Berita Wisata

Taman Menanti Laburan dan Taman Burung Hutan Kota, Pemenang Lomba Destinasi Wisata Disporapar Tabalong

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG – Dari 10 finalis lomba destinasi wisata, Disporapar Tabalong, Taman Menanti Laburan dan Taman Kota Hutan Burung berhasil menjadi juara di berbagai kategori.

Taman Menanti Laburan di Desa Padang Panjang Kecamatan Tanta merupakan yang terbaik untuk kategori destinasi wisata berkembang.

Untuk juara kedua Taman Sapana di desa Pematang kecamatan Banua Lawas dan juara ketiga Riam Bidadari di desa Lumbang kabupaten Muara Uya.

Sementara itu, Taman Burung Hutan Kota di Desa Belimbing Raya, Kecamatan Murung Pudak, meraih penghargaan dalam kategori destinasi wisata percontohan.

Baca Juga: Peringati Hari Ibu ke-94, Bupati Tabalong: Wujud Mengenang Perjuangan Seorang Perempuan

Baca Juga: Balai Adat Dayak Maanyan Warukin Terima Hibah Mobil Operasional dari Pemkab Tabalong

Dengan juara kedua, Wisata Alam atau Geopark di Goa Liang Tapah, Desa Garagata, Kecamatan Jaro dan juara ketiga, Wisata Danau Tanjung Puri Indah, Desa Kasiau, Kecamatan Murung Pudak.

Pengumuman pemenang dan penyerahan penghargaan berlangsung pada Kamis (15/12/2022) di Taman Burung Hutan Kota Tanjung, dengan disaksikan Plt Kadisporapar Tabalong, H Abdurakhman.

Pengelola Dinas Pariwisata Disporapar Tabalong, Lilis Marta Diana mengatakan pada Jumat (16/12/2022) kompetisi ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan, mengembangkan dan memajukan serta memotivasi objek daya tarik wisata (ODTW).

“Juga untuk pemulihan ekonomi pascapandemi dan pemanfaatan SDM objek wisata untuk meningkatkan kunjungan dan promosi kegiatan kreatif di ODTW,” ujarnya.

Baca Juga: Tangkap Pelajar Pengedar Narkoba, Satnarkoba Polres Banjarbaru Hancurkan Barang Bukti

Untuk lomba ini, syaratnya antara lain menjadi destinasi wisata dengan Pokdarwis yang aktif, minimal terdaftar, terdaftar Pokdarwis yang sudah aktif kurang lebih dua tahun dan aktif menyampaikan laporan dan data kunjungan wisatawan setiap bulannya.

Peserta lomba adalah wisata aset daerah, wisata geopark, wisata pendidikan atau keluarga mandiri serta wisata yang viral dan digemari pengunjung.

Diharapkan ke depan, persaingan destinasi wisata diperluas ke dalam kategori, salah satunya dengan memasukkan kategori wisata religi.

Sedangkan di Tabalong juga terdapat beberapa wisata religi yang sudah dikenal banyak orang.

(banjarmasinpost.co.id/donyusman)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button