Tempat Wisata

Taman I Love Sabang, spot foto menarik dengan pemandangan alam yang menakjubkan

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 08.00-23.00 WIB, Alamat: Cot Ba’u, Kec. Sukajaya, Kota Sabang, Aceh; map: pemeriksaan situs

Kota Sabang tentu Anda kenal karena sudah mengenal lagu “Dari Sabang Sampai Merauke” sejak kecil. Kota ini sendiri berada di sisi paling timur Indonesia dengan banyak tujuan wisata yang memukau termasuk Taman I Love Sabang yang dibangun pada tahun 2015.

Meski merupakan tempat wisata baru, taman cantik ini berhasil menjadi tempat liburan populer bagi warga Pulau Weh. Hal ini karena wisatawan dapat menemukan alam yang indah di Taman I Love Sabang. Banyak tanaman hijau segar yang tumbuh subur di lokasi wisata tersebut.

Spot fotonya juga banyak, salah satunya tulisan I Love Sabang berwarna merah dan biru yang menjadi pusat taman ini. Tak hanya itu, panorama sunset di Taman I Love Sabang juga menakjubkan. Karena itu, tak heran jika banyak wisatawan yang tiba di sana pada sore hari.

Daya tarik Taman I Love Sabang

Daya tarik Taman I Love SabangSumber gambar: Google Maps Supri Yatno

1. Pemandangan matahari terbenam

Taman I Love Sabang memiliki pemandangan matahari terbenam yang sangat eksotis. Keindahan pemandangannya tidak pernah berhenti memukau banyak wisatawan, apalagi jika dilihat dari dataran tinggi. Jika ingin melihat sunset yang indah di taman ini maka datanglah pada sore hari.

Selain panorama sunset sore yang memukau, suhu udara di taman ini mulai sejuk. Sehingga momen ini menjadi waktu terbaik untuk menikmati keindahan taman. Mengajak teman atau pasangan juga bisa melengkapi kebahagiaan saat berkunjung ke sana.

2. Alam yang indah

Karena Taman I Love Sabang terletak di atas ketinggian, wisatawan dapat melihat pemandangan alam yang indah dan mempesona di sekitarnya. Latar alam yang dimaksud adalah Teluk Sabang, Danau Aneuk Laot hingga Pegunungan Iboih yang memukau dari kejauhan.

Semua sajian alam yang indah ini akan membuat wisatawan jatuh hati. Selain itu, kegiatan liburan juga terasa tentram jika ditemani pemandangan alam yang menyegarkan hati dan pikiran yang penat.

3. Bunga hias dan rerumputan

Daya tarik lain dari I Love Sabang ParkSumber gambar: Google Maps Mariza Juwita

Mari beralih ke daya tarik selanjutnya dari taman ini yaitu bunga hias dan rerumputan yang cantik. Keberadaan bunga dan rerumputan hias ini membuat banyak orang penasaran untuk melihatnya secara langsung.

Rumput hias tumbuh di sekitar taman dan membuat tempat wisata ini unik. Selain itu, ditambah dengan keberadaan sejumlah bunga yang tumbuh subur di kawasan tersebut.

4. Kata-kata “Aku cinta Sabang”

Kata-kata “I Love Sabang” sedikit banyak berpengaruh dalam menarik wisatawan dari dalam dan luar negeri ke taman ini. Fontnya pun lebih eye-catching karena diwarnai biru dan merah yang memberikan kesan ceria.

Letak font berada di tengah taman, sehingga mudah untuk dilihat dan ditemukan. Bangunan cantik ini dijadikan sebagai tempat yang sepertinya wajib dikunjungi para wisatawan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Saya suka alamat Taman SabangSumber Gambar: Google Maps Sayf Bsy

Lokasi Taman I Love Sabang berada di Kota Sabang Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam lebih tepatnya di Cot Ba’u. Wisatawan pasti tidak akan kesulitan menemukan taman cantik ini karena letaknya strategis tidak jauh dari Pelabuhan Balohan. Akses jalan yang dilalui belakangan tidak sulit.

Dari sisi kanan jalan, wisatawan bisa melihat lokasi taman tersebut. Lokasinya tidak jauh dari landasan Bandara Maimun Saleh. Untuk berkunjung ke Aceh dari ibu kota, wisatawan harus terlebih dahulu menempuh perjalanan ke pelabuhan Ulee Lheue.

Setelah itu seberangi jalan menuju Pelabugab Balohan Sabang. Menurut informasi, ada 3 jadwal penyeberangan per hari ke Pelabuhan Balohan Sabang yakni pada pukul 07.30, 22.30, dan 14.30 WIB. Harga tiket penyeberangan dengan slow boat sekitar 28.000 rupiah untuk satu orang penumpang.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Taman I Love Sabang tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuknya. Pasalnya, destinasi wisata populer ini sama sekali tidak memungut biaya masuk wisata alias gratis untuk semua wisatawan.

Oleh karena itu, pada saat hari raya besar, tidak heran jika banyak wisatawan yang datang ke taman ini. Meski tidak dipungut biaya masuk, keunikan taman ini tidak boleh dianggap remeh.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Taman I Love Sabang

Saya suka kegiatan di Taman SabangKredit Foto: Google Maps Farid Rohman Sholeh

1. Bersantai di taman

Bagi Anda yang penat dari aktivitas sehari-hari, Anda bisa bersantai di Taman I Love Sabang. Kegiatan santai ini sering dilakukan pada sore hari saat matahari sudah tidak terlalu terik dan suasana sudah lebih tenang.

Bersantailah di bawah pepohonan yang tumbuh subur di area taman ini. Anda dijamin akan merasakan kenyamanan saat bersantai di tempat ini.

2. Ambil foto Ria

Aktivitas menarik wisatawan berikutnya di taman ini adalah fotografi dengan berbagai latar belakang yang bagus. Spot foto di taman ini memang sangat banyak dan menarik. Misalnya berfoto dengan latar belakang Danau Aneuk, tulisan I Love Sabang, Teluk Sabang dan Pegunungan Iboih yang mempesona.

Selain itu, masih ada bunga dan rerumputan cantik yang bisa membuat potret semakin bagus. Oleh karena itu, tentunya wisatawan yang ingin berburu foto di taman ini harus membawa perlengkapan pemotretan yang memadai.

3. Piknik

Anda tidak perlu khawatir tentang kegiatan apa yang harus dilakukan ketika datang ke taman yang menakjubkan ini karena salah satunya bisa berupa piknik. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh wisatawan yang datang bersama banyak keluarga atau teman. Piknik adalah kegiatan yang menyenangkan, tetapi tidak melelahkan.

Tentunya anda juga perlu menyiapkan perbekalan seperti makanan, minuman dan snack yang anda sukai. Hal terpenting yang harus dibawa selanjutnya jika berencana piknik adalah tikar atau bantal. Nah, jika semua perlengkapan sudah dibawa, maka Anda bisa dengan mudah melakukan kegiatan piknik.

Fasilitas yang tersedia di area parkir

Saya suka fasilitas di Taman SabangKredit foto: Google Maps Mimi Nazmi

Saat pertama kali tiba di Taman I Love Sabang, wisatawan akan menemukan fasilitas parkir. Padahal, fasilitas tersebut tidak sebesar tempat parkir mobil lain di destinasi wisata pada umumnya. Meski demikian, luas lahan parkir di taman ini masih cukup untuk menampung kendaraan wisata roda dua hingga empat.

Beralih ke fasilitas selanjutnya yaitu adanya jalan setapak yang bisa digunakan wisatawan untuk berkeliling taman. Fasilitas ini sengaja dibuat untuk memudahkan wisatawan yang lewat, agar tidak menginjak rumput hias yang sengaja ditanam di area taman.

Tangga juga bisa ditemui oleh wisatawan yang ingin naik ke lantai atas untuk lebih mendekat ke area bangunan yang bertuliskan “I Love Sabang”. Tangganya juga tidak banyak, sehingga baik anak-anak maupun orang dewasa dapat dengan mudah melewatinya. Selain itu, warna tangganya bagus sehingga bisa digunakan untuk berfoto.

Itulah penjelasan lengkap tentang Taman I Love Sabang yang patut Anda nikmati keindahan dan keunikannya. Taman ini dibangun oleh Pemerintah Kota Sabang dan Bank BNI. Jika Anda mengunjungi taman ini pada siang hari, sebaiknya memakai topi karena matahari cukup terik.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button