Tempat Wisata

Tempat wisata di gunung semeru : harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Masih banyak dari kita yang melupakan manfaat dan keistimewaan dari sebuah wisata atau liburan yang bisa kita lakukan di waktu luang kita. Tentunya dalam keseharian kita banyak melakukan aktivitas yang sering membuat kita stress atau bosan, belum lagi kemacetan lalu lintas dan polusi di perkotaan yang menambah rasa lelah kita, setelah selesai semua aktivitas kita bisa kembali lagi. rumah. Perasaan lelah, stres, dan bosan ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan kita jika kita membiarkannya. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan, termasuk traveling ke berbagai tempat. Anda bahkan tidak perlu membuang uang, karena sudah banyak tempat wisata di daerah Anda yang bahkan tidak memungut biaya masuk.

Gunung Semeru merupakan tempat wisata yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga atau teman. Semeru dinamai menurut Sumeru, gunung tertinggi di dunia dalam kosmologi Buddha. Semeru disebut juga Mahameru (Gunung Besar) atau Gunung Semeru atau Gunung Semeru – terletak di antara Kabupaten Malang dan Lumajang dengan posisi geografis 8 06′ LS dan 12 55′ BT. Puncak Gunung Semeru memiliki ketinggian 3.676 m di atas permukaan laut.

Oleh karena itu, Gunung Semeru merupakan salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa. Ini adalah stratovolcano di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Ini mencakup sekitar 800 kilometer persegi di Jawa Timur tengah. Di ujung utara terletak Kaldera Tengger yang spektakuler, pulau terbesar di Jawa, dengan lautan pasir sepanjang 10 km. Di dalam kaldera muncul kerucut vulkanik Batok dan Bromo yang sangat bergerigi, dengan yang terakhir masih aktif dan menampilkan kawah yang luas dari mana asap mengepul ke langit. Suhu di puncak Gunung Bromo berkisar antara 5 hingga 18 derajat Celcius. Di sebelah selatan terbentang dataran landai yang dipenuhi lembah dan dihiasi beberapa danau kecil yang indah, membentang hingga ke kaki Gunung Semeru, hutan rimbun yang menjulang tinggi yang mendominasi lanskap selatan. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan cagar alam yang sudah sangat dikenal masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya orang yang mengunjungi taman untuk berbagai tujuan seperti rekreasi, berkemah, panjat tebing, trekking, pendidikan dan penelitian.

Menghadapi keadaan tersebut, pemerintah telah menetapkan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sebagai taman nasional, ditetapkan pada tanggal 12 November 1992 dengan Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 1049/Kpts-Il/1992 dengan seluas 50.267,3 ha, secara administratif berada di 4 Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Malang dan Lumajang di Provinsi Jawa Timur.

Semeru merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Setidaknya 55 letusan telah tercatat sejak 1818 (10 di antaranya merenggut nyawa). Gunung berapi mengeluarkan awan uap dan asap yang sangat besar setiap 20 menit dan terkadang diselingi abu dan batu.

Beberapa tahun lalu, Gunung Semeru di Jawa Timur meletus. Pada dini hari Minggu, 10 Mei 2009, ia memuntahkan asap dan abu tinggi ke langit, menyelimuti kota terdekat dengan debu hitam. Gunung berapi dingin terakhir juga membanjiri sungai-sungai di sekitar desa Semeru. Evakuasi tidak diperintahkan, tetapi ahli vulkanologi memantau dengan cermat gunung berapi “untuk tanda-tanda awan panas yang mematikan” – istilah yang sering digunakan di Indonesia untuk aliran piroklastik. Otoritas Logika Vulkanik Indonesia mengatakan tidak perlu menaikkan level waspada di Semeru dari level tertinggi kedua yakni “awas” atau oranye. Proxy 15 kecamatan di Lumajang, Jawa Timur, Indonesia terkena dampak abu, terutama yang menggusur lahan pertanian.

Karena gunung berapi yang meletus, sabana gunung, dan danau, lanskap di sini menjadi pemandangan yang menakjubkan. Para pendaki sering berkunjung ke gunung ini untuk menikmati pemandangan alam dan matahari terbenam yang indah dari puncak gunung. Selain udara yang sejuk dan segar, Anda juga akan menemukan panorama atau suasana yang indah dan menarik di sini. Semeru merupakan tempat wisata yang sangat populer di provinsi ini, termasuk di kalangan wisatawan mancanegara.

Fasilitas di Gunung Semeru

Walaupun tidak banyak fasilitas penunjang yang bisa anda gunakan di tempat ini, namun anda bisa menemukan beberapa fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola, seperti:

– Area parkir

Bagi Anda para wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi tidak perlu khawatir soal parkir karena tempat wisata ini juga memiliki lahan parkir yang cukup luas untuk kendaraan pengunjung.

– pos istirahat

Jika Anda pergi ke sana dengan niat mendaki gunung, Anda dapat menemukan beberapa tempat istirahat di Gunung Semeru di mana Anda dapat beristirahat, baik untuk duduk dan mengatur napas atau menikmati makanan dan minuman yang Anda bawa dari rumah.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga ada di kawasan Gunung Semeru, jadi bagi anda yang ingin menggunakan kamar kecil tidak perlu mencari lagi karena di lokasi ini terdapat dua kamar kecil yang bisa anda gunakan.

Berburu foto di Gunung Semeru

Bagi Anda yang menyukai fotografi dan wisata alam, berkunjung ke Gunung Semeru akan menjadi sensasi dan pengalaman yang pasti tidak akan Anda lupakan. Persiapkan kamera Anda, baik kamera dari ponsel atau kamera profesional dari rumah Anda, karena Anda tidak ingin melewatkan pemandangan indah di sana. Pepohonan dan pemandangan langit yang indah bisa menjadi target foto yang sempurna, baik Anda hanya sekedar memotret pemandangan atau juga menggunakannya sebagai latar foto Anda bersama keluarga atau teman. Selain itu, Anda juga bisa menjumpai hewan liar yang hidup di sana, jadi jangan lewatkan untuk mengambil foto keberadaannya. Jangan lupa untuk menguploadnya di berbagai media sosial, agar teman-teman tahu bahwa masih banyak tempat wisata menarik yang ada di negeri sendiri.

Baca Juga: Uji Adrenalin Saat Mendaki Gunung Bromo

Akses jalan menuju Gunung Semeru

Untuk menuju Gunung Semeru dari Bandara Abdulrachman Saleh, Anda perlu menuju Patung Pesawat yang berada di pinggir Jalan Abdulrachman Saleh, Cemoro Kandang, Kedung Kandang, Kota Malang. Selanjutnya Anda bisa menuju Terminal Putih Arjosari – Pasar Tumpang dengan menggunakan angkutan umum bernama TA (Tumpang Arjosari).

Dibutuhkan sekitar 20 menit berkendara dari Jalan Abdulrachman Saleh ke Pasar Tumpang. Tarif angkutan umum yang dibutuhkan adalah 7.000 rupiah per orang.

Kami melanjutkan dengan jip

Sesampainya di pertigaan Pasar Tumpang, Anda bisa memilih moda transportasi jeep atau ojek. Untuk jip, Anda bisa datang ke Kios Komunitas Jeep di Pasar Tumpang yang menawarkan jasa transportasi menuju Desa Ranu Pane.

Dibutuhkan waktu 1,5 jam berkendara dari Pasar Tumpang ke desa Ranu Pane, melewati beberapa bagian jalan yang rusak. Perjalanan melewati tempat-tempat wisata seperti Air Terjun Coban Pelangi dan Pos Bantengan hingga tiba di desa Ranu Pane.

Alternatif transportasi lain yang bisa digunakan dari Pasar Tumpang menuju Desa Ranu Pane adalah ojek dengan tarif antara Rp100.000 hingga Rp150.000. Ojek dapat ditemukan di sekitar Pasar Tumpang yang menawarkan layanan pengiriman ke desa Ranu Pane.

Biaya masuk ke Gunung Semeru

Wisatawan Domestik

  • Biaya masuk pada hari kerja: Rp 19.000/orang
  • Biaya masuk untuk akhir pekan: Rp 24.000/orang

Turis Internasional

  • Biaya masuk pada hari kerja: Rp 210.000/orang
  • Biaya masuk untuk akhir pekan: Rp 310.000/orang

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka Gunung Semeru

Tips Liburan ke Gunung Semeru

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Gunung Semeru lebih menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Gunung Semeru adalah saat liburan panjang.
  • Ayo bersama orang tersayang ke Gunung Semeru dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Gunung Semeru.

Galeri Foto Gunung Semeru

Selamat datang di daerah Semeru
Mendaki Gunung Sumeru
Potret Gunung Semeru
Air terjun di kaki Gunung Semeru
Ranu Kumbolo di kaki Gunung Semeru
Berkemah di Ranu Kumbolo

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button