Tempat Wisata

Tampak Siring Bali – Harga Tiket Masuk dan Spot Foto Saat Ini 2023

Tampak Siring Bali – Harga Tiket Masuk dan Spot Foto Saat Ini 2023

Jika anda masih berada di Pulau Dewata, jangan lupa untuk mengunjungi objek wisata Tampak Siring. Sebuah kecamatan yang termasuk dalam Kabupaten Gianyar.

Di sini kita disuguhi berbagai keindahan yang tidak pernah Anda bayangkan. Tempat ini tidak hanya tentang wisata alam dan religi saja, namun juga wisata sejarah.

Kawasan ini terdiri dari 8 desa, salah satunya terdapat istana presiden dan pura dengan mitos dan cerita menarik untuk didengar dan dikunjungi.

Kedua objek wisata ini seolah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara yang ingin berkunjung ke Tampaksiring.

Biaya masuk

Biaya masuknya terlihat menggiurkanFoto:

Untuk menikmati berbagai jenis keindahan yang ditawarkan di kecamatan Tampak Siring. Harga tiket masuk Tampaksiring tidak dipungut biaya.

Jika Anda ingin mengunjungi Pura Tirta Empu, Anda hanya dikenakan biaya sebesar 30.000 rupiah untuk dewasa dan 25.000 rupiah untuk anak-anak.

Selain itu, Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk penggunaan mobil. Dan 2.000 rupiah bagi anda yang membawa kendaraan bermotor.

Syarat dan ketentuan tiket masuk Tampak Siring dapat berubah sewaktu-waktu sehubungan dengan harga.

Harganya cukup murah bukan? Pada jam operasional buka jam 8 pagi dan tutup kembali jam 5 sore.

Kunjungi juga Pura Taman Ayu Bali.

Alamat lokasi dan rute

Alamatnya terlihat menggodaFoto:

Alamat bapak terlihat di kabupaten Gianyar. Jika anda ingin menuju Pura Tirta Empul, objek wisata ini terletak di Jl. Tirta Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali, 80552.

Jika anda datang dari Terminal Mengwi jaraknya sekitar 33 km. Jika berangkat dari Bandara Ngurah Rai jaraknya kurang lebih 55 km.

Jika Anda berangkat dari Bandara Ngurah Rai, Anda dapat mengarahkan kendaraan menuju Jalan melalui Bypass Ngurah Rai dan Jl. Mantra Prof DR Ida Bagu ke Jalan Pantai Purnama di Sukawati sejauh 26,3 km.

Kemudian arahkan kendaraan menuju Jalan Pantai Saba hingga Jalan Wisma Gajah Mada di Blahbatuh.

Selanjutnya masuk ke Jalan Udayana, Jalan Raya Dr. Ir Sukarno sampai tiba di Jl. Masuk ke Raya Tampaksiring dan Jalan Tirta. Setelah itu tidak lama kemudian Anda akan sampai di objek wisata Pura Tirta Empul.

Jika Anda berangkat dari Terminal Mengwi, Anda bisa mengarahkan kendaraan menuju Jalan Raya Denpasar – Gilimanuk. Ikuti jalan ini sekitar 450 meter menuju Jalan Gulingan. Kemudian belok kiri sejauh 2,4 km.

Kemudian terus ke Jalan Br. Tengah Gulingan hingga Jalan Raya Puspa Resti. Jalan Raya Mambai, Jalan Ambarwati No.1 hingga tiba di Jl. DR. Berkendara melewati Ir Soekarno hingga tiba di lokasi Istana Kepresidenan.



Datang juga ke –> Sangeh Monkey Forest Bali.

Daya pikat penampilan siring Bali

Berikut beberapa tempat wisata yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke sini:

1. Pura Tirta Empul

    Turnya tampak hebatFoto:

Baiklah saatnya kita explore Wisata Wisata Siring. Mari kita mulai dengan Pura Tirta Empul yang terkenal. Dimana banyak wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara yang tidak pernah absen mengunjungi tempat ini.

Selain itu candi ini memiliki desain yang cukup unik dan menyatu dengan bangunan yang cukup tua. Dibangun pada tahun 962 M pada masa pemerintahan dinasti Warmadewa.

Pura Tirta Empul terbagi menjadi tiga bagian yaitu Jaba Pura, Jaba Tengah dan bagian terakhir adalah jeroan. Di sini kita juga bisa menikmati sumber mata air yang digunakan masyarakat Hindu untuk mandi dan sembahyang tirta suci.

Anda akan menikmati kawasan di tengah Jaba yang terdapat sekitar 33 pancuran. Menariknya, pancuran ini juga biasa digunakan untuk upacara Melukat.

Nama pancuran yang terletak di sini juga berbeda-beda. Terdapat 14 pancuran yang disebut pancuran tirta penyucian. Lalu ada dua lagi yang disebut tirta kutukan dan sumpah. Kemudian 6 tirta penyakit berat dan tirtha upakara. Setiap nama mempunyai fungsinya masing-masing.

Bagi anda yang penasaran dengan upacara Melukat. Anda bisa mengikutinya dengan mengikuti aturan yang telah ditetapkan, yaitu saputangan kamen yang diikatkan di pinggang. Kamen ini memang menjadi sarana wajib dalam melaksanakan upacara sembahyang di pura.

Menariknya upacara Melukat ini dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang anda derita seperti sakit gigi, reumatik, asam urat dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin meminang Eziki dan pasangan, Anda akan mendapatkan kemudahan untuk menikah dan meningkatkan taraf hidup setelah sholat di sini. Sudah banyak wisatawan yang melakukannya dan terbukti efektif. Seperti, apakah Anda ingin mencobanya?

Lihat juga -> Pura Besakih Bali.

2. Istana Kepresidenan

    Turnya tampak hebatFoto:

Tempat wisata Tampak Siring tidak hanya memiliki pura saja. Namun di sini juga terdapat istana presiden. Inilah Istana Kepresidenan yang dibangun pada masa Presiden Sukarno.

Fungsi istana ini adalah sebagai tempat peristirahatan bagi mereka yang berkunjung ke Pulau Bali.

Istana ini dibangun antara tahun 1957 dan 1960. Menariknya, pembangunan objek wisata ini dilakukan secara bertahap.

Arsitek yang merancang istana sendiri dipercayakan kepada RM. Soedarsono. Pada tahun 1957 pembangunan istana dimulai dengan Rumah Merdeka dan Rumah Yudistira.

Kemudian pada tahun 2003 istana ini dibangun kembali untuk keperluan KTT ASEAN XIV. Fasilitas tersebut terdiri dari fasilitas penerimaan tamu kenegaraan dan fasilitas konferensi.

Selain itu, Balai Wantilan juga telah direnovasi. Tempat ini digunakan untuk pertunjukan kesenian untuk menjamu para tamu kenegaraan.

Ulasan Sebelumnya -> Garuda Wisnu Kencana Bali.

3. Penginapan di sekitar Tampaksiring

Tempat wisatanya terlihat menggiurkanFoto:

Tampaksiring begitu indah sehingga Anda tidak ingin segera meninggalkannya. Oleh karena itu, Anda perlu mencari akomodasi. Salah satu rekomendasinya adalah Rumah Tangkas. Terletak di Banjar Maniktawang, Desa Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. 80661. Jarak menuju Pura Tirta sekitar 4 menit.

Tempatnya cukup bersih dengan arsitektur Bali yang kental. Selain itu, Anda juga bisa menikmati menu sarapan yang lezat. Pelayanan super ramah dan sangat bersih. Harga yang ditawarkan per malam per kamar adalah 330.000 rupiah.

Rekomendasi selanjutnya adalah Remy Homestay. Penginapan ini sangat cocok bagi anda yang membawa keluarga besar. Di homestay ini tersedia fasilitas keluarga dengan kapasitas sekitar 5 hingga 10 orang.

Hanya 13 menit berjalan kaki menuju Pura Tirta. Jaraknya cukup dekat sehingga memudahkan berolahraga dan menghemat bahan bakar. Hotelnya sangat bersih, nyaman, aman dan pelayanannya sangat ramah dan bersahaja. Dimana tarif per malam per kamar ditawarkan mulai dari 300.000 rupiah saja.

Kunjungi juga -> 25 Tempat Wisata Di Bali Paling Direkomendasikan.

Tampaksiring adalah kawasan yang sayang untuk dilewatkan. Karena tempat ini mempunyai pesona wisata yang tidak akan pernah anda lupakan. Banyak wisatawan yang datang dan mengunjungi tempat ini. Lalu kapan Anda berwisata ke objek wisata ini? Ingat, Tampaksiring selalu menunggu kedatangan Anda.

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button