Tempat Wisata

Telaga Gedang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Keindahan dan keunikan telaga ini terletak pada kedekatannya dengan pantai. Banyak pengunjung yang datang untuk mengabadikan momen indah dan membuat spot foto baru. Keindahan dan keunikan danau yang berdekatan dengan pantai ini dapat dijadikan sebagai objek wisata dengan potensi alam yang sangat tinggi. Bayangkan sebuah danau yang berbatasan langsung dengan laut, seperti muara yang sangat luas, namun masih dipisahkan oleh hamparan pasir sepanjang sekitar 30 meter. Tampilan yang sangat unik dan menarik memadukan danau dan laut dalam satu gambar. Pengunjung juga bisa berenang di lokasi ini namun harus berhati-hati. Nikmati keindahan alam dengan duduk-duduk dan bersantai. Dapat menghilangkan sementara rasa lelah akibat pekerjaan sehari-hari.

Pengunjung yang berkunjung ke tempat ini biasanya menantikan momen terindah yaitu matahari terbenam. Dimana langit mulai memancarkan warna jingga kemerahan, menambah keindahannya yang tiada duanya. Bagaikan lukisan tangan Tuhan yang begitu sempurna. Di sekitar kawasan ini pengunjung juga dapat melakukan kegiatan berkemah karena juga terdapat area untuk berkemah.

Namun sangat disayangkan tempat wisata unik ini belum memiliki fasilitas yang memadai. Pengelolaan kawasan wisata ini belum optimal. Faktanya, tidak ada tempat duduk, gubuk atau shelter permanen di kawasan ini. Pengunjung yang datang ke tempat ini hanya bisa duduk di bangku kayu atau bambu.

Padahal, jika dikelola dengan baik, danau ini bisa dijadikan daya tarik wisata andalan kawasan ini dan tentunya juga menambah pendapatan asli daerah (PAD) setempat. Jika dibangun dermaga di kawasan pinggir danau ini juga akan terlihat semakin indah. Selain itu, warga juga bisa mendapatkan manfaat dengan membudidayakan ikan air tawar.

Baca juga: Air Terjun Kepala Curup, keindahan tersembunyi di Bengkulu

Tradisi unik di Danau Gedang

Selain keindahan yang diperlihatkan oleh telaga ini sendiri, terdapat pula aktivitas atau tradisi unik yang ada di telaga ini. Tradisi ini sering disebut dengan Tradisi Telaga Terbelah atau Tradisi Telaga Pecah dan dilakukan oleh penduduk setempat dengan menggunakan alat-alat tradisional. Tradisi ini biasanya dilakukan ketika permukaan air di danau sedang tinggi. Warga akan membuat tumpukan pasir sebagai pembatas antara air danau dan air laut. Pembatas tersebut sengaja dibuat dengan ukuran sekitar setengah meter hingga satu meter.

Tradisi ini dilakukan agar air di danau tersebut bisa mengalir ke laut atau pantai seberang. Tradisi membelah telaga tidak sesederhana yang dikira, ternyata juga menimpa ratusan warga atau masyarakat sekitar. Tradisi membelah telaga dimulai dari dasar telaga yang lebarnya kurang lebih 20 hingga 25 meter. Setelahnya, warga memantau aliran air tersebut dan ketika danau sudah surut, lubang pasir tersebut ditutup kembali oleh warga. Tradisi ini sengaja dilakukan oleh penduduk setempat yang bertujuan untuk menangkap berbagai jenis ikan, udang, dan kepiting yang hidup di danau ini. Tradisi ini juga dilakukan setiap enam bulan sekali dan pada saat permukaan air danau sedang tinggi. Keunikan tradisi ini sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Meski demikian, warga setempat tetap percaya bahwa kelimpahan ikan di danau ini tidak akan pernah habis.

Lokasi dan akses menuju Telaga Gedang

Telaga Gedang sendiri terletak di Desa Padang Betuah, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu. Mengakses tempat ini juga tidak terlalu sulit. Kawasan wisata ini berjarak sekitar 25 km dari kota Bengkulu. Sesampainya di Desa Padang Betuah (perbatasan Bengkulu Tengah dan Kabupaten Bengkulu Utara), Anda hanya perlu menyusuri jalan sekitar 3 km. Jalan ini juga sudah diaspal untuk memudahkan menuju lokasi.

Jam buka dan tarif masuk Danau Gedang

Di luar jam buka, Telaga Gedang bisa dikunjungi kapan pun karena tidak berlaku aturan khusus. Pengunjung yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini tidak perlu khawatir mengenai biaya atau pembayaran tiket masuk. Karena kawasan wisata ini gratis. Pengunjung hanya membayar biaya parkir. Biaya parkirnya sendiri dihitung berbeda-beda tergantung kendaraannya.

Kiat liburan

  • Cobalah untuk mengunjungi kawasan laut ini saat cuaca cerah

  • Bawalah perbekalan seperti makanan dan minuman karena masih sedikit warung yang menjual makanan dan minuman di tempat ini

  • Jagalah alam dengan tidak merusak fasilitas yang ada dan tidak membuang sampah sembarangan

Galeri foto Telaga Gedang

Selamat datang di Danau Gedang
Potret Telaga Gedang dan pantai seberangnya
Perburuan Foto
Nikmati keindahan danau dan pantai secara bersamaan
Sunset di Danau Gedang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button