Berita Wisata

Tempat Wisata Pahawang Raih Juara II ADWI 2022 – Indonesian Guide

Pesawaran – Potensi pariwisata Kabupaten Pesawaran terus ditingkatkan melalui berbagai event promosi yang dikenal luas oleh wisatawan

Baru-baru ini, pariwisata kabupaten setempat yang diwakili oleh desa Pulau Pahawang mendapat juara kedua kategori Desa Wisata Maju, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian pada Minggu malam (30/10) di Jakarta.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran Ketut Partayasa melalui Kepala Destinasi Pariwisata Yudiana mengatakan ada tujuh kategori evaluasi dalam acara tersebut.

Tujuh kategori yang dinilai dalam proses penjurian adalah Attractiveness, Homestay, Toilets, Memories, CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability), Digital & Creative Content, dan Institutional. Selain itu, ada juga pemenang tiga pemeringkatan desa wisata yaitu pionir, berkembang dan maju,” kata Yudiana, Senin (31/10/2022).

Menurut Yudiana, Desa Wisata Pulau Pahawang menempati urutan kelima. Sedangkan juara I Desa Wisata Semen Kabupaten Blitar Jawa Timur juara II Desa Wisata Sudaji Kabupaten Buleleng Provinsi Bali.

Kemudian juara III Desa Wisata Udisan Kabupaten Bangli Bali, juara I Desa Wisata Desa Ugar Kabupaten Pak Pak Papua Barat. Dua calon pemenang desa wisata Pulau Pahawang, Kabupaten Pesawaran.

Sebelumnya, pada April 2022, Kabupaten Pesawaran yang diwakili oleh Desa Pulau Pahawang masuk dalam 50 besar ADWI 2022. Pulau Pahawang juga mewakili Provinsi Lampung dalam ajang tersebut.

Desa Pahawang bersaing dengan 3.419 pendatang dari desa wisata di 34 provinsi di seluruh Indonesia. (wandi)

Lanjut membaca

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button