Tak Berkategori

Tanah di atas awan Harga tiket Dieng dan pesonanya

Mendarat di atas awan

  • Biaya masuk: Rp.15.000
  • Jam buka: 6 pagi – 6 sore
  • Nomor telepon:
  • Alamat lokasi : Jl. Dieng No.31-42, Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia, 53456

Negeri di atas awan Dieng merupakan sebuah kompleks wisata di Dataran Tinggi Dieng. Lokasinya berada di antara dua kabupaten di Jawa Tengah, yakni Wonosobo dan Banjarnegara. Untuk kawasan sisi barat di Kabupaten Banjarnegara, kompleks wisata ini mempunyai pesona alam yang luar biasa. Keagungan Gunung Sindoro dan Sumbing berpadu dengan kawasan perbukitan di sekitarnya sehingga memanjakan mata. Selain keindahan alamnya, wisatawan di kawasan ini juga bisa melihat bangunan bersejarah yaitu Candi Arjuna.

Mengunjungi negeri di atas awan juga memberikan kesempatan kepada wisatawan untuk menyaksikan indahnya panorama Golden Sunrise. Pemandangan alam pedesaan serta udaranya yang sejuk dan bersih membuat semua orang betah berlama-lama berada di tempat ini. Terdapat pula akomodasi menarik berkonsep pedesaan di kaki pegunungan. Tak heran jika negeri di atas awan kerap menjadi pilihan bulan madu.

Tiket Masuk Tanah Di Atas Awan Dieng Banjarnegara

Mengunjungi negeri di atas awan, Dieng. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000.

Baca: Tiket Masuk BUKIT SIKUNIR Dieng dan Aktivitas

Jam Buka Tanah Di Atas Awan Dieng

Tempat ini buka setiap hari mulai jam 6 pagi hingga 6 sore. Waktu terbaik untuk mengunjungi kompleks wisata ini adalah pagi hari. Di pagi hari pemandangan akan semakin indah dan udara akan begitu sejuk.

Kawasan dataran tinggi dengan segudang pesona

Keindahan Dataran Tinggi Negri di atas awan DiengKeindahan Dataran Tinggi Negri di atas awan DiengPesona dataran di atas awan. Foto: Gmaps/Rubiarti Ligita

Tempat wisata ini sudah lama menjadi tempat populer di Jawa Tengah. Keindahannya yang luar biasa menarik wisatawan dari berbagai daerah, termasuk luar negeri. Kawasan ini berada pada ketinggian 2093 MDPL dan didominasi oleh pegunungan dan perbukitan. Pemandangan hijau menyegarkan terbentang sejauh mata memandang. Pada waktu-waktu tertentu fenomena embun upas juga terjadi di kawasan ini. Embun yang menutupi tanah membuatnya tampak seperti salju.

Baca: Tiket Masuk dan Pesona WARNA WARNA Dieng

Segarnya suasana di Telaga Merdada

Danau di perbukitan Negri di atas awan DiengDanau di perbukitan Negri di atas awan DiengPesona danaunya dikelilingi perbukitan hijau. Foto: Gmaps/Ahmad Sudibyo

Dengan luas minimal 25 hektar, danau ini mempunyai keunikan tersendiri. Air yang tersedia dikumpulkan dari air hujan. Jadi, untuk menikmati keindahan kawasan ini, wisatawan harus datang saat musim hujan. Sebab saat kering, cekungan danau mengering dan tidak terisi air.

Pemandangan di sekitar danau juga memanjakan mata. Deretan perbukitan dengan tanaman lokal di kedua sisinya menambah eksotisme tempat ini. Dua bukit yang paling terkenal di kawasan ini adalah Bukit Pangonan dan Bukit Semurup. Di sini wisatawan bisa bersantai sekaligus menikmati keindahan Telaga Merdada yang luar biasa.

Baca: MENJER TELAGA Dieng: Tiket Masuk dan Pesonanya

Kunjungi Candi Arjuna

Di kompleks wisata Negeri Di Atas Awan Dieng terdapat bangunan bersejarah yaitu Candi Arjuna. Diperkirakan candi ini didirikan pada abad ke-9 Masehi dan merupakan peninggalan Kerajaan Mataram kuno. Terletak di kawasan perbukitan, Candi Arjuna memiliki lima bangunan candi. Ini adalah salah satu tempat paling populer di kawasan Dieng. Pesona arsitektur candi berpadu dengan pemandangan alam yang mempesona menjadi suguhan mewah yang pastinya sayang untuk dilewatkan.

Hal menarik lainnya adalah upacara pemotongan rambut gimbal anak-anak Dieng. Keunikan budaya inilah yang menjadikan Dieng semakin digemari wisatawan dari mancanegara.

Baca: Tiket Masuk CANDI ARJUNA dan Berbagai Pesonanya

Melihat Kawah Sikidang dari dekat

Kawah tersebut masih memuntahkan material vulkanikKawah tersebut masih memuntahkan material vulkanikDi Kawah Sikidang, wisatawan bisa melihat dari dekat lubang kawah yang mengeluarkan asap vulkanik. Foto: Gmaps/Ana Era Putri Lutfiana

Kawah Sikidang merupakan salah satu kawah yang masih aktif dan mengeluarkan gas dengan aroma belerang yang menyengat. Di sini wisatawan bisa melihat kawasan kawah dari dekat. Ada beberapa kawah di sini. Namun daya tarik utamanya adalah kawah terbesarnya. Wisatawan harus berjalan kaki sekitar 1 km dari pintu masuk untuk melihat kawah.

Biasanya banyak wisatawan yang menguji panasnya lubang kawah dengan mencoba memasukkan telur mentah ke dalam lubang tersebut. Hanya perlu beberapa menit dan telur langsung matang.

Baca: Tiket Masuk dan Pesona KAWAH SIKIDANG Dieng

Keindahan pemandangan alam dari Tieng Viewpoint

Matahari terbit yang indah di DiengMatahari terbit yang indah di DiengDari Gardu Pandang Tieng wisatawan bisa menikmati momen matahari terbit yang sangat eksotis. Foto: Gmaps/Bagas Septian

Tempat menarik lainnya di Negeri Di Atas Awan, Dieng, adalah sudut pandang di mana Anda bisa mengagumi pemandangan sekitarnya. Tempat ini merupakan salah satu tempat terpopuler untuk menyaksikan matahari terbit. Dari atas gardu pandang tersebut, wisatawan dapat menikmati berbagai pemandangan indah.

Di sebelah timur, pemandangan perbukitan dengan kabut pagi sungguh memanjakan mata. sedangkan di sebelah selatan keagungan Gunung Sindoro akan terlihat jelas. Di pagi hari, wisatawan bisa merasakan berada lebih tinggi dari awan. Oleh karena itu kawasan ini disebut juga “negeri di atas awan”.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Tieng Viewpoint

Fasilitas di negeri di atas awan Dieng

Sebagai objek wisata utama, kawasan Negeri Di Atas Awan Dieng memiliki fasilitas yang lengkap. Di setiap kawasan wisata terdapat tempat parkir, toilet, musala, pendopo, dan warung makan. Aksesibilitas semua spot juga sangat baik.

Lokasi negara di atas awan Dieng

Objek wisata ini terletak di Jl. Dieng No.31-42, Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Kab.Banjarnegara, Jawa Tengah. Jarak dari pusat kota Banjarnegara cukup jauh, sekitar 48 km, dan perjalanan bisa memakan waktu satu setengah jam. Sebab, letaknya di perbatasan Banjarnegara dan Wonosobo.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button