarik untuk mengunjungi taman ini, karena terdapat banyak spot foto. Dengan pemandangan taman yang indah, spot foto ini tidak hanya menawarkan tempat duduk dan bersantai, tetapi juga bangku taman dan tempat untuk berpose. Lampu taman yang indah dan terintegrasi juga menjadi salah satu yang menarik perhatian.

Dua gunung yang menjadi background taman ini juga menambah eksotisme sebagai background foto. Dengan taman yang indah, kedua gunung ini berdiri gagah sebagai siluet untuk membuat foto yang diambil pengunjung terlihat lebih bagus. Adanya spot foto menarik ini membuat pengunjung betah untuk berfoto-foto yang diunggah ke media sosial.

3. Wahana

Objek wisata yang dimiliki oleh Taman Ghanjaran Trawas, MojokertoKredit foto: Google Maps Indra Pratama

Pengunjung dapat mencoba berbagai wahana di Taman Ghanjaran. Untuk bisa menikmati masing-masing wahana tersebut, pengunjung juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk setiap permainannya. Lebih seru lagi, wahana ini juga tersedia untuk segala usia. Ada yang spesial untuk anak-anak, ada juga yang tersedia untuk remaja dan dewasa.

Berbagai wahana untuk anak tidak hanya menyenangkan, tetapi juga mendidik dan mendorong kreativitas anak. Permainan seperti mobil mini, skuter, odong-odong dan lainnya pasti akan menarik perhatian anak-anak untuk mencoba. Beberapa wahana untuk anak-anak juga tersedia secara gratis, sehingga anak-anak tidak akan bosan berada di taman ini.

Permainan seru juga tersedia untuk anak muda dan dewasa. Salah satunya adalah ATV. Sudah ada trek khusus untuk trek offroad sehingga ATV menjadi permainan yang cukup menantang. Sebenarnya anak-anak juga bisa menikmati wahana ATV ini, namun harus didampingi oleh orang tuanya.

Selain ATV, masih banyak wahana lainnya. Saking banyaknya, pengunjung tidak akan cukup menikmatinya hanya dengan satu kali kunjungan.

4. Mal

Mall yang ada di kawasan ini sebenarnya berupa kios-kios yang menjual berbagai macam makanan, minuman dan pernak pernik lainnya. Dengan adanya warung-warung tersebut, pengunjung tidak perlu lagi khawatir ketika hendak membeli sembako untuk mengisi perut. Selain itu, menu yang ditawarkan juga sangat beragam dengan harga yang relatif terjangkau.

Pengunjung juga dapat membeli berbagai odds dan end yang dijual di area ini. Aneka pernak-pernik bisa dibeli sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Pengunjung yang senang berbelanja pasti akan senang menghabiskan waktu di area tersebut untuk berbelanja berbagai barang menarik.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Ghanjaran Trawas MojokertoKredit foto: Google Maps Yanita Awalidiyah

Taman Ghanjaran terletak di Jawa Timur, lebih tepatnya Jl. Raya Tretes – Trawas No. 88. Merupakan tempat yang sangat strategis dan mudah diakses. Lokasinya sangat dekat dengan Ubaya Training Center atau UTC. Hanya membutuhkan waktu 2 hingga 3 menit berjalan kaki. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, berkat akses jalan yang baik, Anda dapat membawa sepeda motor atau mobil.

Jika Anda datang dari Mojosari, cara menuju tempat ini sangat mudah. Anda cukup pergi ke Trawas sampai melewati Polsek Trawas dan juga Villa Puncak Trawas. Selanjutnya, perlambat kendaraan Anda dan lihat ke sisi kiri jalan. Anda akan melihat tanda yang bertuliskan Taman Ghanjaran, yang berarti Anda telah sampai di tempat tujuan.

Biaya masuk objek wisata

Tiket Ghanjaran Trawas Park MojokertoKredit foto: Google Maps Muhammad Mukhsinin

Taman Ghanjaran buka 24 jam setiap hari, jadi bermalam bisa menjadi pilihan. Meski buka 24 jam, wahana di kawasan tersebut memiliki jam operasionalnya masing-masing. Jika Anda memang ingin mencoba wahana yang berbeda, sebaiknya Anda datang pada jam operasional masing-masing wahana.

Taman wisata ini juga sangat populer karena Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Anda hanya perlu membayar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil untuk parkir. Meskipun tidak ada tiket masuk, Anda harus membayar tol jika ingin menaiki wahana tersebut. Biaya wahananya pun tidak mahal, hanya berkisar Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per wahana.

Hal-hal menarik yang dapat dilakukan di Taman Ghanjaran

Aktivitas di Taman Ghanjaran Trawas MojokertoKredit foto: Google Maps Sartono Bey

Banyak permainan seru yang ditawarkan kepada pengunjung untuk melakukan berbagai aktivitas saat berada di Ghanjaran Park. Kegiatan tersebut tentunya tidak akan membuat liburan Anda membosankan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dicoba saat mengunjungi area taman terbuka yang hijau ini.

1. Ambil foto

Kegiatan ini banyak dilakukan oleh pengunjung terutama anak muda. Selain itu, sudah banyak tersedia spot foto yang sangat instagramable dan menarik. Tak hanya spot foto buatan, pemandangan alam di sekitarnya juga membuat pemandangan menjadi lebih menarik. Taman-taman di sekitarnya juga terlihat indah, ditambah latar belakang gunung di luarnya.

2. Berkendara

Ada jasa persewaan kuda, jadi jika Anda suka menunggang kuda Anda bisa mencoba aktivitas ini. Tak hanya pengunjung dewasa, kuda ini juga bisa ditunggangi oleh anak-anak. Kuda-kuda yang disewakan juga bermacam-macam ukurannya sehingga bisa disesuaikan dengan pengunjung. Pemilik kuda juga akan menemani Anda, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi, meskipun Anda seorang pemula.

3. Nikmati berbagai wahana

Ada banyak wahana di Ghanjaran Park jadi sayang jika dilewatkan. Wahana ini juga didesain khusus untuk anak-anak. Jika anda berkunjung ke taman wisata yang indah ini, anda wajib mencoba wahana yang ada agar liburan anda semakin seru dan tidak membosankan.

4. Hari bebas mobil

Jika Anda datang pada hari Minggu, Anda juga berkesempatan untuk mengikuti aktivitas siang hari bebas mobil yang pastinya seru. Tak heran jika banyak pengunjung yang mengikuti car free day ini setiap hari Minggu. Pengunjung dapat melakukan aktivitas udara segar tanpa kendaraan bermotor yang menimbulkan polusi udara.

5. Wisata kuliner

Aktivitas Seru di Taman Ghanjaran Trawas, MojokertoKredit foto: Google Maps warno abusalwaazzam

Ada banyak kios yang menjual berbagai makanan. Ada berbagai macam makanan, baik tradisional maupun modern. Anda bisa memulai wisata kuliner dengan mencoba berbagai jajanan. Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda juga bisa mencicipi kelezatan makanan yang dijual.

6. Belanja oleh-oleh

Warung-warung ini tidak hanya menawarkan makanan tetapi juga berbagai pernak pernik dan barang-barang lainnya. Karena itu, selain wisata kuliner, Anda juga bisa berbelanja. Membeli pernak-pernik dan barang-barang yang bisa dibeli di rumah sebagai oleh-oleh adalah salah satu kegiatan yang juga bisa Anda lakukan di tempat wisata ini.

7. Santai

Anda juga bisa bersantai di area ini. Tempat yang nyaman dan rindang sangat cocok untuk istirahat dan relaksasi keluarga sambil menikmati pepohonan di sekitar taman. Apalagi dengan adanya gazebo yang bisa Anda gunakan untuk duduk-duduk dan beristirahat. Anda juga dapat menggunakan paviliun ini untuk bertemu dengan keluarga Anda.

8. Tur Malam

Karena merupakan taman 24 jam, Anda juga dapat mengikuti tur malam di Taman Ghanjaran. Beberapa perjalanan juga berlangsung hingga malam hari, meskipun tidak semua. Tetap saja Anda bisa menikmati suasana malam dengan lampu-lampu yang membuat suasana menjadi romantis.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman Ghanjaran Trawas, MojokertoKredit foto: Google Maps di Rangga Maulana

Taman Ghanjaran memiliki banyak fasilitas yang wajar bagi pengunjung. Salah satunya adalah lahan parkir yang luas untuk kendaraan roda dua dan empat. Selain itu, di lokasi taman juga banyak terdapat pendopo untuk istirahat dan mushola untuk beribadah. Ada juga toilet umum untuk pengunjung.

Ada juga banyak wahana untuk pengunjung dari segala usia. Wisata keluarga ini menawarkan taman bermain yang menawarkan konsep edukasi dan keterampilan. Juga beberapa wahana untuk anak-anak yang bisa dinikmati secara gratis. Wahana gratis termasuk Dreamland dan Playground.

Banyak juga spot foto yang pasti akan memuaskan pengunjung yang mencari spot foto. Ada juga banyak kios yang menjual makanan tradisional dan modern. Ada juga stand lain yang menjual berbagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Taman Trawas Ghanjaran adalah salah satu tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi. Dengan berbagai wahana yang tersedia dan suasana yang nyaman, datang sekali saja tidak akan cukup. Anda juga bisa mengajak anak-anak Anda berlibur di taman wisata ini untuk menikmati berbagai wahana yang menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button