Tempat Wisata

Taman Meksiko: Daya Tarik, Lokasi, Tiket Masuk dan Fasilitas

Taman Meksiko: Daya Tarik, Lokasi, Tiket Masuk dan Fasilitas

Anda tidak perlu terbang jauh-jauh ke Amerika Utara untuk merasakan serunya mengunjungi Meksiko. Sekarang di kota bogor terdapat sebuah theme park yang diberi nama Mexican Park. Tema ini dipilih karena semua tanaman di taman ini merupakan tanaman asli Meksiko dan biasanya mampu menahan cuaca panas.

Desain taman unik ini terlihat seperti gurun terbuka dan terlihat kering. Pilihan lebih dari 100 spesies sukulen seperti kaktus, yucca dan masih banyak lainnya. Ditata dengan indah dan indah sehingga pengunjung juga senang melihatnya.

Lokasinya juga tidak jauh dari stasiun kereta api bogor, sehingga pengunjung dari luar kota bisa dengan mudah berjalan kaki menuju tempat ini dari stasiun kereta. Bogor memiliki jalur pejalan kaki yang terawat dan rindang karena mengelilingi Kebun Raya Bogor yang berada di tengah kota.

Atraksi taman Meksiko

Taman Meksiko terlihat berbeda karena temanya berbeda dari biasanya. Meski demikian, sebenarnya fitur ini menarik minat banyak pengunjung. Selain itu, merupakan bagian dari Kebun Raya Bogor. Seperti yang dibahas di bawah ini:

1. Jenis tanaman yang unik

Di taman indah ini, jenis tanaman yang ditanam memang tidak biasa. Jika biasanya jenis bunganya berbeda, kali ini sukulen. Pada umumnya kaktus disebut dengan namanya. Namun nyatanya, terdapat lebih dari 100 spesies sukulen di taman ini.

Semua tanaman ini ditata secara menarik agar pengunjung dapat menikmatinya. Lengkap dengan informasi yang menjelaskan tipe yang diwakili. Semuanya didatangkan dari negara asalnya Meksiko, yang kemudian dibudidayakan di taman unik ini.

2. Desain taman yang indah

Semua tanaman yang ada di taman unik ini ditata dengan indah dan dikelompokkan sesuai spesiesnya. Hal ini memungkinkan pengunjung sekaligus menerima informasi tentang tanaman yang dilihatnya. Selain itu, dekorasi pelengkap turut menciptakan suasana Meksiko di tempat ini.

Terdapat patung grup musik yang sering disebut mariachi lengkap dengan pakaian khas Meksiko, topi sombrero lebar, dan alat musik. Tentu tak heran jika banyak sekali pengunjung di sekitar yang gemar berfoto.

Suasana gurun pasir yang panas dan kering tempat asalnya membuat suasana taman hiburan ini semakin kental. Berbeda sekali dengan kesan sejuk dan hijau kota Bogor. Penampakan taman ini sengaja meniru habitat aslinya.

Lokasi dan rute menuju lokasi

Mexican Garden terletak di kawasan Kebun Raya Bogor sehingga sangat mudah dijangkau oleh pengunjung. Pengunjung yang datang dengan kereta Commuter Line dari luar kota Bogor dapat memulai perjalanannya di Stasiun Bogor.

Taman ini bisa dicapai dengan berjalan kaki santai dari stasiun kereta api Bogor di pinggir Kebun Raya. Sampai di pertigaan Jl. Otista (menuju Tugu Kujang), Jl. Juanda dan Jl, Suryakencana. Di pertigaan ini merupakan pintu masuk utama Kebun Raya Bogor.

Lokasi tepatnya dari Mexican Garden berada di Jl. Otto Iskandardinata No. 13, Bogor Tengah, Jawa Barat. Saat memasuki pintu masuk utama, pengunjung dapat berbelok ke kanan. Ikuti saja petunjuk di sekitar pintu masuk utama, Anda pasti akan sampai ke lokasi.

Kegiatan yang menarik

Mengunjungi tempat unik ini paling menyenangkan bila bersama teman atau keluarga. Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di taman unik ini:

Lihat dan pelajari lebih lanjut tentang sukulen

Taman unik ini memiliki lebih dari 100 spesies sukulen yang dapat dikagumi pengunjung sambil belajar. Terdapat papan informasi setiap jenis tumbuhan beserta nama, jenis, famili, ciri-ciri dan asal usulnya. Seperti agave, yucca, kaktus dan lain-lain.

Selain itu, banyak juga kaktus yang ukuran tubuhnya melebihi tinggi orang dewasa. Hal ini juga menarik karena menandakan keberhasilan budidaya. Tanaman hias yang satu ini memang unik karena mampu menyimpan air pada batangnya. Sehingga dapat bertahan hidup di tempat kering dan curah hujan rendah.

Sifat batang yang permukaannya seperti lilin dapat mencegah penguapan air pada batang kaktus. Sehingga tanaman ini dapat bertahan lebih lama dibandingkan tanaman lainnya pada curah hujan rendah atau cuaca panas.

foto di Ria

Karena tampilannya yang unik, berfoto menjadi hobi favorit pengunjung. Selain itu, hampir semua lokasi tersebut dijamin bisa dijadikan spot foto Instagramable. Beberapa spot foto yang paling digemari pengunjung adalah:

  • Patung Mariachi: Tiga patung dengan gaya berpakaian khas Meksiko dengan topi sombrero lebar memegang alat musik.
  • Prasasti Taman Meksiko (Penandatangan)
  • Berbagai area tempat duduk di dekat kaktus tersebar di seluruh taman.

Suasana seluruh taman wisata ini seperti gurun pasir. Tergantung habitat asli tanaman sukulen atau kaktus. Namun pengambilan foto justru menciptakan suasana berbeda dan unik yang bisa diabadikan. Maka tak heran jika melihat orang-orang berfoto hampir di seluruh tempat taman wisata ini.

Biaya masuk dan jam buka

Biaya pengunjung untuk Taman Meksiko bervariasi. Tiket masuk pengunjung domestik sebesar Rp 15.000 per orang. Sedangkan wisatawan asing dikenakan tarif Rp 25.000 per orang. Biaya parkir mulai dari Rp 5.000 untuk sepeda dan motor serta Rp 50.000 untuk mobil.

Biaya masuk tidak hanya berlaku di taman unik ini saja, melainkan seluruh Kebun Raya Bogor. Jadi, pengunjung bisa leluasa bergerak dan menikmati keindahan kebun raya hanya dengan membayar satu tiket masuk. Kebun Raya Bogor buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00

Fasilitas tersedia

Kebun Raya Bogor menawarkan fasilitas yang memadai bagi pengunjungnya. Tempat parkir luas dan aman, musala untuk pelayanan, toilet, tempat duduk banyak dan jaraknya merata. Hal ini membuat pengunjung merasa lebih nyaman.

Keunikan Tumbuhan Sukulen di Kebun Raya Bogor

Keberadaan taman meksiko ini memang unik, karena jenis tanaman ini justru bertolak belakang dengan cuaca Kota Bogor yang terkenal dengan curah hujannya yang tinggi. Hal ini sedikit banyak menggugah rasa penasaran dan ingin melihat sendiri masyarakat.

Kaktus dan jenis sukulen lainnya di taman unik ini berasal dari Meksiko. Dimana suhu rata-ratanya bisa mencapai hingga 40 derajat Celcius. Dengan kondisi alam yang kering dan gersang. Dapat dikatakan sangat sedikit tanaman non sukulen yang dapat bertahan hidup.

Lalu bagaimana kebun raya bisa membudidayakan spesies sukulen? Ternyata di taman unik ini sengaja dibuat kering, terbuka dan dipenuhi kerikil. Sinar matahari yang cerah dan sebagian besar terik pada siang hari membuat pertumbuhan tanaman di Bogor ini membuahkan hasil.

Dengan banyaknya varietas yang tumbuh subur, banyak di antaranya berukuran lebih besar daripada varietas dewasa, metode budidaya yang digunakan oleh Kebun Raya terbukti berhasil. Bahkan bisa dikatakan semua jenis tanaman tampak tumbuh subur dan sehat. Jumlahnya juga meningkat seiring dengan meningkatnya kesuburan dan angka kelahiran.

Sayangnya, ada oknum yang tidak bertanggung jawab atas perusakan tersebut. Beberapa tanaman kaktus bertangkai lebar terdapat tulisan orang beserta namanya. Hal ini tidak hanya mengganggu pandangan, tetapi juga tidak cocok dan berbahaya bagi tanaman itu sendiri.

Menutup

Mengunjungi tempat wisata Mexican Garden di kawasan Kebun Raya Bogor akan membuat pengunjung serasa memasuki kawasan lain. Tampilan gurun yang gersang sangat kontras dengan keindahan dan kehijauan Kebun Raya. Namun disitulah letak pesonanya. Kunjungi kami di sana!

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button