Tempat Wisata

Taman Literasi Blok M, Jakarta

Review Taman Literasi blok M – Membaca menjadi kegiatan yang sangat digemari akhir-akhir ini, terutama sejak merebaknya pandemi. Keterbatasan ragam aktivitas di berbagai kota, memaksa banyak orang untuk membatasi aktivitasnya di luar rumah.

Taman Literasi

Hal ini tentu saja menyebabkan banyak waktu luang untuk kegiatan lain, termasuk membaca. Meski kini pandemi telah dinyatakan berakhir, kegiatan membaca tak pernah kehilangan peminatnya. Hobi yang satu ini pun bisa terpenuhi dengan tersedianya kesempatan membaca di ruang terbuka seperti taman.

BACA JUGA: Hemat dan Hemat, Ini 8 Tempat Wisata Gratis di Bali

Setidaknya ada tiga taman literasi di Jakarta yaitu Taman Literasi Ismail Marzuki, Taman Literasi Cikini dan Taman Literasi Blok M yang merupakan taman literasi terpopuler di Jakarta. Meliputi area seluas 1,5 hektar, taman ini didedikasikan untuk mempromosikan literasi dan membaca.

Taman Literasi Blok M (Urban Asia)Taman Literasi Blok M (Urban Asia)

Tahukah kamu kalau tempat ini menjadi destinasi populer para pecinta buku dan masyarakat umum karena tempat nongkrong asik ini menawarkan berbagai fasilitas menarik dan semuanya dibahas di artikel ini? Yuk simak ulasan lengkapnya!

alamat : J L. Sisingamangaraja, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. kby Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160
Bahan pengikat : Klik disini
jam buka : 09.00 – 16.00 WIB

Harga tiket dan jam buka Taman Literasi Jakarta

Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa Taman Literasi menyelenggarakan berbagai acara sastra dan budaya. Banyak penulis mengatur peluncuran buku, acara bercakap-cakapdan pembacaan puisi, serta workshop dan seminar tentang literasi dan pendidikan di tempat ini.

Dengan menerapkan konsep taman baca di kawasan tersebut ruang terbuka, maka Anda tidak akan dikenakan biaya untuk akses ke perpustakaan, ruang baca dan ruang pertemuan. Jam operasional Taman Literasi Jakarta bervariasi menurut cabang. Taman Literasi Blok M merupakan taman yang buka paling awal dari dua cabang lainnya, yaitu dari pukul 09:00 hingga 17:00 WIB hari dalam seminggu dan 09.00-16.00 WIB kapan akhir pekan.

Fasilitas Populer

Ruang baca modern ini semakin populer karena memiliki berbagai fasilitas yang mendorong literasi dan pembelajaran, antara lain perpustakaan, ruang baca, area mendongeng, area diskusi, dan taman bermain anak. Tujuan dari taman ini adalah untuk menyediakan ruang bagi masyarakat untuk belajar, terlibat dalam kegiatan budaya, dan mendorong minat membaca dan belajar. Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa fasilitas penunjang kegiatan membaca di tempat ini cukup lengkap sebagai berikut:

BACA JUGA: Review One Satrio: Tempat Nongkrong Terpopuler di Jakarta

1. Perpustakaan Umum

Bagi Anda yang sedang mencari koleksi buku atau karya sastra penambah ilmu pengetahuan, perpustakaan di Taman Literasi Jakarta adalah tempatnya. Koleksi buku di perpustakaan ini cukup banyak dan bervariasi, mulai dari buku pelajaran, novel, non fiksi, buku anak dan masih banyak lagi. Stok buku di perpustakaan ini akan terus bertambah dan akan diupdate secara berkala. Agar tidak kehabisan bahan bacaan selama berkunjung ke sini.

Pustakawan juga selalu siap membantu Anda mencari dan meminjam buku, membuat rekomendasi buku, menjawab pertanyaan, dan membantu Anda dalam berbagai cara. Untuk membantu kenyamanan pembaca, perpustakaan ini menyediakan ruangan ber-AC yang sejuk dengan meja dan kursi yang ditata secara ergonomis. Anda dijamin tenggelam dalam kenyamanan dan bacaan yang komprehensif.

Taman Literasi

2. Ruang baca

Jika Anda mencari suasana yang lebih tenang, Anda bisa berkunjung ke ruang baca yang letaknya tidak jauh dari perpustakaan umum. Ruangan yang didesain dengan dominasi warna terang memberikan kesan modern dan tidak membosankan. Meja dan kursi juga ditempatkan pada jarak yang nyaman di ruangan ini, sehingga Anda dapat bekerja atau membaca dengan nyaman.

Karena ruangan ini lebih banyak digunakan untuk membaca atau bekerja, maka ruangan ini dilengkapi dengan pencahayaan yang cukup terang dan optimal. Selama berada di sini, Anda tidak akan kesulitan membaca buku atau bahan belajar karena ruangan ini dilengkapi dengan fasilitas seperti sinyal WiFi yang cepat dan stabil serta jaringan listrik untuk mengisi daya perangkat elektronik seperti laptop atau ponsel.

3. Ruang pertemuan

Taman Literasi Jakarta menjadi rumah bagi pecinta kegiatan sastra, khususnya di kawasan Blok M. Ada banyak sekali pengarang Siapa yang meluncurkan buku mereka di sini? Misalnya Dee Lestari, yang menggunakan ruang konferensi di Taman Literasi untuk peluncuran buku “Aroma Karsa” pada 2020.

Taman Literasi

Ruang pertemuan di lokasi Jakarta ini dilengkapi dengan peralatan yang lengkap dan modern seperti proyektor, layar, sound system, meja dan kursi serta sinyal WiFi yang cepat dan stabil. Ruangan yang biasa digunakan untuk seminar, diskusi dan pelatihan ini memiliki beberapa ruang pertemuan dengan kapasitas yang berbeda-beda.

Untuk menggunakan ruang pertemuan di Taman Literasi Jakarta, Anda dapat mengajukan permohonan melalui website resmi atau menghubungi langsung pihak pengelola. Pengelola tempat ini akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai kapasitas dan ketersediaan ruang pertemuan, serta biaya dan persyaratan yang dibutuhkan untuk menggunakan ruang pertemuan yang Anda gunakan.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Restoran Murah dan Enak di Indonesia Raya

4. Area parkir terbuka hijau

Selain ramah pembaca, Taman Literasi memiliki taman terbuka hijau yang luas dan asri penuh dengan berbagai jenis tanaman hias dan pepohonan. Keberadaan kawasan ini tidak hanya memberikan kesan sejuk dan asri, tetapi juga ketenangan yang sesungguhnya.

Taman ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti bangku taman yang tersebar di berbagai sudut taman. Anda bisa bersantai di bangku taman sambil menikmati keindahan taman dan suasana yang damai. Selain itu, ada juga area jalur joging di sekitar taman dimana anda bisa berolahraga dan menyegarkan tubuh sambil menikmati suasana alam yang sejuk dan menenangkan.

5. Tempat bermain anak

Taman Literasi juga menawarkan area bermain yang cukup luas dan berbagai permainan yang sesuai dengan usia anak-anak. Beragam jenis permainan tersedia di area bermain anak di Taman Literasi Blok M, antara lain seluncuran, ayunan, mainan pasir, dan taman bermain air. Selain itu, terdapat area dengan kursi goyang gantung yang bisa digunakan oleh anak-anak atau keluarga yang ingin bersantai menikmati suasana taman.

Meski demikian, Taman Literasi merupakan tempat yang sangat direkomendasikan bagi para pecinta buku dan masyarakat umum yang ingin menikmati suasana yang menyenangkan dan damai untuk membaca atau kegiatan lainnya.

Taman Literasi

Keberadaan taman dan perpustakaan yang hijau dan terbuka menjadikan Taman Literasi sebagai tempat paling populer untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, teman atau orang lain. waktuku. Baik Anda menikmati alam bebas, berolahraga, atau mencari ketenangan saat membaca, Literacy Park dapat mempermudah Anda. Sangat menarik, bukan?

Source: anekatempatwisata.com

Related Articles

Back to top button