Berita Wisata

Tanggul Pantai NCICD Menjadi Ruang Ketiga Cilincing Jakarta

Jakarta, IDN Times – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang merencanakan pembangunan balai ketiga, di kawasan tanggul pantai atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) di desa Kalibaru, Cilincing, Utara Jakarta.

Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, potongan ketiga yang dikonsepkan menyusul selesainya pembangunan tanggul pantai sepanjang 3,2 kilometer di kawasan Desa Kalibaru. Menurut tata letak (layout) Rencana pembangunan hall ketiga, terdapat sejumlah fasilitas umum, antara lain taman, lapangan futsal, lapangan voli, taman bermain anak, hingga destinasi wisata.

“Kami sedang melakukan peninjauan sebagai bagian dari tindak lanjut penyelesaian pembangunan tanggul pantai. Tahap selanjutnya, kami akan mengembangkan kawasan tersebut, yang tentunya merupakan fasilitas publik untuk dinikmati masyarakat,” Ali ujar dalam siaran tertulis, Rabu (01/04/2022).

1. Area tanggul pantai bukan untuk penggunaan pribadi

Tanggul Pantai NCICD Menjadi Venue Ketiga di Cilincing, Jakarta UtaraWakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meninjau pekerjaan tanggul pasang surut atau tanggul pantai National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) di Caping Beam Tanggul Muara BKB, Jakarta Utara dan Pengerukan Lumpur di Waduk Pluit, Jakarta Utara, Minggu (26/12). /2021) (Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Ali mengimbau masyarakat setempat untuk tidak menggunakan area tanggul pantai untuk kepentingan pribadi. Untuk itu, Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD) Provinsi DKI Jakarta akan segera memasang pagar dan rambu tanah tinggi di sekitar tanggul pantai, agar masyarakat tidak menggunakannya untuk kepentingan pribadi. .

“Kami mohon pengertian dari seluruh warga yang ada agar mereka paham bahwa lokasi ini akan kami manfaatkan untuk kepentingan bersama. Setelah peninjauan ini, kami akan mengadakan rapat teknis terkait tata letak desain dan kemudian mulai menanam pohon dan membatasinya. lokasi,” jelasnya.

2. Pembangunan NCICD bukan hanya untuk mengendalikan kenaikan muka air laut

Lanjutkan membaca artikel di bawah ini

Pilihan Editor

Tanggul Pantai NCICD Menjadi Venue Ketiga di Cilincing, Jakarta UtaraWakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meninjau tanggul pantai National Capital Integrated Coastal Development (NCICD), Caping Beam Tanggul Muara BKB, Jakarta Utara dan pengerukan lumpur di Waduk Pluit, Jakarta Utara, Minggu (26/12/2021) (Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Sementara itu, Kepala Satker NCICD Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Ferdinanto menjelaskan prinsip pembangunan NCICD tidak hanya mengendalikan kenaikan muka air laut dan banjir, tetapi juga meningkatkan keadaan lingkungan. dengan hadirnya konsep ruang yang ketiga.

NCICD di kawasan Kalibaru dipastikan memiliki panjang sekitar 3,2 kilometer dari Alun-alun Kalibaru hingga kolam penampungan krematorium.

“Prinsip NCICD tidak hanya mengendalikan banjir tapi juga memperbaiki kondisi lingkungan, sehingga akan dibangun sejumlah fasilitas untuk masyarakat,” ujarnya.

3. Estimasi anggaran NCID DKI sebesar Rp 1.385.000.000.000.000

Tanggul Pantai NCICD Menjadi Venue Ketiga di Cilincing, Jakarta Utaradutchwatersector.com

Pembangunan tanggul tersebut diketahui memakan biaya yang tidak sedikit, dikutip dari data Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta per 21 Desember 2022 pada Selasa (3/1/2023), Pemprov DKI Jakarta mengemban tugas bangunan sepanjang 11.112 kilometer (km).

Pembangunan tanggul meliputi wilayah Muara Angke (3.471 km), Pantai Mutiara (1.058 km), Sunda Kelapa (2.070 km) dan Kali Blencong (1.708 km).

Perkiraan anggaran NCID untuk DKI adalah Rp 1,385 miliar.
Yaitu tanggul Muara Angke Rp 671 miliar, Pantai Mutiara Rp 171 miliar, Sunda Kelapa Rp 472 miliar, dan Kali Blencong Rp 71 miliar.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button