Tempat Wisata

Tebing Keraton: Sejarah, Atraksi, Harga Tiket dan Fasilitas

Berada di ketinggian 1200 mdpl, Tebing Keraton menawarkan keindahan alam yang mempesona. Keindahan alamnya terdiri dari perbukitan dan hutan pinus yang juga menciptakan suasana asri.

Keberadaan tempat wisata ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang menyukai aktivitas di alam. Tak hanya keindahan alamnya, banyak juga aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini. Mulai dari aktivitas yang memacu adrenalin hingga aktivitas relaksasi.

Sejarah Tebing Keraton

Tebing di Kota Bandung ini dinamai Keraton oleh seorang pria yang juga menemukannya dan sering disebut Pak Asep. Namun dulu disebut Tebing Jontor karena memiliki bentuk yang cenderung menonjol ke depan.

Pada tahun 2014, Pak Asep selaku penemu langsung menggantinya dengan nama Tebing Karaton atau Keraton. Tebing itu sendiri dikenal dengan nama Gawir dalam bahasa Sunda, artinya tempat yang tinggi di pinggir tebing.

Sedangkan Karaton atau Keraton memiliki arti kemewahan dan kemegahan. Dari sini dapat disimpulkan bahwa wisata ini berupa tebing di ketinggian yang memiliki pesona yang begitu megah.

Sejak awal berdirinya, destinasi wisata ini memiliki banyak kekurangan dan masih sedikit terjamah. Kelemahannya adalah fasilitas yang tidak lengkap seperti tempat sampah, toilet, dll.

Mungkin hanya ada beberapa warung dan tempat parkir yang tidak begitu luas. Namun kini sudah berkembang pesat dan memiliki fasilitas yang memadai. Bahkan, sudah ada pagar yang menjadi pembatas antar tebing demi keamanan pengunjung.

Atraksi Unggulan

Pesona alam objek wisata ini sulit ditemukan di tempat wisata alam lainnya. Lalu apa saja atraksi yang membuatnya begitu istimewa? Di bawah ini adalah beberapa atraksi yang dapat dinikmati semua pengunjung.

1. Pemandangan berkabut yang fantastis

Di pagi hari kabut yang cukup tebal dan dingin akan menutupi tempat di sekitar tebing. Kabut tebal membuat wisatawan merasa berada di atas awan.

Pemandangan seperti ini bisa dijadikan foto menarik yang dipentaskan dan karenanya perlu diabadikan. Suasana yang ditawarkan di sini tentunya akan semakin romantis jika Anda datang ke sini bersama pasangan.

2. Matahari terbit dan terbenam

Selain kabut tebal, Anda bisa melihat matahari terbit di belakang Guntur dengan jelas. Namun, jika ingin melihat matahari terbit yang indah ini, sebaiknya datanglah sebelum pukul 05.30 WIB.

Begitu juga saat sore hari Anda akan disuguhi pemandangan sunset yang tak kalah menarik. Perpaduan warna merah-oranye dengan background hutan akan terlihat sangat menakjubkan. Wisata ini layak dinobatkan sebagai destinasi wisata terindah di Bandung.

3. Perbukitan berpohon dan hutan pinus

Hamparan perbukitan dan hutan pinus justru menjadi daya tarik utama Tebing Keraton. Tentunya juga bisa dijadikan spot foto dengan background yang spektakuler.

Dari atas tebing, pepohonan di bawahnya tampak seperti permadani hijau yang terhampar. Pesona keindahannya sudah tidak diragukan lagi dan sangat instagrammable. Dengan banyaknya foto tebing ini di media sosial, tak heran jika sering disebut sebagai tebing Instagram.

4. Jalur pendakian di sekitar pepohonan hijau

Jalur pendakian yang dikelilingi pepohonan hijau juga menjadi daya tarik yang tidak boleh dilewatkan. Dalam perjalanan menuju tebing akan terasa sangat sejuk dan menyegarkan.

Selain itu, rutenya tidak terlalu curam sehingga sangat mudah untuk dilalui. Suasana seperti itu lebih cocok sebagai jalur hiking atau bersepeda. Agar tidak merasa lelah, Anda bisa melakukan pendakian dengan berjalan kaki mulai dari stand Bandrek kemudian naik.

5. Luas bumi perkemahan seukuran lapangan sepak bola

Wisatawan yang belum puas menikmati keindahan alam tebing ini bisa menginap disini. Wisata cantik ini telah menyiapkan area khusus untuk camping yang memiliki luas menyerupai lapangan sepak bola.

Kawasan ini tentunya dapat memberikan rasa aman bagi wisatawan karena tidak lagi harus tinggal di rumah penduduk setempat. Wisatawan dapat mendirikan tenda untuk sehari atau sesuai keinginan.

Anda hanya perlu membawa semua peralatan yang Anda butuhkan selama Anda tinggal dari rumah. Namun jika ingin menyewa, Anda bisa membayar biaya sekitar Rp 140.000. Biaya ini sudah termasuk tenda, makan pagi, penerangan, retribusi dan lain-lain.

Alamat, lokasi dan rute

Alamat lengkap objek wisata ini berada di Taman Hutan Raya Juanda, Desa Ciburial, Dago, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Lebih tepatnya berada di Kampung Ciharegem Puncak, sangat dekat dengan perbukitan Dago.

Aksesnya mudah diakses dari pusat kota Bandung dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Anda bisa menuju ke utara melalui Jalan IR H Juanda untuk sampai ke Terminal Dago.

Perjalanan bisa dilanjutkan ke Dago Pakar atau Ciburial kemudian mencari akses ke IR H Juanda atau Tahura Forest Park. Tujuan sangat dekat dan Anda dapat mengikuti petunjuk.

Jika Anda sudah menemukan Warung Bandrek, berarti Anda sudah hampir sampai. Anda dapat membayar biaya parkir dan memulai pendakian ringan atau bersepeda sekitar 10 menit.

Jam buka tur

Sejauh mata memandang, Tebing Keraton menawarkan keindahan alam yang mempesona yang jarang ditemui di tempat wisata lainnya. Bentang alamnya sangat beragam dan mencakup hutan pinus yang lebat, pegunungan, perbukitan, dan banyak lagi.

Tentunya Anda bisa melihatnya dengan jelas jika Anda datang dalam cuaca cerah dan tidak mendung. Selain itu, wisata menakjubkan ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 05:00 hingga 18:00 WIB.

Menyaksikan keindahan matahari terbit sangat disarankan agar Anda bisa mampir pada pukul 05.000 WIB. Bahkan, banyak wisatawan yang datang ke sini untuk melihat matahari terbit yang menyuguhkan pemandangan menakjubkan.

Harga tiket masuk saat ini 2023

Jika ingin menikmati keindahan tebing wisata ini, Anda perlu membayar tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket untuk wisatawan lokal jauh lebih murah dibandingkan dengan wisatawan mancanegara. Untuk informasi harga tiket selengkapnya, lihat tabel di bawah ini:

Biaya taman dan tiket masuk

Wisatawan Lokal

Wisatawan Asing

Kendaraan roda dua (sepeda, sepeda motor)

5.000 Rp

Konfirmasikan dengan petugas taman

Kendaraan roda empat (mobil, bus)

10.000 Rp

Konfirmasikan dengan petugas taman

Biaya masuk untuk tur

11.000 Rp

76.000 Rp

fasilitas bagi wisatawan

Tebing Keraton merupakan wisata yang sering dikunjungi wisatawan saat berkunjung ke Bandung, dan sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas yang disediakan oleh Manajemen adalah sebagai berikut:

  • Area parkir yang luas untuk kendaraan pengunjung
  • Pusat informasi atau sumber wisata
  • Kamar mandi dalam kondisi bersih sehingga nyaman digunakan
  • Tempat beribadah
  • Beberapa spot foto terpopuler dan kekinian
  • Kios atau stan wisata yang menawarkan berbagai macam makanan
  • Kursi digunakan sebagai tempat bersantai
  • Area khusus untuk berkemah.

Keindahan alam Tebing Keraton perlu masuk dalam daftar liburan Anda berikutnya. Berkunjung ke tempat wisata alam ini pastinya tidak akan membuat anda kecewa dan menambah nilai lebih untuk kegiatan liburan anda.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button