Berita Wisata

Tempat wisata di Tasikmalaya ini punya pilihan wahana air, ikan bakar di Situ Gede selalu laris

Laporan wartawan TribunPriangan.com Aldi M. Perdana

TRIBUNJABAR.ID, KOTA TASIKMALAYA – Obyek Wisata Situ Gede Tasikmalaya merupakan salah satu destinasi wisata danau favorit di Jawa Barat, baik bagi warga Tasikmalaya sendiri maupun di luar Tasikmalaya.

Dengan akses yang tidak terlalu jauh dari jalan utama yaitu Jalan Ir H Juanda, jalan beraspal menuju Obyek Wisata Situ Gede Tasikmalaya juga cukup mudah dilalui karena terawat dengan baik.

Menurut Dedin (52), asisten petugas Obyek Wisata Situ Gede di Tasikmalaya, harga tiket masuk Obyek Wisata Situ Gede adalah Rp 5.000. Sedangkan biaya parkirnya sendiri ditangani oleh warga Karang Taruna.

“Fasilitas kami ada tempat parkir, toilet tentunya, jogging track, gazebo, ada juga warung makan dan wahana wisata air,” imbuhnya.

Objek wisata air yang dimaksud adalah perahu dan rakit. Untuk naik perahu, wisatawan dikenakan biaya Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

Baca Juga: Tempat Wisata Murah di Bandung, Taman Lalu Lintas Ramah Anak, Tiket Angkutan Ramah Saku

Naik perahu, wisatawan akan dibawa berkeliling danau yang menawarkan pemandangan pepohonan yang rimbun dan tanaman eceng gondok liar yang mengapung di pinggirannya.

Sedangkan untuk menaiki rakit, biaya layanan tidak dikenakan per orang, melainkan per rombongan.

Biaya yang dikenakan adalah Rp 30.000, untuk satu orang dan satu rombongan.

Menurut Dedin, ada juga sepeda air yang disewakan selama beberapa jam, namun jumlahnya masih sedikit dan belum maksimal.

Menikmati liburan Idul Fitri, sejumlah pengunjung menikmati sensasi berperahu di wisata alam alternatif Situ Gede di Kabupaten Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Kamis (6/6/2019) siang.Menikmati liburan Lebaran, sejumlah pengunjung menikmati sensasi berperahu di wisata alam alternatif Situ Gede di Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya beberapa waktu lalu. (Tribunjabar.id)

“Kalau kita menyewa jasa ini, kita juga bisa menyeberangi danau dan mengunjungi makam Eyang Prabudilaya,” tambahnya sambil menunjuk sebuah pulau kecil di tengah danau.

Wisatawan bahkan bisa melihat tulisan “Prabudilaya” di pinggiran pulau kecil yang dimaksud.

Baca juga: Tempat Wisata di Garut Ada Surga Tersembunyi, Kolam Renang yang Bersentuhan Langsung dengan Alam

Untuk kulinernya, Obyek Wisata Situ Gede Tasikmalaya terkenal dengan ikan bakarnya.

Alfan (27), turis asal Panjalu, Ciamis, mengaku datang bersama keluarganya hanya untuk menikmati ikan bakar di Situ Gede.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button