Tempat Wisata

Taman Nasional Meru Betiri Jawa Timur, Serunya Liburan!

Taman Nasional Meru Betiri Jawa Timur, Serunya Liburan!

Taman Nasional Meru Betiri Berwisata ke Jawa Timur tentu kurang lengkap rasanya jika kita belum mengunjunginya Taman Nasional Meru Betiri. Taman Nasional Meru Betiri merupakan tempat wisata petualangan yang sangat indah dengan kawasan hutan dan pantai yang sangat mempesona.

Ada banyak pantai yang masih asli bahkan hutan lebat dan indah di sini. Dijamin hanya di sini Anda akan merasakan keajaiban keindahan yang tiada duanya. Taman Nasional Meru Betiri juga menjadi tempat yang sangat cocok untuk menghiasi aktivitas liburan anda, apalagi jika anda sedang berlibur panjang.

Taman Nasional Meru Betiri melalui InetTaman Nasional Meru Betiri melalui Inet

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Meru Betiri Jawa Timur, berikut informasi lokasi dan tempat wisata yang berhasil anda kunjungi. Tempat wisata yang menarik rangkum untuk Anda:

Sejarah Singkat Taman Nasional Meru Betiri

Bung Karno pernah berkata, “Jas merah ya jas merah.” Jangan lupakan ceritanya!

Nah sebelum kita mendalami taman nasional ini lebih dalam, alangkah baiknya jika kita mengetahui gambaran singkat mengenai sejarah Taman Nasional Meru Betiri.

Sedangkan untuk namanya sendiri, Meru Betiri sendiri diambil dari nama gunung yang dikandungnya yaitu Gunung Meru dan Gunung Betiri. Karena itulah taman nasional ini dinamakan Taman Nasional Meru Betiri. Letak Taman Nasional Meru Betiri yang berada di dua kabupaten membuat sebagian pengunjung menyebutnya Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi atau Taman Nasional Meru Betiri Jember. Keduanya sama.

Taman nasional ini sebenarnya sudah ada sejak lama, bahkan sudah ada sejak tahun 1929, pada masa penjajahan Belanda. Meski sudah berusia berabad-abad, taman nasional ini masih tetap terjaga kelestariannya, kealamiannya masih terjaga bahkan kelestarian ekosistem yang ada di dalamnya masih terjaga dengan baik.

Pada tahun 1979, kawasan ini secara resmi ditetapkan sebagai hutan lindung. Dan Anda dapat mengunjungi keluarga tercinta.

Lokasi Taman Nasional Meru Betiri

Lokasi Taman Nasional Meru Betiri terletak di Dusun Andongrejo, Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Untuk rute yang jelas dan jika tidak ingin mengambil risiko tersesat dalam perjalanan menuju Taman Nasional Meru Betiri, Anda cukup menggunakan Google Maps.

Tentunya dengan menggunakan Google Maps, Anda bisa membiarkan Google memandu Anda menemukan tempat wisata indah di Jawa Timur ini.

Transportasi menuju Taman Nasional Meru Betiri

Bagi wisatawan yang datang dari kota Jember sangat mudah mencari transportasi menuju Taman Nasional Meru Betiri. Ada juga petunjuk arah. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jika Anda menuju Taman Nasional Meru Betiri dengan kendaraan pribadi, Anda bisa menanyakan arah menuju objek wisata Taman Nasional Meru Betiri melalui Google Maps. Namun, jika Anda lebih memilih pergi ke Taman Nasional Meru-Betiri dengan bus atau mungkin jalan-jalan, Anda bisa mengikuti saran kami.

Jika menggunakan bus atau travel bisa berhenti di terminal bus kota atau lebih baik lagi di Desa Andongrejo. Katakan saja pada supir atau supir bus bahwa Anda akan singgah di Desa Andongrejo. Setelahnya, Anda bisa bertanya kepada orang-orang di sekitar Anda atau pengelola bus, apa saja yang harus Anda bawa agar bisa langsung dan aman menuju Taman Nasional Meru Betiri di Jawa Timur.

Pemandangan Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri memang menjadi tempat wisata yang tiada duanya. Suasana alam penuh kedamaian dan keindahan tiada tara menanti Anda di sini. Perlu Anda ketahui juga bahwa penduduk di Taman Nasional Meru Betiri sangat ramah. Jadi jika Anda butuh bantuan, Anda bisa bertanya padanya.

Selain itu jika ingin camping sebaiknya membawa perlengkapan dari rumah karena jika menyewa perlengkapan di kawasan wisata pasti harganya akan jauh lebih mahal. Di Taman Nasional Meru Betiri banyak ditemukan tempat wisata diantaranya wisata pantai, wisata hutan, wisata hutan mangrove dan lain sebagainya.

Di sana Anda juga bisa mengagumi keindahan keanekaragaman flora dan fauna hutan hujan tropis dataran rendah. Dan di dekat kawasan ini Anda juga bisa menemukan Pantai Bandealit dan Pantai Meru yang menawarkan pesona alam terindah dan wajib dikunjungi.

Pantai di Taman Nasional Meru Betiri

Seperti yang sudah disebutkan di atas, taman nasional ini memiliki keindahan pantai yang tidak kalah dengan pantai-pantai lain di Jawa Timur.

1. Pantai Bandelit

Pantai pertama yang bisa Anda kunjungi di taman nasional ini adalah Pantai Bandealit. Pantai ini sendiri dikelilingi oleh kawasan hutan sehingga membuat pemandangan pantai semakin indah.

Selain pantainya yang indah dan bersih, daya tarik lain dari pantai ini adalah adanya area percontohan beternak rusa timor. Terdapat juga rumah kaca anggrek dengan koleksi berbagai jenis anggrek.

Meski berada di kawasan taman nasional, namun fasilitas di pantai ini cukup lengkap. Fasilitas yang ada di sekitar pantai ini antara lain kabin wisata, bodyboard, tempat perkemahan, kano, speedboat, dll

Wah ternyata pantai ini mempunyai fasilitas yang cukup lengkap.

2. Pantai Rajegwesi

Selain Pantai Bandelit, Anda juga bisa mengunjungi Pantai Rajegwesi. Pantai ini merupakan pelabuhan bagi nelayan setempat dan tempat pelelangan ikan. Kondisi pantai yang asri dan bersih membuat Pantai Rajegwesi cocok untuk dijelajahi.

Tak kalah dengan Pantai Bandelit, di sini Anda bahkan bisa menikmati berbagai fasilitas keluarga angkat bagi wisatawan dari luar daerah yang ingin bermalam. Ombak di Pantai Rajegwesi relatif tenang dan cukup aman untuk berenang. Dikelilingi hutan tropis, pantai ini adalah tempat yang tepat untuk mencari inspirasi

3. Pantai Sukamade

Selanjutnya Anda bisa mengunjungi pantai Sukamade yang merupakan habitat berbagai jenis penyu. Di sekitar pantai ini terdapat tempat penangkaran penyu dan kita juga bisa mengamati aktivitas penyu saat bertelur.

Selain mengamati penyu, di pantai ini Anda dapat menggunakan berbagai fasilitas, antara lain kabin wisata, tempat perkemahan, jalur pendakian, pusat informasi, dan laboratorium.

4. Pantai Teluk Hijau

Pantai ini merupakan salah satu pantai terindah di Jawa Timur, bahkan jika dibandingkan dengan pantai-pantai di Lombok yang terkenal dengan keindahannya yang luar biasa. Pantai dengan air berwarna biru kehijauan ini akan memukau siapapun yang datang kesini.

Pantai Teluk Hijau, Taman Nasional Meru BetiriPantai Teluk Hijau, Taman Nasional Meru Betiri

Anda pasti tidak akan percaya kalau ada pantai seindah ini di Taman Nasional Meru Beriti. Pantai Teluk Hijau adalah tempat yang tepat untuk memanjakan diri sambil bermain air dan pasir. Terjamin. Anda tidak ingin pulang.

Bagaimana? Anda pasti menantikan untuk datang ke sini, bukan? Apa yang kamu tunggu?

Flora dan fauna di Taman Nasional Meru Betiri

Liburan ke taman nasional ini tentu akan berbeda dibandingkan liburan ke tempat lain di Jawa Timur. Selain keindahan alamnya yang mempesona, Anda juga bisa melihat berbagai koleksi flora dan fauna yang masih terawat baik di sini.

Penyu di Taman Nasional Meru Betiri melalui Instagram @anikswPenyu di Taman Nasional Meru Betiri melalui Instagram @aniksw

Taman nasional ini juga sangat cocok dijadikan tempat wisata edukasi bagi anak-anak atau teman sekolah dan rombongan pelajar. Berikut beberapa flora dan fauna yang ada di taman ini:

Di sini Anda dapat melihat kura-kura yang bertuliskan dalam bahasa Latin: Dermochelys coriaceaHewan ini merupakan hewan endemik Taman Nasional Meru Betiri. Anda bisa melihat spesies penyu belimbing, penyu hijau, dll Chelonia MydasPenyu sisik atau Eretmochelys imbricatadan masih ada beberapa lainnya.

Liburan Anda pasti akan semakin menyenangkan jika melihat koleksi satwa di sini berupa penyu.

Selain penyu, Anda juga bisa melihat koleksi hewan bertaring mulai dari harimau jawa atau Panthera Tigris Sondaicuskucing hutan atau Prionailurus bengalensis javanensismacan tutul atau Panthera pardus melasdan masih banyak lagi.

Selain hewan bertaring, disini kami juga mempunyai koleksi berbagai hewan bertanduk seperti banteng atau Bos Javanicus, rusa atau Cervus timorensis russa dll.

Selain beberapa hewan yang disebutkan di atas, terdapat juga flora indah di taman nasional ini. Hampir 520 spesies tumbuhan tumbuh di sana, sekitar 240 atau hampir setengahnya merupakan tumbuhan obat. Berikut beberapa di antaranya:

Di taman nasional ini Anda bisa melihat taman bunga yang indah dan mempesona. Di sini Anda dapat melihat koleksi bunga dari Rafflesia Zollingeriana. Spesies ini hampir mirip bentuk dan warnanya dengan bunga Rafflesia Arnoldi yang ada di Pulau Sumatera. Selain Rafflesia, banyak juga anggrek yang tumbuh di kawasan ini. Terdapat 27 jenis anggrek yang bertahan hidup di hutan hujan tropis Meru Betiri.

Selain jenis bunga, Anda juga bisa melihat koleksi tumbuhan pantai seperti bakau dll Rhizopora sp., API-API atau Avicennia sp., pohon kembang sepatu atau Kembang sepatu tiliaceuspohon palem atau Gluta RenhaDan seterusnya.

Menutup

Jika anda mencari suasana tenang di Jember anda bisa datang ke kami Taman Nasional Meru Betiri. Rasakan sensasi perjalanan wisata yang menyenangkan disini. Jangan lewatkan juga: Eksotiknya Objek Wisata Gunung Kelud Kediri Jawa Timur

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button