Berita Wisata

Tanjung Binerean, Ruang Harmoni antara Petani dan Satwa Liar

GORONTALO, KOMPAS.com – Sisa-sisa cangkang telur penyu masih terlihat berserakan di atas pasir di Pantai Tanjung Binerean, Desa Mataindo, Kecamatan Pinolosian Tengah, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolsel) Selatan, Sulawesi Utara.

Selain cangkang telur penyu tersebut, di pantai yang sama juga terdapat sisa lubang kelahiran maleo senkawor (Macrocephalon maleo). Dua tempat penetasan hewan ini dilindungi tempat penetasan Dengan pondasi beton, tiang kayu dengan dinding kawat dan jaring, kandang ini digunakan untuk melindungi anakan dan anakan Maleo yang baru lahir.

“Saat ini Maleo bukan musim bertelur. Apalagi cuaca sedang hujan deras dan laut berombak tinggi,” ujar Hanapi, warga Desa Mataindo.

Baca Juga: Baru Ditandatangani Menteri LHK, Status Burung Maleo Senkawor di Surat Perintah Pelaksana LHK Berbeda dengan Status Saat Ini

Pria bertubuh kekar ini sudah bertahun-tahun menjaga pantai Tanjung Binerean, menjaga dan memastikan burung maleo bertelur setiap pagi tanpa diganggu manusia dan predator. Setelah pasangan maleo bertelur di tanah, Hanapi kemudian menggalinya dan memindahkannya ke tempat penetasan.

Tak hanya maleo yang mempercayakan pantai ini untuk mengerami telurnya, sejumlah penyu juga bertelur di tempat yang sama.

Penyu yang bertelur di sini adalah penyu hijau (Chelonia mydas), penyu zaitun (Lepidochelys olivacea), dan penyu belimbing (Dermochelys coriacea).

“Kami mendata penyu sisik dewasa (Eretmochelys imbricata) di pantai Binarian, namun tidak bertelur,” kata Alfons Patandung, staf program IP-Sulawesi Wildlife Conservation Society (WCS), yang ikut dalam penelitian di Tanjung. Wilayah biner sejak awal.

Tanjung Binerean merupakan koridor satwa yang dikelola menjadi rumah bagi berbagai jenis satwa liar.

Koridor Tanjung Binerean terletak di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, membentang dari pantai hingga batas Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) di pedalaman.

Baca Juga: KLHK Keluarkan Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Maleo Senkawor

Kawasan ini unik, di pinggir pantai merupakan tempat bertelur penyu dan burung maleo senkawor, tak jauh dari kawasan bertelur ini terdapat rawa yang ditumbuhi pohon nipah (Nypa fruticans).

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button