Berita Wisata

Tempat wisata dengan wajah baru di tahun 2022

KOMPAS.com – Sepanjang tahun 2022, sejumlah objek wisata direvitalisasi. Dengan wajah baru, objek wisata ini semakin diminati wisatawan.

Di DKI Jakarta, ada sekitar delapan objek wisata yang muncul dengan wajah baru. Selain di ibu kota, tempat wisata di sejumlah kota di Indonesia juga berlangsung sepanjang tahun 2022.

Baca juga: Kaleidoskop: Kunjungan Tempat Wisata di Jakarta Sepanjang 2022

Kompas.com merangkum sejumlah tempat wisata yang memiliki wajah baru di tahun 2022 sebagai berikut.

1.sarina

Presiden Joko Widodo saat menandatangani prasasti peresmian transformasi Sarinah di Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2022).KOMPAS.com/Dian Erika Presiden Joko Widodo saat menandatangani pendaftaran peresmian Transformasi Sarinah di Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2022).

Sarinah merupakan mall (mal) pertama di Indonesia. Mal di Jalan MH. Thamrin baru saja direnovasi pada Maret 2022.

Usai bersolek, Sarinah menawarkan beberapa tempat menarik bagi pengunjung diantaranya, amfiteater, skydeckmuseum dan galeri foto.

Tak lupa pengunjung bisa melihat relief-relief zaman Presiden Soekarno yang berada di belakang gerai makanan cepat saji dan membeli berbagai produk lokal dari UMKM.

Sarinah telah disulap menjadi tempat asyik untuk bersantai di pusat ibu kota. Tak heran jika Sarinah menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta yang paling banyak dikunjungi pada tahun 2022.

Baca juga: 4 Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Sarinah, Belanja dan Berfoto

2. Halte Transjakarta Bundaran HI

Pemandangan tugu selamat datang dan bundaran HI dari atas halte bus bundaran HIDermaga. Ngabila Salama Pemandangan tugu selamat datang dan bundaran HI dari atas halte bundaran HI

Pada tahun 2020, halte Transjakarta Bundaran HI mengalami kerusuhan massal hingga dibakar. Dua tahun kemudian, halte ini telah menjadi fasilitas umum sekaligus tempat wisata.

Wajah baru Halte Transjakarta Bundaran HI memiliki paviliun atau angkat udara yang ada di lantai dua.

Kutipan Kompas.com (18-10-2022) Bundaran HI Transjakarta sudah menjadi peron halte tempat foto yang menarik bagi publik.

Pengunjung bisa berfoto dengan tugu selamat datang di tengah bundaran HI dengan latar belakang paviliun.

Baca Juga: 4 Ide Foto Instagramable di Halte Bundaran HI Jakarta Pusat

3. JEA Phinisi

Pemandangan malam JPO Phinisi, Karet Sudirman, Jakarta.KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Pemandangan sore hari di JPO Phinisi, Karet Sudirman, Jakarta.

Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Tematik Phinisi Karet Sudirman atau yang dikenal dengan JPO Phinisi menjadi salah satu spot viral di Jakarta sepanjang tahun 2022.

JPO ini viral di media sosial karena bentuknya yang unik dan instagrammableyang memiliki platform berupa replika kapal phinisi.

Banyak warga ibu kota dan sekitarnya yang berfoto di JPO Phinisi setelah dibuka untuk umum.

Kutipan Kompas.com(12/3/2022), JPO ini juga berfungsi sebagai Jembatan Penyeberangan Sepeda (JPS).

Desain jembatan penyeberangan ini cukup unik karena memiliki dua jalur yakni jalur lurus dan jalur lengkung. Jalur lurus untuk pejalan kaki, sedangkan jalur melengkung untuk pengendara sepeda.

Ada pula galeri apresiasi yang didedikasikan untuk mengenang perjuangan dan pengorbanan tenaga medis dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Baca Juga: 4 Spot Foto di JPO Phinisi, Pemandangan Gedung Pencakar Langit Jakarta

4. Ecopark Tebet

Berfoto di Tebet Eco Park, Jakarta SelatanKOMPAS.com/Faqihah Muharroroh Itsnaini Spot foto di Tebet Eco Park, Jakarta Selatan

Wajah baru Tebet Eco Park menjadikan ruang terbuka hijau ini sebagai tempat wisata tembakan di Jakarta sepanjang tahun 2022.

Pasca revitalisasi, Tebet Eco Park semakin asri dan lengkap dengan berbagai fasilitas. Tebet Eco Park juga ramai dikunjungi oleh penduduk ibu kota dan sekitarnya.

Kutipan Kompas.com (25/4/2022), daya tarik taman seluas 7 hektar ini adalah berbagai spot instagramable, seperti jembatan Infinity Link, theme park dan jembatan kayu.

Selain itu, Tebet Eco Park dilengkapi dengan fasilitas seperti zona UMKM, kolam renang, taman bermain anak, dll.

Lokasinya ada di Jalan Tebet Barat Raya, RT 1/RW10, Tebet Barat, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan.

Baca juga: Tebet Eco Park Resmi Dibuka, Ini Area dan Fasilitasnya

5. Taman Ismail Marzuki (TIM)

Stok foto: Taman Ismail MarzukiKOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Stok Foto: Taman Ismail Marzuki (TIM)

Proses revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) memakan waktu lama, hingga tiga tahun.

Namun, proses revitalisasi yang panjang terbayar dengan keindahan baru tempat nongkrong favorit di kawasan Cikini Jakarta Pusat ini. Bahkan, TIM menjadi salah satu tempat wisata tembakan di Jakarta.

Wajah baru TIM unik dan instagrammable menjadi incaran wisatawan di DKI Jakarta. Kutipan Kompas.com (24/6/2022), TIM kini menawarkan beragam wahana untuk dinikmati pengunjung.

Termasuk galeri seni, planetarium, pusat pelatihan seni, museum, teater, perpustakaan, rumah seni dan banyak lagi. Lokasinya di Jl.Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Jakarta Pusat.

Baca juga: Wajah Baru Taman Ismail Marzuki adalah Jalur dan Akses Transportasi

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button