Tempat Wisata

Taman Pusparagam: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Kehadiran tempat yang nyaman, asri dan rindang memegang peranan yang sangat penting dalam suatu kota yang padat dan sibuk. Ruang terbuka hijau tidak hanya menjadi tujuan wisata saja, namun juga dapat mempercantik dan mempercantik kota. Seperti kota lainnya, Muara Bungo juga memiliki beberapa taman yang cukup tertata rapi dan indah, seperti Taman Pusparagam.

Ibarat oase di tengah gurun pasir, keberadaan Taman Pusparagam menjadi sebuah fenomena tersendiri, tepat berada di tengah hiruk pikuk kota Muara Bungo dan penuh dengan lalu lintas kendaraan. Taman ini menyuguhkan panorama pepohonan hijau yang rindang dan rindang sehingga banyak dimanfaatkan warga sekitar untuk bersantai, nongkrong, dan bermain. Taman yang terawat juga menjadi daya tarik yang dapat membantu wisatawan merasa nyaman.

Taman Pusparagam

Secara administratif Taman Pusparagam terletak di Jalan Baharudin, Muara Bungo, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Lokasi taman ini sangat dekat dengan Taman Hijau Bungo yang hanya berjarak sekitar 400 meter dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Taman ini juga dikelilingi oleh jalan-jalan besar sehingga menemukan taman ini tidak akan sulit.

Letaknya yang berada di tengah kota membuat akses menuju taman ini cukup mudah bagi wisatawan yang ingin mengunjunginya. Anda bisa memilih berbagai moda transportasi, mulai dari angkutan umum hingga kendaraan pribadi. Namun jika ingin lebih praktis, sebaiknya gunakan kendaraan pribadi untuk mengunjungi Taman Pusparagam.

Pesona Taman Pusparagam

Wisatawan akan merasakan suasana rindang, teduh dan asri ketika sampai di Taman Pusparagam. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pohon-pohon besar yang tumbuh subur di taman tersebut. Selain itu, udara sejuk juga bisa Anda rasakan saat berada di taman. Berbagai tanaman hias juga mempercantik taman dan mempercantik pemandangan.

Taman Pusparagam dirancang dengan indah dan ditata dengan cukup baik. Terlihat terdapat jalan setapak yang dilapisi keramik dan bebatuan berwarna coklat, berpadu serasi dengan hijaunya pepohonan di taman. Jika tidak, tanaman harus dirawat dengan baik agar tumbuh dengan baik dan terlihat terawat. Di taman ini wisatawan juga bisa menemukan beberapa dekorasi taman yang cukup menarik.

Terdapat sebuah kolam dengan air mancur di tengah Taman Pusparagam. Sayangnya air mancur ini sudah tidak lagi mengeluarkan gemericik air yang sayang sekali. Tak heran jika banyak warga lokal yang datang berkunjung. Pasalnya taman ini menawarkan suasana alam yang mengundang Anda untuk bersantai.

Angin sepoi-sepoi, udara sejuk, dan hijaunya pepohonan yang menyegarkan mata seakan menjadi incaran masyarakat sekitar Muara Bungo. Baik sekedar bersantai atau menikmati keindahan taman, nyatanya ruang terbuka hijau ini menjadi salah satu tempat rekreasi favorit warga sekitar.

Selain sebagai tempat asyik untuk nongkrong dan bertemu teman, Taman Pusparagam juga sering dijadikan tempat berolahraga, baik di pagi, siang, maupun di akhir pekan. Pengunjung dapat melakukan olahraga seperti jogging, senam atau panjat dinding. Taman ini memiliki fasilitas pendakian yang tersedia bagi kaum muda yang menyukai olahraga menantang ini.

Terdapat panggung di sisi timur taman yang sering digunakan untuk acara-acara tertentu. Berbagai acara seperti acara musik, acara seni dan budaya menarik antusias pengunjung. Saat malam tiba, Taman Pusparagam semakin ramai. Pengunjung dari muda hingga tua berkumpul menikmati keindahan malam hari kota Muara Bungo.

Fasilitas Taman Pusparagam

Terletak tepat di jantung kota Muara Bungo, Taman Pusparagam dikelilingi oleh fasilitas yang cukup lengkap. Di dalam tamannya sendiri terdapat tempat sampah, bangku untuk wisatawan, dinding panjat, panggung, toilet dan tempat parkir yang luas. Jika wisatawan muslim ingin beribadah, terdapat juga masjid di sekitar taman yang bisa dikunjungi.

Sayangnya, beberapa bagian taman kini rusak dan terkesan terbengkalai, misalnya air mancur sudah tidak berfungsi lagi. Tentunya diharapkan pemerintah setempat memberikan perhatian untuk mengembangkan taman ini agar dapat menarik lebih banyak wisatawan. Rencananya, Gubernur Jambi Zumi Zola akan mengembangkan taman ini dengan dukungan Institut Teknologi UI.

Baca juga: Taman Hijau Bungo, Ruang Terbuka Hijau Muara Bungo yang kini terbengkalai

Selain itu, taman ini juga sangat dekat dengan minimarket dan pasar sehingga memungkinkan wisatawan untuk berbelanja dan membeli berbagai makanan. Di sekitar taman ini biasanya terdapat beberapa pedagang kaki lima yang menjual berbagai kuliner lezat seperti bakso, es krim buah, nasi tebu, mie ayam, dan jagung bakar. Jika masih kurang puas, terdapat warung dan restoran yang menawarkan kuliner lezat.

Jika ingin bermalam, ada beberapa hotel yang bisa Anda tempati tidak jauh dari taman. Saat anda berada di kota Muara Bungo, sangat menarik untuk mengunjungi Taman Pusparagam. Di sini Anda akan menemukan berbagai aktivitas yang dapat Anda lakukan selama berada di taman.

Menikmati keindahan taman

Jika Anda sedang berada di Muara Bungo, maka kunjungilah salah satu taman yang ada di kota ini. Di sini Anda akan disuguhi suasana rindang, asri dan rindang dengan pepohonan besar yang mengelilingi taman. Anda bisa bersantai di taman sambil menikmati udara segar.

Selagi berada di taman, Anda juga bisa mengikuti wisata kuliner dan mencoba berbagai makanan yang dijual oleh pedagang kaki lima. Tempat ini juga wajib dikunjungi pada malam hari. Baik sekedar menikmati keindahan malam hari kota Muara Bungo atau menghabiskan malam bersama teman dan keluarga.

Perburuan Foto

Bagi yang gemar fotografi, taman ini juga bisa menjadi destinasi berburu foto. Berbagai objek menarik ditawarkan yang bisa Anda foto dengan kamera. Anda bisa menjelajahi taman dan mencari tempat terbaik untuk mengambil foto. Kelap-kelip lampu di malam hari membuat Taman Pusparagam semakin indah.

Jangan lupa abadikan momen tersebut dengan berfoto dengan latar belakang Taman Pusparagam. Anda bisa menggunakan air mancur atau panggung untuk mengambil foto. Taman ini cukup fotogenik dan tentunya Anda tidak akan malu untuk memamerkannya di akun media sosial Anda. Selain itu, taman ini juga sangat cocok jika ingin mengambil foto prewedding.

Baca juga:

Peta Lokasi Taman Pusparagam

Tips berwisata ke Taman Pusparagam

  • Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi agar Anda bisa lebih leluasa bergerak di sekitar kota Muara Bungo.
  • Ikuti peraturan dan ketentuan yang berlaku di taman.
  • Jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarang, terutama kolam.
  • Memperhatikan kelestarian taman dan tidak merusak fasilitas dan tanaman yang ada di taman.

Jam buka dan biaya masuk Taman Pusparagam

Dari segi jam buka, Taman Pusparagam bisa Anda kunjungi kapan saja karena tidak ada jam buka khusus. Kemudian saat ini belum ada informasi konkrit mengenai biaya dan harga tiket masuknya.

Galeri Foto Taman Pusparagam

Selamat datang di Taman Pusparagam
Foto-foto dari acara Bungo Fair
Taman Pusparagam di Muara Bungo
Bermain di taman
Minum air kelapa di pinggir taman

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button