Tempat Wisata

Taman Nasional Komodo: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Taman Nasional Komodo menawarkan banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi selama liburan Anda di Nusa Tenggara Timur. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata tersebut, namun wisatawan mancanegara juga ikut meramaikan suasana di Pulau Komodo. Kawasan ini memiliki beberapa pulau diantaranya Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar.

Taman Nasional Komodo Nusa Tenggara Timur

Mengingat keanekaragaman hayati di pulau ini, tidak heran jika kawasan ini menjadi tujuan wisata yang populer. Bagi anda yang ingin menghabiskan liburan di Nusa Tenggara Timur, tempat ini sangat direkomendasikan. Selama berlibur di kawasan ini, Anda akan bertemu dengan salah satu hewan purba langka yang hanya terdapat di Taman Nasional Pulau Komodo.

Daya Tarik Taman Nasional Komodo:

1. Amati komodo dari dekat

Salah satu tujuan pengunjung berkunjung ke kawasan wisata ini tidak lain adalah untuk merasakan langsung satwa langka yang dilindungi di Taman Nasional Komodo. Komodo ini telah menghuni pulau wisata ini selama 40 juta tahun.

Di kawasan taman nasional ini, pengunjung dapat melihat raksasa setinggi sekitar 2-3 m dan berat sekitar 165 kg. Saat mengamati satwa ini dari dekat, Anda diharapkan didampingi oleh pawang atau tim ranger untuk memastikan keselamatan Anda. Tim ranger bertugas melakukan tur berpemandu bagi pengunjung yang ingin mengamati komodo dari dekat dan aman.

Untuk mencapai kawasan satwa langka ini, pengunjung harus terlebih dahulu mendaki Gunung Ara dan menempuh waktu 3 hingga 4 jam. Namun Anda tidak perlu khawatir karena saat ini via ferrata yang tersedia cukup banyak untuk memudahkan pengunjung menuju ke sana.

Selain itu, ada tempat lain yang cukup mudah dijangkau pengunjung yang ingin melihat biawak raksasa, yaitu Loh Buaya. Tempatnya berada di wilayah pulau Rinca. Loh Buaya merupakan salah satu pusat persebaran komodo purba. Pengunjung yang ingin mencapai kawasan ini bisa naik perahu dari Labuan Bajo. Biasanya, waktu berkendara ke lokasi adalah dua jam.

Di Loh Buaya, pengunjung juga didampingi oleh pramugari dan pemandu wisata. Pengunjung dapat menghabiskan waktu bersantai di pantai, mendaki bukit, atau menikmati pemandangan laut yang indah.

2. Berbaur dengan masyarakat setempat

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan di kawasan wisata ini adalah menyaksikan penduduk Pulau Komodo menjalani rutinitas sehari-hari. Desa Komodo yang berpenduduk hingga 1.700 jiwa menawarkan aktivitas unik seperti produksi patung komodo yang indah.

Selain itu, ada kepercayaan lokal bahwa mereka dapat berkomunikasi dengan kadal raksasa.

3. Melakukan kegiatan snorkeling

Aktivitas menarik lainnya adalah snorkeling di Pulau Kelor. Pengunjung berkesempatan menikmati indahnya pemandangan bawah laut yang tersusun dari 260 spesies karang dan ribuan spesies ikan.

4. Melihat kelelawar di Pulau Kalong

Objek wisata di Taman Nasional Pulau Komodo ini juga semakin menarik karena kelelawar terlihat terbang berkelompok. Pengunjung dapat menyewa perahu khusus untuk pergi ke Pulau Kalong dan melihat langsung pemandangan indah ini.

Saat matahari terbenam, Anda akan menyaksikan ribuan kelelawar meninggalkan sarangnya dan menghiasi langit di Pulau Kalong. Anda dapat mengambil foto yang bagus untuk mengabadikan momen langka ini dari atas kapal.

Keesokan harinya, saat matahari terbit, Anda bisa menyaksikan ribuan kelelawar terbang kembali dan kembali ke Pulau Kalong setelah semalaman mencari makan.

5. Menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam

Di Taman Nasional Pulau Komodo terdapat Pulau Kanawa yang menawarkan beberapa resort yang bisa Anda kunjungi. Anda bisa menyewa resort tersebut dengan harga sekitar 200.000 per orang untuk beristirahat sambil menikmati keindahan panorama Pulau Kanawa.

Selain snorkeling, Anda juga bisa mendaki bukit di Pulau Kanawa dan menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam yang indah. Kawasan ini juga sering dijadikan sebagai salah satu spot foto paling populer bagi para wisatawan.

Fasilitas Taman Nasional Komodo:

  1. Toilet
  2. area parkir
  3. persewaan perahu
  4. Supervisor/Pemandu Wisata
  5. Resor

Biaya masuk ke Taman Nasional Komodo

  • Biaya masuk pada hari kerja: Rp 150.000/orang
  • Tiket Masuk Hari Libur Nasional/Weekend: Rp 225.000/orang
  • Tiket Masuk Wisata Nusantara: Rp 5.000/orang
  • Tiket masuk wisatawan akhir pekan Nusantara: Rp 7.500/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Taman Nasional Komodo:

Lokasi dan Rute Taman Nasional Komodo:

Lokasi kawasan wisata Taman Nasional Pulau Komodo berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Rute menuju objek wisata adalah dari Kota Surabaya menyusuri Jalan Raya Surabaya menuju Gempol. Setelah itu perjalanan ke Bangil-Pasuruan. Kemudian berkendara ke Situbondo via Probolinggo. Dari sana, menuju ke arah Banyuwangi dan kemudian menuju Pelabuhan Ketapang. Di pelabuhan, Anda bisa naik kapal feri menuju Pelabuhan Gilimanuk, Negara dan terakhir tiba di Denpasar.

Nusa Tenggara Timur merupakan daerah yang memiliki banyak tujuan wisata. Contoh tempat wisata di NTT yang menarik yang wajib anda kunjungi adalah Taman Nasional Pulau Komodo. Banyak pengalaman wisata tak terlupakan yang bisa Anda temukan di Pulau Komodo ini.

Mulai dari kegiatan seperti mengamati hewan purba dari dekat, mengamati biawak raksasa, menikmati panorama di laut, melihat manusia membuat patung, hingga mengamati banyak kelelawar terbang. Semua aktivitas menarik tersebut bisa dilakukan saat Anda berkunjung ke Taman Nasional Pulau Komodo.

Peta lokasi Taman Nasional Komodo

Tips mengunjungi Taman Nasional Komodo

Menambah keseruan dan kualitas liburan Anda dan keluarga di Taman Nasional Komodo. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional Komodo adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Taman Nasional Komodo bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Taman Nasional Komodo.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Taman Nasional Komodo.

Galeri foto Taman Nasional Komodo

Tempat wisata di Taman Nasional KomodoTaman Nasional Komodo NTT Sumber : google.com

Taman Nasional Komodo NTTTaman Nasional Komodo NTT Sumber : google.com

Taman Nasional Komodo Nusa Tenggara TimurTaman Nasional Komodo NTT Sumber : google.comSelamat datang di Taman Nasional Komodokeindahan pantaiPotret komodofasilitas istirahatTuris asing di Taman Nasional Komodo

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button