Tempat Wisata

Taman Nasional Baluran: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Ada banyak hewan khas negara Indonesia yang kita miliki. Namun, tidak semua hewan ini muncul langsung di alam. Karena jumlah hewan-hewan ini menurun drastis, itu karena efek perburuan liar. Oleh karena itu, pemerintah telah mengeluarkan peraturan yang tegas untuk melindungi satwa langka ini.

Taman Nasional Baluran

Siapa pun yang terus memburu hewan langka ini akan dituntut. Pertanyaan yang kemudian muncul: Mengapa satwa ini harus dilindungi? Sedangkan manfaat hewan ini cukup besar bagi manusia terutama untuk pengobatan? Konservasi hewan langka ini penting agar anak cucu kita bisa melihat langsung hewan langka tersebut. Oleh karena itu, pemerintah melakukan upaya untuk membiakkan dan melindunginya dengan membuat taman nasional.

Ada banyak taman nasional yang didirikan oleh pemerintah di Indonesia. Salah satunya adalah Taman Nasional Baluran. Taman nasional ini terletak di Jawa Timur tepatnya di daerah Situbondo, Banyuwangi dan Wongsorejo. dan Banyuwangi. Di taman nasional ini setidaknya terdapat sabana, hutan bakau, hutan pantai, hutan musim, hutan rawa, dan hutan pegunungan rendah. Mengapa tempat ini disebut Taman Nasional Baluran? Karena nama Baluran diambil dari gunung yang ada di taman nasional ini yaitu Gunung Baluran.

Daya Tarik Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran memiliki banyak daya tarik yang membuat setiap orang ingin mengunjungi tempat ini. Daya tarik utama dari taman nasional ini adalah taman nasional ini konon menyerupai sabana yang ada di Afrika. Jadi Anda bisa melihat banyak hewan liar di kawasan ini, Anda langsung merasa seperti di Afrika. Selain itu, banyak juga spesies hewan yang ada di taman nasional ini, antara lain rusa, antelop, macan tutul, kucing bakau, kancil, bison, kerbau, ajag dan lain-lain.

Selain mengamati berbagai spesies hewan, Anda juga bisa menikmati pantai-pantai di kawasan Taman Nasional Baluran. Ada hamparan pasir putih di sini yang enak dipandang. Selain itu, keindahan lautnya yang masih asri membuat setiap orang betah berlama-lama di Baluran. Buat kamu yang suka snorkeling, kok ada beberapa spot snorkeling di taman nasional ini, lebih spesifiknya di Pantai Bama? Selain spot snorkeling, ada juga spot mancing di kawasan Baluran. Ada spot mancing di Pantai Kajang yang populer di kalangan pemancing. Untuk menuju ke Pantai Kajang, Anda perlu meminta izin kepada Bama Resort.

Africa Van Java adalah nama Taman Nasional Baluran yang terletak di Pulau Jawa lebih tepatnya di Jawa Timur. Taman nasional ini sangat mirip dengan sabana di Afrika. Anda bisa datang sendiri, bersama rekan kerja, bersama keluarga atau bersama teman-teman Anda. Tidak ada batasan pengunjung, jadi Anda bisa membawa sepeda motor atau bahkan truk. Setelah memasuki kawasan taman nasional, Anda akan disuguhkan berbagai pemandangan, seperti terowongan pohon.

Banyak orang merasa nyaman di taman nasional ini. Hal ini dikarenakan taman nasional ini menyediakan resort atau penginapan bagi anda yang ingin tinggal lebih lama di taman nasional ini. Oh ya, harga tersebut tergantung dari durasi kunjungan harian Anda ke taman nasional tersebut. Jadi kalaupun hanya ingin membawa budget pas dan menginap, memang bisa tidur di mobil sendiri kalau bisa dan mobilnya memang didesain untuk dipakai menginap.

Fasilitas Taman Nasional Baluran

  • Akomodasi

  • pemandu wisata

  • tempat menyelam

  • tempat memancing

  • tempat selancar

  • Spot foto yang menarik

  • Toilet

  • Musholla

  • warung makan

  • penjaga pantai

Biaya masuk ke Taman Nasional Baluran

  • Tiket masuk tiket domestik: Rp 15.000
  • Biaya masuk untuk orang asing: Rp 150.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Taman Nasional Baluran

  • Buka setiap hari dari jam 7.30 pagi hingga 4 sore

Lokasi dan jalur menuju Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran terletak di ujung pulau Jawa. Taman nasional ini berbatasan langsung dengan laut, sehingga kemungkinan besar terdapat lebih banyak spesies flora dan fauna di sini. Baluran sendiri terletak di Kawasan Krajan, Kawasan Bajulmati, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Untuk menuju tempat wisata ini cukup mudah. Jika Anda datang dari Surabaya, gunakan jalan arteri yang langsung menuju ke Banyuwangi. Jika Anda datang dari arah timur, misalnya dari Bali, Anda bisa menggunakan perahu yang kemudian berhenti di pelabuhan Ketapang dan dari sana dilanjutkan dengan angkutan darat menuju Taman Nasional Baluran.

Peta Taman Nasional Baluran

Tips mengunjungi Taman Nasional Baluran

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Taman Nasional Baluran semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional Baluran adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Taman Nasional Baluran bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Taman Nasional Baluran.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Taman Nasional Baluran.

Galeri Foto Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran Sumber : Coil.com

Taman Nasional Baluran Sumber : charm.travelSelamat datang di Taman Nasional BaluranKeindahan taman nasionalPotret monyet di Taman Nasional BaluranPotret gunung di pagi hariTempat foto terbaikPagi yang berkabut

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button