Tempat Wisata

Taman Putri Tunggal: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Taman Putri Tunggal: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Pesona wisata yang terpancar dari tanah Kerinci nampaknya semakin cerah seiring berjalannya waktu. Banyak bermunculan tempat-tempat baru yang tak kalah menawan dan mampu menarik perhatian wisatawan. Salah satunya adalah Taman Putri Tunggal yang kini semakin populer sebagai tempat bersantai dan berkumpul bersama keluarga.

Taman Putri Tunggal masih menampilkan keindahan alam Kerinci dan merupakan objek wisata baru dengan konsep terbuka. Taman ini menampilkan deretan pepohonan hijau dan bunga-bunga indah berwarna-warni. Tempat ini pun semakin populer di kalangan anak muda setelah keindahan tamannya belakangan ini ramai ditampilkan di berbagai situs media sosial.

Taman Putri saja

Secara administratif Taman Putri Tunggal terletak di Desa Tambak Tinggi, Kecamatan Depati Tujuh, Kabupaten Kerinci, Jambi. Lokasinya juga sangat strategis dan hanya berjarak sekitar 7 kilometer dari kota Sungai Banyak. Pengunjung hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dengan mobil atau sepeda motor untuk mencapai lokasi taman ini.

Tidak sulit untuk mengetahui di mana letak Taman Putri Tunggal. Dari jalan utama di kota Sungai Banyak wisatawan dapat mengambil jalur yang mengarah ke desa Sekungkung. Dari sini Anda akan menemukan persimpangan tiga arah di Kampus II Sakti Alam Kerinci, dan taman berada tidak jauh dari kampus.

Pesona Taman Putri Tunggal

Taman ini dibangun pada tahun 2008 dan memiliki luas lahan satu hektar. Karena letaknya tepat di lereng perbukitan, suasana alam yang asri menjadi daya tarik tersendiri. Berbeda dengan tempat wisata di Kerinci pada umumnya, Taman Putri Tunggal dikelola dan dimiliki oleh perorangan.

Pemilik objek wisata ini pertama kali membangun taman dengan kolam, karena hobinya beternak ikan. Melihat animo dan antusiasme pengunjung, Taman Putri Tunggal akhirnya dibuka untuk umum pada tahun 2016. Meski tergolong baru, taman ini selalu ramai dikunjungi terutama pada hari libur atau akhir pekan.

Taman Putri saja

Sesampainya di lokasi taman, wisatawan harus berjalan naik turun jalur yang cukup menantang. Jaraknya tidak jauh untuk menuju ke sana dan dalam perjalanan ini wisatawan disuguhi berbagai tanaman hias dan bunga dengan berbagai warna. Di perjalanan ini Anda bisa menikmati pemandangan alam yang indah.

Di tengah Taman Putri Tunggal terdapat sebuah kolam buatan yang berukuran cukup besar. Kolam ini dipenuhi berbagai jenis ikan seperti ikan mas dan nila. Terdapat juga paviliun utama berukuran besar di tengah kolam. Di sekitar kolam juga terdapat gazebo, namun ukurannya lebih kecil.

Paviliun utama ini menjadi spot populer bagi wisatawan untuk menikmati keindahan Taman Putri Tunggal. Sambil bersantai, pengunjung bisa memberi makan ikan tepat di bawah gazebo. Suasananya yang asri dan udaranya yang sejuk membuat tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama saudara, sahabat dan keluarga.

Tempat wisata berkonsep outdoor juga menjadi destinasi populer bagi pelajar, karyawan, rombongan keluarga, dan berbagai organisasi. Uniknya, pengunjung bisa membawa bekal dan menyantapnya di pendopo yang mengelilingi kolam tanpa harus membeli makanan di kantin yang disediakan.

Pengunjung tidak hanya bisa menikmati hamparan sawah dan pepohonan rindang di taman ini, tapi juga memancing di kolam. Bagi para pemancing, tempat ini bisa menjadi alternatif menarik untuk menekuni hobinya. Terkadang Anda juga bisa melihat aktivitas para petani menanam padi atau memanen padi.

Fasilitas Taman Putri Tunggal

Taman ini memiliki berbagai fasilitas yang akan memanjakan para pengunjungnya. Fasilitas seperti toilet, musala, dan tempat parkir mudah ditemukan. Selain itu juga telah dibangun gazebo atau gubuk di sekeliling kolam dan di tengah kolam yang dapat digunakan untuk bersantai dan menikmati pemandangan.

Bagi pengunjung yang tidak membawa bekal, di taman ini juga terdapat kantin yang menyediakan beragam makanan dan minuman. Selain itu, ada juga fasilitas karaoke yang bisa Anda nikmati hanya dengan Rp. 20.000 per jam. Wisatawan yang memesan makanan dan minuman dapat menggunakan fasilitas karaoke ini secara gratis.

Taman Putri Tunggal tidak hanya sekedar tujuan wisata tetapi juga bisa disewa untuk menyelenggarakan berbagai acara seperti pernikahan, ulang tahun, seminar atau acara kantor lainnya. Dengan konsep outdoor tentunya bisa menjadi alternatif menarik untuk mengadakan pesta. Harga sewa mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 3.500.000 per hari.

Baca juga: Taman Nasional Kerinci Seblat, taman nasional terluas di Pulau Sumatera

Mengunjungi Taman Putri Tunggal menjadi alternatif menarik selain berbagai wisata alam di Kerinci. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di taman ini.

Menikmati keindahan taman

Di Taman Putri Tunggal, Anda akan disuguhi suasana alam yang asri serta taman wisata berkonsep outdoor yang unik. Anda bisa bersantai di paviliun yang disediakan dan menikmati indahnya panorama alam. Anda juga bisa memberi makan ikan di kolam.

Waktu terbaik mengunjungi taman ini adalah sore hari saat matahari belum begitu terik. Di sini Anda juga bisa menikmati indahnya matahari terbenam dan hamparan sawah yang hijau. Jika Anda hobi memancing, tak ada salahnya menekuni hobi Anda di taman ini sambil menikmati pemandangan alam.

Perburuan Foto

Melimpahnya warna-warni bunga dan tanaman hias di taman menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemburu foto. Keindahan alam pun patut diabadikan, tak jarang kita melihat anak muda penuh gaya di depan kamera. Anda bisa berfoto dengan berbagai macam background yang ada.

Di taman ini terdapat beberapa tempat menarik seperti gazebo, kolam ikan dan taman bunga. Yang pasti tempat ini sangat Instagrammable dan cocok bagi Anda yang suka berfoto untuk dipajang di akun media sosial. Bagi Anda yang sedang mencari destinasi wisata untuk mengambil foto prewedding, tidak ada salahnya memanfaatkan taman ini sebagai lokasi pemotretan.

Biaya masuk ke Taman Putri Tunggal

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui September 2023)

Jam buka Taman Putri Tunggal

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore

Baca juga: 235 Tempat Wisata Di Jambi Paling Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Peta lokasi Taman Putri Tunggal

Tips berwisata ke Taman Putri Tunggal

  • Datanglah pada sore hari saat cuaca sedang tidak panas, dan Anda juga bisa menikmati indahnya panorama matahari terbenam.
  • Ajak teman dan kerabat agar liburanmu semakin seru dan tak terlupakan.
  • Wisatawan diperbolehkan membawa makanan sendiri dari luar dan tidak perlu membeli kantin taman.
  • Hati-hati saat menuju paviliun utama di tengah kolam.
  • Wisatawan dilarang merusak dan memetik bunga serta tanaman di tempat ini.
  • Jaga kebersihan taman dan yang terbaik adalah membuang sisa makanan di sana.
  • Jangan merusak semua fasilitas yang tersedia di taman.

Galeri foto Taman Putri Tunggal

Selamat datang di Taman Putri Tunggal
Potret Taman Tunggal Putri di Kerinci
Tempat foto terbaik
Spot foto dengan sepeda bunga
Aneka jajanan dan kuliner
Berburu foto di Taman Putri Tunggal

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button