Berita Wisata

Taman Tebing Breksi, wisata murah dan indah di Yogyakarta

Jakarta

Yogyakarta tidak hanya memiliki Malioboro dan Keraton. Ada juga Taman Tebing Breksi, kunjungan yang menampilkan pemandangan eksotis ini pasti patut dikunjungi untuk traveler!

Tebing Breksi atau bernama lengkap Taman Tebing Breksi, adalah sebuah destinasi wisata di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Menurut informasi dari situs resminya, jarak dari Tebing Breksi ke pusat kota Sleman kurang lebih 26,3 kilometer. Jarak ini memakan waktu kurang lebih 45 menit menggunakan kendaraan bermotor.

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

Sedangkan jarak dari Tebing Breksi ke ibu kota provinsi hanya 17 km. Dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor selama kurang lebih 28 menit.

Kendaraan bermotor pribadi atau sewaan adalah satu-satunya cara untuk mengakses Tebing Breksi. Pasalnya, di kawasan ini belum tersedia angkutan umum.

Seperti namanya, Tebing Breksi menawarkan pemandangan tebing yang sangat eksotis. Sebelum menjadi tujuan wisata, kawasan ini merupakan tempat pengambilan batu alam.

Setelah beroperasi beberapa lama sejak tahun 1980-an, penambangan di kawasan ini ditutup pada pertengahan tahun 2014. Kawasan ini kemudian dikembangkan sedemikian rupa oleh masyarakat hingga menjadi tempat wisata untuk dikunjungi.

Pada 30 Mei 2015, destinasi wisata Tebing Breksi diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X. Kemudian pada Oktober 2015, Taman Tebing Breksi ditetapkan sebagai salah satu geoheritage Yogyakarta.

Atraksi Taman Tebing Breksi

Wisata Alam Tebing Breksi

Daya tarik utama Tebing Breksi adalah pemandangan dinding tebing dengan sesar-sesar yang tampak artistik. Selain itu, Taman Tebing Breksi juga dilengkapi dengan berbagai pahatan yang menambah eksotisme.

Kemudian dari segi lokasi, Taman Tebing Breksi berada di ketinggian 200 meter di atas permukaan laut, dari sini traveler bisa melihat indahnya panorama alam sekitar dan pemandangan Yogyakarta dari ketinggian.

Tebing BrecheTebing Breche. Foto: (Usman Hadi/detikcom)

Budaya & Kerajinan

Di Taman Tebing Breksi, berbagai acara budaya juga sering ditampilkan. Mulai dari tarian, pertunjukan gamelan dan lagu Jawa hingga pertunjukan wayang.

Tak hanya itu, destinasi ini juga memamerkan berbagai kerajinan tangan berupa patung. Ada beberapa ukiran di sini, yaitu ukiran patung naga, relief wayang, ukiran tulisan “Tebing Breksi”, hingga patung semar.

Jalan tebing breksi

Selain alam dan budaya, Taman Tebing Breksi juga menawarkan berbagai wahana wisata buatan untuk dinikmati para pelancong. Bagi yang suka berfoto, ada berbagai spot foto di sini yang sayang untuk dilewatkan.

Lalu, bagi yang menyukai petualangan dan alam bebas, ada juga jeep trip. Bahkan di kawasan ini traveler juga bisa camping lho!

Jam buka dan harga

Menurut informasi dari akun Instagram resminya, Tebing Breksi buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 20.00 WIB. Biaya masuk ke taman ini sangat murah, Rp 10.000 per orang.

Cantik dan sangat terjangkau bukan? Jika traveler berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa untuk mengunjungi destinasi wisata Tebing Breksi yang satu ini, ya!

Tonton video “Proses Check In Cares Protect di Tebing Breccia dibatasi sinyal”
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/perempuan)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button