Berita Wisata

Taman Hiburan Acasha Gunung Kendil Tawarkan Destinasi Wisata Alam Baru Bagi Warga Lamongan dan Sekitarnya

Lamongan (republicjatim.com) – Lamongan adalah sebuah kabupaten di Jawa Timur yang masuk dalam Gerbangkertosusila. Saat ini Lamongan memiliki destinasi wisata alam baru di pantai utara (Pantura). Tujuan wisata adalah Acasha. Acasha terletak di Desa Sendang, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan.

Wisata ini memperkenalkan konsep wisata alam edukasi. Karena pengunjung bisa belajar dan merasakan alam secara langsung. Nama Acasha diambil dari nama pohonnya. Sebelum tempat ini dibangun, terdapat banyak pohon akasia, sehingga masih ada beberapa pohon di tempat ini dan belum semuanya ditebang. Filosofi yang menarik dari nama Acasha ini adalah deformasi dari bahasa Jawa Akaso yang dalam bahasa Indonesia berarti orang yang gesit.

Acasha Tourism Gunung Kendi Fun Park memiliki luas kurang lebih 7.000 meter persegi. Tur ini dijadwalkan akan segera membangun berbagai wahana baru. Diantaranya, kolam pemancingan, pendidikan, ruang belajar, outbond anak, taman bermain, spot foto, wahana air, restoran, kios souvenir, toko, kafe, ruang outdoor/indoor dan panggung hiburan.

“Nanti dalam wisata ini juga akan dilengkapi sarana dan prasarana sedikit demi sedikit agar lebih diminati wisatawan lokal maupun mancanegara. Kemungkinan akan dilengkapi secara permanen,” ujar pemilik wisata dari Acasha, Nanang kepada Republikjatim.com, Minggu (15/1/2023).

Pembangunan tempat wisata Acasha saat ini baru 30%. Tur ini dikelola secara pribadi. Adapun wahana yang bisa dinikmati saat ini ada kolam anak, kolam remaja, kolam dewasa, jembatan lupa, mushola, gazebo, taman, toilet, tempat parkir roda dua dan food court.

“Untuk masuk wisata ini tiketnya hanya Rp 5.000 per orang untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk parkir roda dua. Sedangkan untuk kendaraan roda empat Rp 5.000,-. Tiket masuk dan tarif parkir masih sangat mahal. terjangkau bagi wisatawan,” katanya.

Nanang berharap tempat wisata edukasi alam baru ini dibuka sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan. Terutama, bagi wisatawan kelas menengah ke bawah.

“Intinya adalah kita bisa menciptakan lapangan kerja bagi orang-orang di dalam dan sekitar Field,” katanya.

Sementara Petugas Administrasi Pariwisata Acasha, Sinta Anzelina mencontohkan Acasha masih quarter opening pada 17 November 2022 kemarin. Kemungkinan setelah grand opening semua fasilitas sudah lengkap.

“Untuk jam non turis, kolam Acasha buka jam 6 pagi dan tutup jam 4 sore. Lebih dari 300 pengunjung datang pada hari Minggu,” katanya. Tertawa/Wow

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button