Berita Wisata

Telaga Menjer, banyak lokasi wisata baru disekitarnya

Telaga Menjer merupakan tempat wisata lain di sekitar Dieng, Wonosobo yang memiliki luas sekitar 70 hektar dan kedalaman sekitar 40 hingga 60 meter.

Telaga Menjer merupakan telaga alami karena terbentuk akibat letusan gunung berapi. Alam di sekitar danau ini sangat indah, sangat baik digunakan sebagai tempat penyembuhan diri.

Selain menjadi tempat wisata, Danau Menjer juga telah digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sejak tahun 1970-an.

selfie zonaselfie daerah Peta Google. sumber: Satria Abimanyu

lihat juga: bukit seroja

Jika di Kahyangan Skyline dan Bukit Seroja Anda hanya menikmati Danau Menjer dari ketinggian, kini tempat yang tepat untuk mendapatkan pemandangan yang lebih menakjubkan lagi.

Selain itu, masih banyak hal seru yang bisa dilakukan saat berwisata ke Danau Menjer. Tempat wisata Wonosobo ini juga bisa dijadikan sebagai tempat berlibur bersama keluarga tercinta.

Berikut ini adalah gambaran lengkap tentang wisata Telaga Menjer, sebagai referensi wisata di Kabupaten Wonosobo selain dataran tinggi Dieng.

Alamat Danau Menjer

  • Alamat Telaga Menjer berada di Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.
  • Lokasi Danau Menjer berada di kaki Gunung Pakuwaja.

Rute menuju Telaga Menjer dari Alun-alun Wonosobo adalah menuju Jl. Merdeka, dilanjutkan ke Jl. Pangeran Diponegoro hingga tiba di Jl. Dieng. Lalu belok kiri hingga tiba di Jl. Indah Sychar, lanjutkan hingga tiba di kawasan wisata Telaga Menjer.

kehilangan tempat penyembuhanlokasi kehilangan penyembuhan. Peta Google. sumber: Msi Zaky

lihat juga: kaki langit kahyangan

Aksesnya sangat mudah, selain jalan yang bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua atau empat, juga terdapat banyak rambu-rambu yang akan memandu Anda.

Tiket Danau Menjer

Harga tiket masuk Danau Menjer adalah sebagai berikut:

  • Rp.5.000,- per orang
  • Rp 10.000,- per orang untuk wisatawan mancanegara

Tiket masuk tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan.

Jam Buka Telaga Menjer

  • Jam buka Telaga Menjer dari Senin hingga Minggu selama 24 jam berturut-turut

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada pagi hari, agar pemandangan yang disajikan tidak terhalang oleh kabut

melakukan perjalanan perahumengikuti tur perahu. Peta Google. sumber: di Tri Saputro 022

lihat juga: waduk wadaslintang

Pemasangan Telaga Menjer

Fasilitas di sekitar kawasan Telaga Menjer antara lain :

  • Toilet,
  • warung makanan dan minuman,
  • area parkir kendaraan,
  • tempat selfie,
  • sewa perahu,
  • belvedere,
  • taman bermain,
  • ruang sholat

Danau Menjer

1. Indah dan damai

Waahhh,,,, itulah kata pertama yang akan terlontar saat melihat pemandangan di sekitar Danau Menjer. Hamparan danau ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rindang, bahkan di beberapa sisi terlihat semburan air yang turun seperti air terjun. Ada yang besar, ada yang kecil.

Pemandangan di sekitar Danau Menjer sangat menakjubkan, kawasan wisata ini juga cukup luas dengan udara yang segar terutama pada sore hari.

Indah dan damai jika melihat luasnya danau di pos pengamatan, air yang tenang dan jernih seolah memberikan energi positif bagi kita. Gunung yang gagah akan terlihat sangat nyata, namun jika kabut mulai turun, puncak gunung akan tertutupi.

pemandangan kerenpemandangan keren. Peta Google. sumber: Margita Tyas

Lihat juga: Taman Rekreasi Kalianget

Bagi Anda yang mencari tempat untuk menyembuhkan atau menyembuhkan diri dengan alam, Danau Menjer sangat direkomendasikan.

Anda juga bisa menggunakannya sebagai tempat berlibur bersama keluarga, di sekitar Telaga Menjer terdapat fasilitas bermain anak-anak agar tidak bosan.

2. Area swafoto

Area Selfie merupakan area hunting foto yang keren di atas Danau Menjer, di setiap sisinya terdapat spot foto dengan bentuk yang berbeda-beda.

Pengelola Telaga Menjer sangat kreatif dalam menciptakan kawasan Selfie ini, apalagi lokasinya berada tepat di atas danau sehingga terlihat seperti bangunan terapung.

Untuk bisa mengambil foto di area Selfie, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Silakan mengambil foto sebanyak yang Anda inginkan, tentunya dengan hati-hati.

3. Kelilingi Danau Menjer

Jenis wisata lain yang bisa dilakukan saat liburan di Telaga Menjer tentunya adalah wisata danau dengan menyewa perahu. Banyak perahu bersandar di tepi danau, selalu siap membawa Anda.

Harga sewanya juga tidak terlalu mahal yaitu Rp 15.000,- saja per orang. Nikmati keindahan Danau Menjer dari dekat. Setelah berkeliling, singgah di area Selfie.

langit angkasalangit angkasa. Peta Google. sumber: RISTA ERFIA

baca juga: kebun teh tambi

4. Hit dan pemandangan kontemporer terdekat

Disebutkan sebelumnya bahwa di sekitar kawasan wisata ini terdapat beberapa tempat wisata yang menjadi cara lain untuk menikmati keindahan Danau Menjer. Sebut saja Bukit Cinta Lembah Seroja dan Kahyangan Skyline, tempat wisata baru dan hits kekinian.

Bukit Seroja sering dijadikan tempat camping bersama teman dan keluarga, sedangkan Kahyangan Skyline merupakan tempat wisata yang cocok untuk bersantai sambil berfoto.

Lokasi Bukit Cinta Lembah Seroja dari Telaga Menjer hanya berjarak sekitar 1 km, sedangkan dari Kahyangan Skyline berjarak sekitar 3 km dengan waktu tempuh 15 menit dengan mobil.

Penutupan

Telaga Menjer merupakan tempat wisata di Dieng, Wonosobo yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Keindahan alamnya mampu membuat jiwa dan raga Anda kembali terangsang.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button