Tempat Wisata

Telaga Geunang Geudong: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Telaga Geunang Geudong: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Jika anda berkunjung ke Aceh Barat, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini yaitu Danau Geunang Geudong. Danau ini akan menawarkan keindahan yang luar biasa dan danau ini akan melingkupi tiga desa sekaligus. Secara geografis, telaga ini terletak di Desa Putim, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat. Lokasi ini berjarak kurang lebih 20 kilometer dari pusat kota Meulaboh.

Geunang Geudong dalam bahasa Aceh mempunyai arti: Geunang artinya genangan air dan Geudong artinya besar. Sesuai dengan pentingnya, danau ini tampaknya memiliki cekungan air yang besar. Telaga ini ibarat sebuah cekungan besar yang memunculkan banyak mata air yang berupa genangan-genangan air dan berisi air payau, walaupun letak telaga ini tidak berada di dekat pantai.

Keindahan Danau Geunang Geudong yang mempesona

Tempat ini akan selalu dipenuhi pengunjung yang ingin menghabiskan waktu liburannya bersama anggota keluarga. Pasalnya tempat ini menyuguhkan panorama keindahan yang mampu memukau mata. Letak danau yang dikelilingi pepohonan hijau rindang menciptakan gradasi warna yang sangat indah berpadu dengan jernihnya warna air danau dan birunya langit. Pepohonan rindang di sekelilingnya juga memberikan suasana dan udara sejuk, sehingga pengunjung betah dan berlama-lama berada di tempat ini.

Keindahannya akan terlihat sempurna saat senja ketika indahnya cahaya merah matahari terbenam terlihat. Cahaya keemasan matahari yang terpantul di danau merupakan momen yang sesempurna dan seindah lukisan tangan Tuhan, patut dipuji tiada habisnya.

Luas danau ini diperkirakan sekitar 7 hektar. Keindahan yang hendak dijadikan daya tarik wisata andalan ini dipromosikan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Barat. Tempat ini juga menjadi tempat diadakannya berbagai acara atau perlombaan besar seperti perahu dayung, dan tempat ini juga bisa dijadikan sebagai tempat memancing. Selain itu, menurut warga sekitar, lokasi ini juga pernah digunakan Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) Aceh Barat sebagai tempat latihan tim penyelamat.

Bagi pengunjung yang penasaran dengan keindahan telaga ini dan ingin mengelilingi telaga ini tidak perlu khawatir. Karena di kawasan ini terdapat tukang ojek perahu Candi Mesih. Pengunjung diajak berkeliling danau hanya dengan biaya sekitar Rp 10.000 saja.

Sejarah Danau Geunang Geudong

Tidak ada warga yang mengetahui secara pasti bagaimana danau ini terbentuk. Begitulah menurut warga dan pegawai Dinas Pariwisata Aceh Barat. Menurut mereka, itu hanyalah sebuah kolam kecil. Namun entah kenapa, air di kolam itu semakin hari semakin membesar hingga akhirnya menjadi sebuah danau. Dahulu di sekitar tempat ini terdapat perkebunan karet milik warga. Hingga saat ini, luasnya pepohonan karet masih terlihat dari kejauhan.

Namun ada juga cerita yang beredar tentang bagaimana danau ini tercipta. Konon tiga mahout datang ke kawasan ini dan merasa haus. Untuk menghilangkan dahaga, mereka menggali tanah dengan harapan menemukan air. Dan kemudian muncul mata air dari lubang yang mereka gali. Hingga saat ini, danau ini terkenal dengan keindahan alamnya.

Danau tenang yang dikelilingi lingkungan hijau ini layak untuk dipertimbangkan dan dijadikan objek wisata untuk menghabiskan liburan bersama Anda dan keluarga.

Fasilitas di Danau Geunang Geudong

Tak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah, tempat ini juga memiliki fasilitas lain yang menunjang kenyamanan pengunjung. Fasilitas yang tersedia di lokasi ini masih cukup terbatas. Di titik ini terdapat titik pemberhentian bagi pengunjung. Selain itu, terdapat juga beberapa kafe yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman.

Tak kalah dengan tempat terkenal lainnya, telaga ini juga pernah dijadikan sebagai tempat diadakannya acara-acara seperti:

  • Gempong Aneuk yang berlangsung pada tanggal 9 Agustus 2009. Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia yaitu Meutia Hatta.
  • Ajang Sampan Racing berlangsung pada bulan Februari 2010. Sekitar 60 tim dari berbagai daerah seperti Panton Reu, Woyla, Nagaraya, Aceh Jaya dan masih banyak lagi mengikuti ajang ini.
  • Selain kedua peristiwa tersebut, masih banyak peristiwa lain yang terjadi di kawasan wisata alam ini.

Baca juga: Waduk Keuliling, fenomena waduk eksotik yang tersembunyi

Peta lokasi Danau Geunang Geudong

Jam buka dan tarif masuk Danau Geunang Geudong

Anda yang ingin mengunjungi objek wisata Telaga Geunang Geudong bisa datang pada pukul 08.00 hingga 18.00. Lalu untuk tiket masuk atau harga tiketnya sendiri gratis.

Tips berlibur di Danau Geunang Geudong

  • Persiapkan dengan kondisi fisik prima dan stamina yang cukup
  • Bawalah peralatan yang diperlukan bersama Anda
  • Bawalah bekal makanan dan minuman secukupnya
  • Bawalah kamera untuk menunjang liburan Anda dan mengabadikan momen indah bersama sanak saudara atau orang tercinta
  • Selalu lestarikan alam sekitar dengan tidak merusak fasilitas yang ada dan tidak membuang sampah sembarangan.

Galeri foto Danau Geunang Geudong

Selamat datang di Danau Geunang Geudong
Potret laut
Potret bukit berumput di tepi danau
Bersepeda ke danau
Potret laut yang terbuat dari rumput hijau

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button