Tempat Wisata

Taman Nasional Karimun Jawa: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Keindahan Taman Nasional Karimunjawa sudah tidak diragukan lagi. Destinasi wisata pulau di Jepara Jawa Tengah ini populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Sebenarnya wajar saja, karena Karimunjawa menawarkan pemandangan indah yang biasanya membuat semua orang jatuh cinta. Setelah Anda berada di sana, Anda pasti ingin kembali.

Daya Tarik Taman Nasional Karimunjawa

Di bawah ini adalah tempat-tempat wisata Karimunjawa dan kegiatan yang dapat dilakukan wisatawan selama berkunjung:

1. Berburu foto

Hal pertama dan terpenting yang perlu dilakukan wisatawan adalah hunting foto. Anda akan disuguhi panorama alam ala nusantara sejak memasuki tempat ini yang sangat mempesona. Hamparan lautan, pantai-pantai indah yang ditumbuhi pohon kelapa berbaris di tepi pantai dan salam dari hewan darat yang memanjakan mata.

2. Berenang

Tidak berlaku jika Anda datang ke sini tanpa merasakan sejuknya air laut Karimunjawa. Ada banyak tempat di sini yang bisa dijadikan tempat bermain air. Salah satunya adalah pantai di pulau Menjangan Besar dan Cemara Kecil. Dimana pulau tersebut memiliki pantai pasir putih yang menggoda.

3. Snorkling

Taman Nasional Karimunjawa sangat terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang menakjubkan. Ini juga yang menjadi daya tarik tempat wisata ini. Saat berkunjung, jangan lupa memanjakan mata dengan aktivitas bawah air seperti snorkeling. Anda tidak akan menyesal, dijamin.

4. Menyelam

Karimunjawa memang terkenal sebagai favorit para penyelam profesional. Baik penyelam lokal maupun mancanegara. Ada beberapa titik penyelaman di tempat wisata ini di mana Anda bisa menikmati kekayaan flora dan fauna bawah laut. Selain itu, Anda bisa menyelam di Pulau Kemujan untuk melihat bangkai kapal Panama.

5. Melompati Pulau

Saat berkunjung ke Karimunjawa, Anda bisa melakukan island hopping tour mengelilingi pulau-pulau di sini dengan menggunakan perahu. Dijamin seru dan seru, kegiatan ini sayang untuk dilewatkan. Apalagi saat berlibur bersama pasangan, pasti akan memberikan kesan romantis yang tak terlupakan.

6. Berenang bersama hiu

Berenang bersama hiu adalah salah satu aktivitas paling populer yang bisa dicoba wisatawan di Karimunjawa. Pengunjung tidak perlu takut karena akan didampingi oleh guide profesional. Dijamin aman, meski membuat jantung Anda berdetak lebih kencang.

7. Kapal beralas kaca

Mengunjungi Taman Nasional Karimunjawa tanpa menikmati keindahan bawah lautnya tidak akan terasa sempurna. Tetapi bagaimana jika Anda tidak bisa berenang? Saat ini pihak pengelola Karimunjawa menawarkan solusi berupa glass-bottom boat bagi wisatawan yang ingin merasakan pesona alam bawah laut tanpa harus menyelam ke dalam air.

8. Bermain jet ski

Bagi Anda yang menyukai petualangan di laut lepas, Anda bisa bermain jet ski. Ini pasti akan menjadi kegiatan yang menyenangkan dan memompa adrenalin. Apalagi jika Anda melakukannya sendiri dengan pasangan.

9. Berkemah

Apakah Anda menyukai kegiatan di luar ruangan? Anda bisa berkemah di pantai-pantai Karimunjawa. Akan sangat menyenangkan menghabiskan malam di pantai mendengarkan suara ombak. Saat aku melihat bintang-bintang di langit.

10. Memancing

Untuk pemancing mania yang berkunjung ke karimunjawa. Di sini Anda bisa menekuni hobi Anda. Ada banyak tempat memancing yang bisa digunakan secara opsional. Tentunya ini akan menjadi kenangan yang tak terlupakan. Untuk memancing di sini Anda perlu membayar tiket mulai dari Rp. 25.000. Namun, kegiatan ini sangat berharga.

Fasilitas untuk wisatawan di karimunjawa

  • Resor / Penginapan
  • Toilet
  • ATM
  • tempat beribadah
  • Pusat Kesehatan Masyarakat
  • Stan pinggir jalan
  • toko cendera mata
  • Tempat persewaan peralatan seperti snorkeling dan diving

Biaya masuk dan jam buka Karimunjawa

Jam buka objek wisata ini adalah 24 jam terus menerus. Sedangkan harga tiket masuk ke kawasan tersebut adalah Rp 5.000 (hari kerja) dan Rp 7.500 (hari libur/high season). Wisatawan mancanegara harus merogoh kocek Rp. Rp 150.000 (hari kerja) dan Rp 225.000 (hari libur). Tiket tersebut berbeda dengan pengeluaran untuk membeli tiket kapal dan aktivitas lainnya.

Lokasi dan rute menuju Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa masih menjadi bagian dari Kepulauan Sunda Besar. Secara administratif, pulau ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Jepara di Provinsi Jawa Tengah. Menuju Karimunjawa sebenarnya tidak terlalu sulit karena transportasi umum sudah sangat memadai di sini. Untuk wisatawan lokal bisa digunakan mode transportasi air.

Dari Kota Semarang, Anda bisa langsung menuju Pelabuhan Tanjung Mas. Dan kemudian membeli tiket KMC Kartini. Waktu tempuh yang dibutuhkan kurang lebih 4 jam. Jika Anda datang dari arah Yogyakarta dan Magelang, Anda bisa naik perahu langsung dari Pelabuhan Kartini di Jepara. Perjalanan dengan kapal KM Muria memakan waktu sekitar 5 jam.

Selain itu, wisatawan yang memiliki alergi seperti mabuk laut atau ingin tiba lebih cepat juga bisa memilih alternatif lain. Dan tentang jalur penerbangan. Anda akan diterbangkan ke Bandara Dewa Daru di Pulau Kemujan melalui Bandara Ahmad Yani Semarang. Waktu tempuh dengan pesawat hanya sekitar 30 menit.

Eksotisme Taman Nasional Karimunjawa bagaikan magnet yang menarik wisatawan. Keindahan alam darat dan laut yang bisa ditawarkan dibius setiap orang yang mengunjungi kami. hamparan pantai berpasir putih memikat dan lautan luas dengan tingkatan yang luas. Tak heran jika tempat ini selalu ramai pengunjung, bahkan di luar high season.

Peta lokasi karimunjawa

Tips Berkunjung ke Karimunjawa

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Karimunjawa lebih menyenangkan dan berkualitas. Berikut adalah beberapa tips dari kami untuk digunakan sebagai referensi liburan:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Karimunjawa adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Karimunjawa bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Karimunjawa.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap bugar saat berlibur di Karimunjawa.

Galeri foto Taman Nasional Karimun Jawa

Taman Nasional KarimunjawaTaman Nasional Karimunjawa Sumber : instagram.com/jateng.terkini/Taman Nasional KarimunjawaTaman Nasional Karimunjawa Sumber: instagram.com/ambar_adi_winarso/Tempat foto di atas batupemandangan lautPohon mangrove di tepi pantaiPotret dari atasTempat foto terbaik

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button