Berita Wisata

Taman Mumbul, tempat favorit Melukat lainnya di Bali

Jakarta

Tradisi melukat di Bali semakin populer. Tempat lain yang kini jadi favorit, yakni Taman Mumbul Sangeh, Badung.

Taman yang beroperasi sejak Desember 2016 ini menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi wisatawan. Taman Mumbul Sangeh dikelola oleh kelompok masyarakat Desa Sangeh yaitu Sangeh Traditional Activities (STA). Simak informasi lengkap mengenai Taman Mumbul Sangeh berikut ini.

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

Menurut situs resmi Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tirta Taman Mumbul terletak di Desa Sangeh. Taman Mumbul Sangeh juga populer dengan sebutan Monkey Forest karena letak hutannya yang tidak jauh dari sumber mata air.

Taman Mumbul Sangeh memiliki mata air yang jernih dan sejuk dikelilingi ratusan pohon yang membuat kehijauan terlihat begitu asri. Tak heran banyak traveler yang menyempatkan diri untuk menyegarkan diri di sini.

Taman ini memiliki tempat suci (pura) yang juga digunakan sebagai tempat upacara Melasti bagi masyarakat desa Sangeh. Lalu ada sebuah kolam dengan air jernih dan dihuni oleh ribuan ikan. Oleh karena itu, tempat ini dianggap keramat.

Bagaimana menuju ke Taman Mumbul Sangeh

Taman Mumbul terletak di Kawasan Wisata Banjar Brahmana, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali. Letaknya sekitar satu kilometer dari objek wisata alam Sangeh. Meski dari Kota Denpasar, tempat wisata ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 60 menit.

Dari Denpasar, sekitar 100 meter sebelum objek wisata Sangeh, ada perempatan.

Ambil jalan ke kanan sekitar 200 meter menuju Penglukatan Pancoran Solas dan Pura Taman Mumbul.

Selain Monkey Forest juga dekat dengan Tanah Uwuk, Agrowisata Pelaga, Air Terjun Nungnung dan Jembatan Tukad Bangkung.

Fasilitas umum di Taman Mumbal Sangeh:

Tempat parkir

Pengelolaan tempat wisata ini oleh masyarakat setempat cukup baik. Tersedia juga tempat parkir kendaraan mulai dari sepeda, motor, mobil atau bus wisata. Biasanya tempat parkir kendaraan berada di dekat Pura Tirta Taman Mumbul.

warung makan

Apakah wisatawan harus membawa perbekalan sendiri? Jawabannya adalah tidak! Wisatawan bisa jajan makanan yang dijual di Taman Mumbul Sangeh.

Gazebo (bola bisu)

Ada juga gazebo untuk tempat bersantai sambil berkumpul makan bersama orang tersayang di tempat wisata ini.

Toilet

Jangan takut tidak bisa buang air kecil, karena tempat wisata ini juga menyediakan toilet umum!

Sewa potong baju

Sudah ada tempat persewaan pakaian lengkap dengan selendang dan kain untuk melukis di sini. Jadi Anda bisa mengisi ulang pikiran Anda sebelum kembali bekerja.

Loker bagasi

Apakah Anda membawa banyak barang? Jangan khawatir, ada loker untuk menyimpan barang-barang Anda. Tapi tidak perlu membawa barang berharga, detikers, barang yang sangat dibutuhkan untuk mengunjungi tempat wisata.

Artikel ini pernah tayang di detikBali

Saksikan video “Geger pasangan berbusana adat Bali di dalam mobil setelah Melukat”
[Gambas:Video 20detik]
(misalnya/misalnya)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button