Tempat Wisata

Taman Wisata Kaliurang, destinasi wisata alam hits di Sleman Jogja

harga tiket: Rp 10.000 Waktu aktif: 09.00 – 16.00 WIB, Alamat: Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab.Sleman, DI Yogyakarta; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Pembahasan tentang kota Sleman Yogyakarta sepertinya tidak pernah ada habisnya. Mulai dari edukasi dan kuliner hingga wisata alam, semuanya ada di kawasan istimewa ini. Contohnya adalah keberadaan Taman Wisata Kaliurang dari kategori wisata alam. Di sini Anda bisa berlibur dan menikmati panorama alam yang indah di sekitar tempat tersebut. Selain itu, banyaknya wahana juga cocok untuk permainan seru bersama anak.

Tentunya tujuan berwisata tidak hanya untuk mengisi liburan saja, tetapi juga untuk melepas penat, agar semangat menjadi lebih segar. Dari sekian banyak wisata yang bisa dipilih, wisata pesona alam menjadi yang paling diminati. Selain lokasinya yang masih alami dan jauh dari pusat perkotaan, dipastikan udaranya segar dan sehat.

Untuk mencapai semua tujuan diatas, mengunjungi Taman Wisata Kaliurang adalah pilihan terbaik. Lokasinya berada di lereng Gunung Merapi, bisa dibayangkan sendiri seperti apa udara dan kesejukannya. Kontur bebatuan yang mencolok dan bayangan pepohonan menghiasi pemandangan. Selain itu, wahananya juga sangat indah dan pemandangannya tidak kalah menarik.

Objek wisata yang dimiliki Taman Wisata Kaliurang

Atraksi Taman Wisata KaliurangKredit foto: Google Maps Didit Aloy

Ada beberapa alasan mengapa tempat wisata ini semakin ramai dikunjungi wisatawan. Ini tentu saja karena daya tariknya yang memikat. Siapa pun yang pernah ke sana hampir pasti akan kembali. Khusus untuk kamu yang masih penasaran, objek wisata Taman Wisata Kaliurang berikut ini bisa dijadikan gambaran singkat!

1. Keindahan alam Taman Rekreasi Kaliurang

Padahal, pemandangannya tidak terlalu cantik dibandingkan tempat wisata lain berupa air terjun atau pantai. Namun, pasti akan menyenangkan semua orang yang datang ke lokasi. Bukan hanya tumbuhan hijau yang menghiasinya, namun juga semak belukar dari berbagai jenis yang tak mau ketinggalan untuk mempercantik setiap sudutnya.

Konsep yang dipilih adalah taman, sehingga sangat cocok sebagai tempat bersantai bersama keluarga. Dengan alas lantai dan kanopi langit, Anda akan melihat pesona alam yang begitu indah. Keindahan semakin terlihat ketika dari satu titik pandang terlihat jelas Gunung Merapi berdiri dengan gagahnya.

Tak hanya saat cuaca cerah, meski diselimuti awan, keindahannya seakan tak pernah pudar. Gumpalan awan yang samar-samar menutupi pegunungan membuat pemandangan semakin indah. Di beberapa tempat, dekorasi berupa patung gajah dan pendopo juga menambah keindahannya.

2. Suasana sejuk berbalut keindahan alam

Wisatawan yang berkunjung ke Taman Wisata Kaliurang tidak hanya ingin menikmati keindahannya, tetapi juga ingin merasakan sejuknya udara di tempat ini. Udara pegunungan yang sejuk menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Bukan cuma pepohonannya yang bikin sejuk, tapi lokasinya yang masih di daerah pegunungan.

Letaknya yang berada di luar kota membuat indra penciuman terasa jauh dari asap kendaraan dan polusi pabrik. Dalam kondisi seperti itu, kesehatan pasti akan membaik, meski hanya beberapa saat. Hampir setiap sudut bagus untuk menghirup udara sejuk. Pohon pinus yang menjulang tinggi juga banyak dan hampir mengelilingi tempat wisata ini.

3. Diperbolehkan membawa bahan sendiri

Objek wisata yang dimiliki Taman Wisata KaliurangKredit foto: Google Maps Septiyah Widyaningsih

Seperti yang Anda ketahui, tidak banyak tempat wisata yang mengizinkan pengunjung membawa makanan dari rumah. Aturan ini bisa saja diberlakukan sehingga fasilitas kandang yang disediakan menjadi pilihan utama. Meski begitu, ada juga kemungkinan tempat wisata akan dijaga kebersihannya dari sampah yang berserakan dengan bungkus makanan pengunjung.

Terlepas dari alasan tersebut, Taman Wisata Kaliurang sebenarnya memperbolehkan wisatawan untuk membawa makanan sendiri. Tentu ini bisa menjadi salah satu daya tarik, meski efeknya tidak terlalu besar. Rata-rata kebanyakan traveler membawa makanan berat seperti nasi dan lauk pauk.

4. Ketersediaan Game

Selain daya tarik keindahan dan kesejukan udaranya, banyaknya wahana juga sangat memanjakan mata. Bagi wisatawan yang membawa anak-anak, Taman Rekreasi Kaliurang sangat cocok untuk dikunjungi. Pasalnya, di sana banyak terdapat permainan playground. Anak-anak bisa bermain kereta luncur, naik tali, jembatan gantung, terowongan mini.

Jika permainannya kurang menarik, selalu ada wahana yang pasti tidak akan pernah membuat Anda lupa. Wahana tersebut adalah Flying Fox, tentu Anda sudah mengetahuinya. Dari atas struktur pohon yang sederhana, mereka jatuh dengan kecepatan sedang. Selain anak-anak, Flying Fox juga menjadi tempat yang cocok untuk menguji keberanian orang dewasa.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman Wisata KaliurangKredit foto: Google Maps andyF

Meski situs tersebut berada di lereng Gunung Merapi, namun masih relatif mudah ditemukan. Alamat lengkapnya adalah Jl. Siaga, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DI Yogyakarta. Perkiraan jarak tempuh dari pusat kota Jogja adalah sekitar 25 kilometer. Anda membutuhkan waktu setidaknya 1 jam untuk sampai ke lokasi Taman Wisata Kaliurang.

Silakan gunakan Google Map untuk menuju salah satu objek wisata di Sleman. Saat ini sudah banyak access point dan jalur yang disediakan oleh fasilitas Google. Agar lebih mudah, pastikan Anda menggunakan kendaraan pribadi, baik roda empat maupun roda dua.

Biaya masuk ke objek wisata

Biaya masuk ke Taman Wisata KaliurangKredit foto: Google Maps Jimmy

Mengenai harga, Taman Wisata Kaliurang tidak mematok harga selangit, cukup membayar 10.000 saja sebagai tiket masuk. Ada juga biaya yang harus dikeluarkan yaitu untuk parkir kendaraan. Tentunya biaya ini hanya berlaku bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi.

Tarif parkir saat ini adalah Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Tarifnya tentu saja sangat sederhana, apalagi banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan. Beberapa wahana seperti Flying Fox juga tidak gratis, ada biaya tambahan yang harus Anda bayarkan, minimal antara 10.000 hingga 30.000 rupiah untuk sekali wahana.

Aktivitas menarik di Taman Wisata Kaliurang

Kegiatan di Taman Wisata KaliurangKredit foto: Google Maps Baihaqi Aditya

Tidak dapat disangkal bahwa sebagian besar pengunjung yang datang ke tempat tersebut terutama bertujuan untuk melakukan aktivitas di Taman Wisata Kaliurang. Kegiatannya semakin menarik jika Anda datang bersama rombongan, baik bersama keluarga maupun bersama orang lain. Berikut adalah beberapa aktivitas menyenangkan yang biasa dilakukan oleh para pelancong dari seluruh dunia!

1. Main wahana outbond seru

Wahana pertama yang dicoba saat memasuki suatu lokasi untuk pertama kali adalah Outbound. Dari sekian banyak permainan yang ditawarkan, flying fox dan rumah pohon menjadi tujuan setiap wisatawan. Banyak dari mereka yang rela antre untuk menguji sensasi mendebarkan meluncur di atas ketinggian.

Ada juga game gratis yang tak kalah menarik yaitu Playground. Seperti yang sudah disebutkan, ada permainan sederhana berupa jembatan gantung, perosotan dan jungkat-jungkit. Anak-anak pasti akan menikmati aktivitas yang sehat dan merangsang otak ini.

2. Mencoba wahana interaktif Taman Kita Oreo

Khusus untuk anak-anak bisa menjajal keseruan di Taman Kita Oreo. Bahkan, wahana ini dibuat tidak hanya di Taman Wisata Kaliurang, tetapi juga di tempat lain. Tujuan utamanya adalah agar anak dapat berinteraksi dengan lebih baik. Seperti namanya, penggagas taman ini adalah salah satu brand makanan ternama yang pasti Anda kenal.

3. Cari makanan khas Jogja

Aktivitas menarik di Taman Wisata KaliurangKredit foto: Google Maps Imam Prasetyo

Belum lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner khas Jogja saat berkunjung ke tempat wisata. Meski diperbolehkan membawa makanan sendiri, godaan makanan enak di sekitar lokasi pasti tak tertahankan. Sebut saja nasi gudeg yang juga menjadi salah satu ikon kota jogja. Belum lagi Bakpia yang sayang untuk dilewatkan.

Jika beruntung, Anda juga bisa menikmati makanan khas Jogja berupa tempe dan telur bacem. Selain makanan, minuman penghangat spesial seperti jahe dan kopi juga tersedia di Taman Rekreasi Kaliurang. Karena harganya masih terjangkau, tidak terlalu mahal dibandingkan dengan tempat wisata lainnya.

4. Foto selfie dengan pemandangan alam

Kegiatan yang menarik dan wajib dilakukan adalah berswafoto. Tidak ada tempat khusus untuk ini, tetapi ada banyak tempat liar dengan latar belakang magis. Salah satu yang paling indah dan indah adalah mengambil Gunung Merapi sebagai latar belakang. Jangan lupa untuk mengabadikan momen saat mencoba wahana menegangkan di tempat wisata ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman Wisata KaliurangSumber Gambar: Google Maps Apris Kiswandi

Untuk memenuhi kebutuhan pengunjung, Balai Taman Wisata Kaliurang menyediakan berbagai fasilitas yang memadai. Fasilitas penting sekaligus parameter layak tidaknya suatu objek wisata untuk dikunjungi adalah tempat parkir dan toilet. Ada juga mushola yang bisa digunakan untuk beribadah kapan saja saat waktunya tiba.

Fasilitas lain yang bisa dinikmati adalah warung makan dengan banyak menu yang ditawarkan. Tersedia juga bangku-bangku di tempat wisata yang bisa digunakan untuk bersantai atau sekedar bersantai setelah aktivitas seru yang Anda lakukan.

Sangat menarik untuk membahas Taman Wisata Kaliurang dengan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan. Atraksi di atas hanya sebagian saja, masih ada beberapa yang lain. Akan lebih baik jika Anda mengetahuinya secara langsung dengan mengunjungi tempat wisata yang semakin populer ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button