Tempat Wisata

Telaga Nilem: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pesona keindahan alam Indonesia memang tak tertandingi. Dari Sabang sampai Merauke, ada banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi. Salah satunya adalah Telaga Nilem yang terletak di kota yang terkenal dengan kudanya, yaitu kota Kuningan di Jawa Barat.

Destinasi wisata danau ini adalah hutan di sekitarnya yang masih terjaga keindahannya hingga saat ini. Daya tarik danau ini adalah airnya yang kebiruan sangat jernih dan jernih. Sehingga anda bisa melihat dasar danau dengan mata telanjang atau tanpa alat bantu.

Fasilitas di Telaga Nilem

Saat berwisata ke Telaga Nilem tidak perlu khawatir karena pihak pengelola sudah menyediakan fasilitas untuk membantu kenyamanan para pengunjung. Di danau ini terdapat perahu motor dan sepeda air yang bisa anda gunakan untuk berkeliling danau. Selain itu, tersedia pula tempat parkir, mushola, dan toilet yang terawat dengan baik dan memadai. Tak kalah penting, ada toko oleh-oleh yang menjual kerajinan tangan khas Telaga Nilem untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan atau oleh-oleh.

Fasilitas lain yang disediakan pengelola adalah beberapa gazebo di pinggir danau yang terawat dengan baik. Dengan gazebo-gazebo tersebut pengunjung dapat bersantai dan menikmati panorama keindahan danau yang indah ini.

Keindahan Danau Nilem

Nama Nilem berasal dari fakta bahwa banyak ikan Nil di danau ini. Karenanya nama Danau Nilem. Air di danau ini begitu jernih, jernih dan segar karena sumbernya langsung dari mata air pegunungan.

Objek wisata Danau Nilem merupakan mata air atau kolam alami dengan air yang jernih dan bersih. Di sekitar danau ini terdapat hutan yang rimbun dan rindang yang membuat suasana menjadi sangat asri, menarik dan alami. Suasana agak sepi dan tidak terlalu ramai. Udaranya sejuk karena danau ini merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai.

Kedalaman danau ini sekitar 3 meter dan menyerupai bongkahan kaca bening berwarna hijau berisi kerikil, bebatuan, lumut dan alga. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang berkunjung. Biasanya air danau yang jernih tidak sejernih air di Danau Nil ini.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke danau cantik ini tidak hanya berenang, tapi juga menyelam snorkel. Tentu saja hal seperti itu tidak sama dengan tempat wisata lainnya yang biasanya melarang pengunjung untuk menyelam dan menyelam snorkel di Danau.

Ada juga dua jenis kolam di danau ini, yaitu kolam dangkal dengan kedalaman sekitar 0–1,2 meter dan kolam dalam dengan kedalaman 0–4 meter. Pengunjung biasanya mandi atau berenang di kolam dangkal atau dalam ini.

Berburu foto di Telaga Nilem

Tempat terbaik dan menarik untuk memotret danau cantik ini adalah Telaga Nilem. Danau ini menyerupai akuarium kaca bening berwarna hijau yang dipenuhi kerikil, bebatuan, lumut, dan alga. Momen di dasar danau di mana Anda dapat melihat dengan jelas bebatuan, kerikil, dan rumput laut sangat menarik dan sayang jika tidak terekam kamera.

Biaya masuk ke Danau Nilem

  • Biaya masuk: Rp 15.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 3.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Nilemsee

Lokasi Akses ke Telaga Nilem

Telaga cantik ini berada di kawasan kompleks Telaga Remis. Tepatnya berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Telaga cantik yang berada di perbatasan Cirebon, Majalengka, dan Kuningan ini membuat objek wisata ini mudah diakses dari arah manapun.

Jalur laut ini searah dengan Danau Remis. Dari pusat kota Cirebon ke Telaga Nilem berjarak sekitar 15 km arah selatan. Dari kota Cirebon, Anda bisa menuju Kuningan atau Raja Galuh melalui Sumber. Kemudian anda masuk ke kecamatan Pasawahan. Saat Anda menemukan pertigaan, belok kiri dan ikuti rambu ke Telaga Remis. Kemudian masuk ke lokasi Taman Nasional Gunung Ciremai. Setelah itu, ikuti jalan menuju Danau Remis. Sebelum sampai Telaga Remis, Anda akan melihat pintu masuk Telaga Nilem di sebelah kanan.

Sekarang berada 35 kilometer sebelah utara pusat kota Kuningan. Lebih baik pergi ke danau ini dengan kendaraan roda dua atau empat karena tidak ada transportasi umum ke lokasi Danau Nil ini.

Tips berwisata di Danau Nilem

  • Jangan lupa membawa kamera bawah air.
  • Gunakan aplikasi kartu-kartu di smartphone sebagai referensi tambahan untuk rute menuju Telaga Nilem.
  • Waspadai iklan tiket yang tersebar di sekitar meja masuk. Lebih baik beli langsung di konter yang sudah tersedia.
  • Karena danau ini bukan kolam yang dirancang khusus untuk berenang, Anda harus berhati-hati dan ingat bahwa di dasar danau terdapat bebatuan. Jika tidak hati-hati, kulit akan menjadi aus dan tergores.
  • Pastikan kebersihan dengan membuang sampah di lokasi yang disediakan oleh administrasi laut.

Jika Anda berada di kota Kuningan, jangan lewatkan kunjungan Nilemsee Itu. Daya tarik airnya yang jernih kebiruan serta kemampuan melihat dasar danau dengan jelas memiliki daya tarik tersendiri. Tentunya bisa menjadi pengalaman berwisata atau liburan yang tak terlupakan dan tak terlupakan bersama keluarga, kerabat atau sahabat di Telaga Nilem.

Galeri Foto Nilemsee

Nilemsee
Air danau jernih
Nilemsee dengan pengunjung yang ramai
berburu foto
Berenang di Telaga Nilem

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button