Berita Wisata

Taman wisata Curug Cikoja Tasikmalaya, cocok untuk rekreasi keluarga

Taman Wisata Curug Cikoja Tasikmalaya merupakan kawasan air terjun yang paling terkenal di kawasan Cikatomas. Selain memiliki keindahan alam yang indah, jalur pendakian yang cukup mendukung wisatawan. Oleh karena itu, air terjun ini menjadi tujuan wisata favorit warga sekitar untuk menyelenggarakan rekreasi keluarga.

Lokasi Air Terjun Cikoja berada di Desa Linggalaksana, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Dari pusat kota Danau, wisatawan akan menempuh perjalanan selama 2 jam. Setelah melewati Alun-alun Cikatomas, ambil jalan menuju Jalan Curug Koja.

Sampai saat ini belum ada papan petunjuk di lokasi Taman Wisata Curug Cikoja Tasikmalaya. Namun ketika jalan setapak semakin menyempit, berupa tanah dan bebatuan serta terdapat gubuk-gubuk sederhana, maka kawasan air terjun semakin dekat. Di sekitar saung ini juga ada warga yang mengelola tempat parkir.

Baca juga : Air terjun Arjuna Tasikmalaya, air terjun yang bersinar terang

Manfaat Taman Wisata Curug Cikoja Tasikmalaya

Untuk memasuki kawasan air terjun, wisatawan tidak disarankan membayar tiket masuk karena masih dikelola secara mandiri oleh warga setempat. Sedangkan untuk parkir kendaraan, wisatawan harus membayar Rp5.000 per sepeda motor.

Jalur pendakian telah ditandai

Jalur pendakian Taman Wisata Curug Cikoja sudah didesain untuk memudahkan wisatawan berjalan kaki, karena terlihat lebih ringan dan tidak berkelok-kelok.

Namun fasilitas penunjang seperti toilet dan mushola masih dalam tahap pengembangan. Oleh karena itu, wisatawan harus membawa perlengkapannya dari rumah karena tidak ada penjual makanan di sekitar air terjun.

Kawasan air terjun ini bisa dikunjungi 24 jam sehari, namun sebaiknya datang pada pagi hari dan kembali sebelum matahari terbenam.

Pasalnya, fasilitas penunjang seperti gazebo dan area camping belum ada, sehingga tidak memungkinkan untuk bermalam di tempat tersebut.

Baca juga : Pasir Kirisik Tasikmalaya, wisata alam dengan spot foto yang menarik

Namun ada hal menarik yang bisa kita lakukan, yaitu menjelajahi area sekitar air terjun dan mencari spot foto dengan pemandangan yang indah.

Lompat tubuh dan panjat tebing

Wisatawan dapat melakukan body jumping dan panjat tebing di Taman Wisata Curug Cikoja Tasikmalaya. Ketinggian bebatuan air terjun menjadi arena yang sulit untuk didaki karena agak licin. Namun, tantangannya menjadi lebih menarik karena pendaki bisa melihat air terjun dari dekat.

Di bawah jatuhnya air terjun terdapat kolam yang cukup luas, namun tidak terlalu dalam. Banyak wisatawan yang suka bermain air karena kolamnya jernih dan sejuk. Namun, Anda harus berhati-hati karena bebatuan di sekitar kolam juga cukup licin. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button