Tempat Wisata

Taman Wisata Ilmiah Bogor : harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Taman wisata ilmiah ini merupakan salah satu situs yang dikembangkan oleh IPB Bogor. Lokasi ini juga memiliki lebih dari 3.000 tanaman herbal dan obat yang ditanam secara sadar secara organik. Ada pula tanaman lain yang dikabarkan dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti kunyit, jambu biji, temi iring, kunyit dan berbagai jenis tanaman lainnya. Selain itu, berbagai jenis rempah juga bisa ditemukan di tempat ini. Tempat wisata ini sangat cocok untuk memperluas ilmu pengetahuan atau sebagai tujuan belajar bagi pelajar.

Didirikan pada tahun 1988, kawasan seluas 4 hektar ini dulunya bernama Cultur Tuin atau Taman Budaya. Selain berfungsi sebagai tempat wisata alam, kawasan ini juga dirancang sebagai perkebunan plasma Nuftah atau sebagai bahan baku pengembangan dan tempat pencarian bibit unggul di masa depan. Semula berdirinya taman ilmiah ini digagas sebagai kebun koleksi plasma Nuftah yang menjadi bahan dasar penelitian dan pengembangan untuk mencari tanaman-tanaman berkualitas tinggi dari perkebunan, dengan tujuan membantu para petani khususnya perkebunan di tanah air.

Pengunjung yang mengunjungi situs ini tidak hanya disuguhkan berbagai jenis tanaman, namun pengunjung juga diperlihatkan cara menanamnya dan cara mengolahnya setelah dipanen. Kegiatan ini tentunya akan sangat berharga dan bermanfaat bagi pengunjung khususnya mahasiswa.

Berbagai jenis pohon tinggi menghiasi sebagian besar situs wisata ilmiah ini. Kondisi inilah yang membuat kawasan ilmiah ini mirip dengan Kebun Raya Bogor, hanya saja setiap pohonnya menyandang nama latin tumbuhan tersebut. Hal ini mungkin dikarenakan Kebun Raya Bogor tidak hanya menjadi tempat wisata saja, namun juga resmi digunakan sebagai pusat perlindungan tanaman.

Di tengah-tengah kawasan atau taman ilmiah ini terdapat sebuah taman kecil yang dihiasi dengan monumen yang bentuknya sangat unik dan menarik. Bentuk monumen ini hampir mirip dengan berbagai bentuk atau simbol yang digunakan oleh berbagai pusat penelitian pertanian atau perkebunan. Menurut beberapa pengunjung, bentuk ini sebenarnya hampir mirip dengan logo Institut Pertanian Bogor.

Melihat lokasinya, sebagian masyarakat atau bahkan warga sekitar mungkin belum menyadari bahwa tempat ini memiliki fungsi sebagai objek wisata. Banyak warga sekitar yang mengira tempat ini adalah taman khusus untuk peneliti dan bukan untuk masyarakat umum.

Baca juga: Taman Buah Mekarsari, tempat liburan edukasi terpopuler di Kabupaten Bogor

Lokasi Taman Wisata Ilmiah Bogor

Lokasi taman wisata ilmiah ini berada di Jl. Tentara Pelajar No. 1, Cimanggu, Bogor, Jawa Barat. Jalan ini merupakan jalan tertua di Kota Bogor. Dulunya jalan ini merupakan bagian dari Jalan Tjikeumeuh atau Jalan Tjikeumeuh kemudian menjadi dua jalan yaitu Jalan Pelajar Tentara dan Jalan Merdeka. Kawasan Cimanggu sendiri telah menjadi pusat penelitian berbagai isu terkait perkebunan dan pertanian sejak masa penjajahan Belanda. Hingga saat ini, masih banyak terdapat perkantoran dan taman di kawasan ini yang didedikasikan untuk penelitian atau eksplorasi hasil pertanian dan perkebunan. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa warga sekitar beranggapan bahwa seluruh kebun di kawasan ini hanya digunakan untuk keperluan penelitian.

Jam buka dan tarif masuk Taman Wisata Ilmiah Bogor

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa berkunjung pada jam 8 pagi hingga jam 6 sore. Kemudian biaya yang harus dikeluarkan untuk memasuki tempat wisata ini adalah antara Rp 10.000 hingga 25.000 per orang.

Kegiatan yang dapat dilakukan

Di tempat ini pengunjung dapat melihat taman koleksi taman, galeri tanaman obat, taman wisata tanaman industri, taman wisata tanaman aromatik, rumah kaca, laboratorium dan masih banyak tempat lain yang bisa dikunjungi disini. Sejak tahun 2007, lokasi ini cukup sering dikunjungi, mulai dari pelajar Taman Kanak-kanak, mahasiswa, perguruan tinggi dan instansi pemerintah daerah hingga masyarakat umum yang penasaran dengan berbagai jenis tumbuhan yang ada di kawasan ini.

Taman wisata ilmiah ini juga mengembangkan paket dan layanan wisata ilmiah berbasis tanaman obat atau aromatik. Materi yang diberikan juga beragam, mulai dari pengenalan dunia tumbuhan, manfaat tumbuhan, ada juga permainan, demo budidaya hingga pengolahan hasilnya. Paket wisata “Aku Suka Tanaman” tersedia di sini dan ditujukan untuk siswa TK dan SD. Paket wisata lainnya berupa wisata pertanian dan pertanian tanaman obat dan aromatik. Paket wisata ini ditujukan untuk pelajar SMP, SMA, dan mahasiswa. Ada pula paket agrowisata tanaman obat dan aromatik yang ditujukan untuk masyarakat umum atau umum. Di lokasi ini juga terdapat tiga taman yang bisa dikunjungi, yaitu Taman Wisata Ilmiah I (KWI I), Taman Wisata Ilmiah II (KWI II) dan tempat pameran rempah-rempah, tanaman obat, dan tanaman atsiri.

Bagi anda yang sedang berada di Bogor atau sedang berlibur di kawasan Bogor, tidak ada salahnya mengunjungi tempat wisata ini. Selain murah, Anda juga bisa memperluas pengetahuan tentang berbagai jenis tanaman.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button