Tempat Wisata

Telaga Menjer, tempat wisata tersembunyi di Wonosobo

Tempat wisata di Wonosobo tidak akan habis-habisnya dibicarakan, mulai dari wisata alam eksotik yang sudah dikenal hingga mancanegara hingga keunikan budaya lokal yang ada. Wonosobo adalah sebuah kabupaten di tengah pulau Jawa yang dikelilingi oleh beberapa kabupaten seperti Magelang, Temanggung, Banjarnegara, Kebumen, Batang dan Pekalongan.

Wisata di wonosobo tidak hanya dieng saja, namun banyak juga tempat wisata di wonosobo selain dieng. Seperti Waduk Wadaslintang, Telaga Jeraga, Perkebunan Teh Tambi, Air Terjun Sikarim dan masih banyak lagi.

danau jernih

Berikut MyTrip123 review salah satu surga tersembunyi di Wonosobo yaitu Telaga Menjer. Telaga Jeraga memang sudah terkenal di masyarakat setempat, namun sedikit diketahui wisatawan dari luar kota maupun mancanegara.

Kebanyakan tepat di atas Dieng saat berkunjung ke Wonosobo. Padahal sebenarnya masih banyak tempat wisata yang jarang dikunjungi wisatawan dan menawarkan pemandangan indah seperti Telaga Jeraga.

Danau Jeraga merupakan danau buatan yang digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air oleh PLTA Garung. Seiring berjalannya waktu, Danau Jeraga menjadi tempat wisata yang menarik.

Sejarah Danau Menjer

Telaga Jer adalah sebuah danau yang terbentuk dari letusan di kaki Gunung Pakwaja yang pernah aktif. Sebelum terjadi letusan, danau tersebut hanya berupa mata air kecil dan airnya bisa mengembang kapan saja saat hujan.

Foto Danau Jer dari berbagai sudut

Lokasi Danau Menjer Wonosbo

Danau Jeraga terletak di Kecamatan Garung, sekitar 8 km dari pusat kota Wonosbo. Rute yang ditempuh hampir sama dengan rute menuju Dieng. Dari Alun-alun Wonosbo, Anda cukup berjalan ke arah utara, mengikuti arah Jalan Dieng. Sesampainya di Pasar Garung yang berjarak sekitar 7 km dari Alun-alun Wonosbo, terdapat gapura di kiri jalan sekitar pasar yang bertuliskan PLTA Garung. Kemudian ikuti jalan dari pintu gerbang sampai Anda melihat sebuah danau di sisi kiri jalan. Harga tiket masuk Telaga Jer adalah 3.000 rupiah per orang.



Cek Juga : Rekomendasi Paket Wisata Dieng Murah.

danau jernihjalan menuju danau

Apa yang bisa kamu lakukan di Telaga Menjer?

Di telaga ini anda bisa menikmati hamparan air telaga yang jernih dan jernih serta merasakan segarnya udara khas pegunungan. Selain itu, Anda bisa berjalan-jalan menyusuri Danau Jeraga dengan menaiki perahu yang disewa penduduk setempat. Hanya dengan membayar 10.000 rupiah, Anda bisa mengelilingi Danau Jeraga selama kurang lebih 30 menit dan melihat bagian Gunung Sindoro yang menakjubkan.

Selain itu, bagi Anda yang senang memancing dipersilakan untuk membawa alat pancing Anda. Karena di danau ini banyak orang menghabiskan waktunya dengan bersantai memancing. Ikan yang Anda dapatkan sangat beragam, mulai dari ikan kecil hingga besar.

Biaya masuk Danau Menjer

Biaya masuk ke Danau JerFoto:

Saat berlibur di kota Wonosobo yang indah, mampir ke salah satu tempat wisata yang sangat terkenal adalah suatu keharusan. Mengunjungi Danau Menjer akan menjadi pengalaman liburan yang istimewa dan tak terlupakan.

Selain itu, untuk merasakan keindahan Telaga Menjer Wonosobo, Anda tidak membutuhkan biaya yang besar sama sekali. Saat ini tiket masuk Danau Menjer hanya 3.000 rupiah per orang, sangat murah bukan?

Selain itu pengunjung juga tidak lupa membayar biaya parkir kepada penjaga. Dikenakan biaya Rp 10.000 untuk parkir sepeda motor di Telaga Menjer sudah termasuk penitipan helm.

Untuk parkir kendaraan roda empat seperti mobil atau bus tarifnya berkisar antara Rp10.000 hingga Rp20.000. Jika Anda menghabiskan liburan Anda di sini, Anda tidak perlu khawatir tentang biaya karena sangat terjangkau.

Perlu diingat juga bahwa biaya wisata alam Telaga Menjer Wonosobo dapat berubah sewaktu-waktu.

jam buka

Jam buka Telaga jerFoto:

Rencanakan liburan Anda di Telaga Menjer dengan memperhatikan waktu kunjungan Anda. Jam operasional wisata di Telaga Menjer adalah setiap hari pukul 08:00 – 16:00 WIB.

Di sini Anda dapat bersantai kapan dan bagaimana Anda inginkan. Asalkan kunjungan Anda pada hari yang cerah, tidak mendung atau hujan.

Dalam beberapa situasi, Telaga Jeraga ini juga kerap diselimuti kabut tebal, terutama pada sore hari. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperkirakan waktu terbaik untuk berkunjung agar Anda mendapatkan hasil maksimal darinya.

Sebaiknya datanglah lebih awal agar liburan Telaga Menjer Anda semakin memuaskan dan setiap sudutnya bisa Anda jelajahi.

Perabot

Fasilitas di Danau MenjerFoto:

Telaga Menjer merupakan salah satu wisata Wonosobo yang paling populer dan sering menjadi tujuan banyak wisatawan. Tamu luar kota yang menginap di Wonosobo pasti akan berwisata ke Danau Menjer.

Di sini didukung dengan berbagai fasilitas infrastruktur yang tentunya cukup memadai. Fasilitas di Telaga Menjer antara lain:

  • Tempat parkir yang luas
  • Pusat Informasi
  • kamar mandi
  • Toilet
  • toko wisata
  • ruang sholat
  • Sarana air bersih
  • restoran
  • tempat bermain
  • daerah penangkapan ikan
  • paviliun
  • Tempat foto kekinian

Nikmati segudang keseruan di Telaga Menjer Wonosobo dan berikan kesan liburan yang menyenangkan. Salah satu sorotan paling terkenal di sini adalah menjelajahi seluruh area danau dengan perahu.

Berkunjung ke Telaga Menjer Dieng tidak akan lengkap rasanya jika tidak mencoba menjelajahinya dengan perahu. Untuk sewa perahu Telaga Menjer tarifnya Rp 15.000 per orang. Dengan minimal 8 orang untuk keturunan.

Namun, jika kurang dari 8 orang, Anda masih bisa menyewa perahu, tetapi biayanya Rp 100.000. Selain perahu, ada juga spot foto modern di atas air yang tarifnya hanya Rp 5.000.

Tips berkunjung

Tips mengunjungi Telaga JerFoto:

Sebagai tambahan informasi dan referensi, simak tips berkunjung ke Danau Menjer berikut ini.

  • Sangat disarankan untuk datang ke sini di musim panas, karena tidak hanya hujan, tetapi juga minim kabut.
  • Saat kabut menutupi seluruh area danau, Anda akan disuguhkan pemandangan yang lebih mempesona.
  • Ada dua pintu masuk ke kawasan wisata Telaga Menjer, jadi tidak perlu bingung karena keduanya sama.
  • Sampah itu wajib dibuang pada tempatnya. Jangan bertindak enteng, karena merugikan alam.
  • Cobalah nikmati serunya berwisata perahu di danau bersama orang tersayang.
  • Selama liburan, berhati-hatilah dalam segala aktivitas agar bisa pulang dengan nyaman.
  • Jika Anda datang pada sore hari, ada baiknya Anda mengenakan pakaian yang menghangatkan tubuh.

Baca Juga: Daftar Tempat Wisata di Blitar Terindah dan Menarik

Video indah menghadap Danau Menjer dari Prahu

Informasi wisata lainnya

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button