Berita Wisata

Taman Mumbul Sangeh, Alun-alun Melukat dan Wisata Religi Favorit

Kabupaten Badung dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak tujuan wisata. Salah satunya adalah Taman Mumbul yang merupakan tempat wisata spiritual. Taman Mumbul umumnya digunakan sebagai tempat ritual penyucian diri atau melukat.

Taman yang beroperasi sejak Desember 2016 ini menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi wisatawan. Taman Mumbul Sangeh dikelola oleh kelompok masyarakat Desa Sangeh yaitu Sangeh Traditional Activities (STA). Simak informasi lengkap mengenai Taman Mumbul Sangeh berikut ini.

Keunikan dan daya tarik Taman Mumbul Sangeh

Menurut situs resmi Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tirta Taman Mumbul terletak di Desa Sangeh. Taman Mumbul Sangeh juga populer dengan sebutan Monkey Forest karena letak hutannya yang tidak jauh dari sumber mata air.

Taman Mumbul Sangeh memiliki mata air yang jernih dan sejuk dikelilingi ratusan pohon yang membuat kehijauan terlihat begitu asri. Tak heran banyak traveler yang menyempatkan diri untuk menyegarkan diri di sini.

Taman ini memiliki tempat suci (pura) yang juga digunakan sebagai tempat upacara Melasti bagi masyarakat desa Sangeh. Lalu ada sebuah kolam dengan air jernih dan dihuni oleh ribuan ikan. Oleh karena itu, tempat ini dianggap keramat.

Konon, taman ini dulunya hanyalah tempat yang kering. Kemudian pada suatu hari seekor babi putih menggali lebih dalam ke dalam tanah hingga keluar air dari dalam tanah dan kemudian membentuk sebuah danau.

Mata air ini tidak hanya berguna untuk pengairan masyarakat sekitar, tetapi juga dianggap sebagai air suci. Hingga saat ini masih digunakan sebagai tempat pengambilan air suci untuk perayaan di sekitar pura.

Taman Mumbul Sangeh terkenal sebagai tempat melukat, yaitu ritual penyucian diri berupa pikiran spiritual dan jiwa manusia. Fungsinya untuk menghilangkan pengaruh kotor dalam diri secara spiritual.

Lokasi dan cara menuju Taman Mumbal Sangeh

Taman Mumbul terletak di Kawasan Wisata Banjar Brahmana, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali. Letaknya sekitar satu kilometer dari objek wisata alam Sangeh. Meski dari Kota Denpasar, tempat wisata ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 60 menit.

Dari Denpasar, sekitar 100 meter sebelum objek wisata Sangeh, ada perempatan.

Ambil jalan ke kanan sekitar 200 meter menuju Penglukatan Pancoran Solas dan Pura Taman Mumbul.

Selain Monkey Forest juga dekat dengan Tanah Uwuk, Agrowisata Pelaga, Air Terjun Nungnung dan Jembatan Tukad Bangkung.

Fasilitas Umum di Taman Mumbal Sangeh

Tempat parkir

Pengelolaan tempat wisata ini oleh masyarakat setempat cukup baik. Tersedia juga tempat parkir kendaraan mulai dari sepeda, motor, mobil atau bus pariwisata. Biasanya tempat parkir kendaraan berada di dekat Pura Tirta Taman Mumbul.

warung makan

Apakah wisatawan harus membawa perbekalan sendiri? Jawabannya adalah tidak! Wisatawan bisa jajan makanan yang dijual di Taman Mumbul Sangeh.

Belvedere (Bale Bengong)

Ada juga gazebo untuk tempat bersantai sambil berkumpul makan bersama orang tersayang di tempat wisata ini.

Toilet umum

Jangan takut tidak bisa buang air kecil, karena tempat wisata ini juga menyediakan toilet umum!

Penyewaan Pakaian Melukat

Apakah Anda perlu membeli pakaian Bali? Jawabannya tidak perlu, Detikers! Karena sudah ada tempat persewaan pakaian lengkap dengan selendang dan kain untuk melukis. Di sini Anda dapat mengisi ulang pikiran Anda sebelum kembali bekerja.

Loker kargo

Apakah Anda membawa banyak barang? Jangan khawatir, ada loker untuk menyimpan barang-barang Anda. Tapi tidak perlu membawa barang berharga, detikers, barang yang sangat dibutuhkan untuk mengunjungi tempat wisata.

Panorama yang indah dan udara yang indah

Jangan tanya suasananya, dijamin keren! Pada umumnya taman dan danau ini dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Dijamin Anda akan menghirup banyak oksigen sehingga Anda tidak perlu khawatir betapa indahnya udara yang Anda hirup.

Pakan ikan

Seperti yang sudah disebutkan, danau ini memiliki banyak sekali ikan. Kamu juga punya pilihan untuk memberi makan ikan, lho! Tapi jangan sampai tertangkap atau terlempar ke danau itu, detik!

Itu tadi informasi lengkap tentang Taman Mumbul Sangeh. Menarik, ya? Tertarik untuk weekend atau akhir tahun di Bali? Berhenti di Taman Mumble Sangeh. Selamat berlibur!

Simak video “Rasa Makan Raos Pisaan Euy, Cuisine du Palais Cimahi”
[Gambas:Video 20detik]
(aau/fds)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button