Berita Wisata

Tempat wisata religi di Balikpapan yang ramai dikunjungi masyarakat dari berbagai penjuru Indonesia

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – Kota Balikpapan memiliki tempat wisata religi yang ikonik. Namanya Bukit Doa Kalimantan. Terletak di Desa Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Provinsi Kalimantan Timur.

Progres pembangunan Bukit Doa Kalimantan hingga akhir Desember 2022 telah mencapai 30% dan masih berlangsung. Bagian yang sudah selesai antara lain 36 gua doa, Shepherd’s Field Chapel, Bethelem Chapel, kantor dan resepsionis.

Ketua Yayasan Bethany Kalimantan Pdt. Dr. Samuel Kusuma MTh mengatakan, pembangunan itu diprakarsai oleh Tuhan pada tahun 2000. Saat itu, seseorang memberinya sebidang tanah seluas 2.000 meter persegi. “Ini adalah anugerah dari Tuhan. Visi Tuhan bahwa itu adalah tempat suci Tuhan, maka dibangunlah bukit doa. Tuhan Yesus juga memberi contoh setiap pagi pergi ke bukit untuk berdoa”, katanya dalam wawancara dengan Tribunkaltim .bersama.

Setelah itu lahan diperluas. Yayasan Bethany Kalimantan telah berkembang menjadi 5,6 hektar. Pengembangan kawasan ini sesuai dengan IMB yang dikeluarkan pemerintah kota Balikpapan sejak tahun 2006, sesuai siteplan dan perluasan kota sebagai kawasan wisata religi. Jadi, selain sholat, ibadah juga berfungsi untuk berwisata. “Di tengah kesibukan masyarakat, mereka membutuhkan tempat yang lebih khusus untuk berdoa, untuk menyegarkan iman mereka, untuk menemukan kedamaian, untuk mengalami perjumpaan dengan Tuhan,” kata Pendeta Samuel, yang juga menjadi pendeta senior Bethany Favour of God. (FOG) Gereja Balikpapan.

Dia menjelaskan, pencapaian pembangunan bukit doa di Kalimantan selama ini merupakan anugerah dari Tuhan. “Luar biasa, luar biasa. Karena di tengah pandemi Covid-19, proyek ini bisa cepat dibangun,” ujarnya.

Selama ini masyarakat yang datang ke Bukit Doa Kalimantan berasal dari berbagai agama. Ada Umat Katolik, Metodis, Muslim, Hindu, Budha bahkan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dari berbagai kota/kabupaten di Kaltim dan Kalsel, Kemenag Jakarta, Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kemenag dan lain-lain. Juga dari berbagai penjuru Indonesia. Ada yang berasal dari Jakarta, Surabaya, Papua, Toraja, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, Sumatera Utara, Pulau Kalimantan dan lainnya.

Bahkan, lanjut Pdt Samuel, FKUB Balikpapan menjadikan bukit doa Kalimantan sebagai ikon untuk membuktikan bahwa Balikpapan tumbuh sebagai kota iman (bersih, indah, aman dan nyaman).

Pembangunan Bukit Doa Kalimantan masih berlangsung. Menurut Pdt Samuel, dibutuhkan dana lebih dari Rp 300 miliar. Jika Anda ingin berpartisipasi dalam pembibitan proyek dan layanan ini, silakan melakukan transfer ke rekening bank UOB: 320.100.3324 atas nama Yayasan Bethany Kalimantan / Bukit Doa Kalimantan. Kemudian bukti transfer disampaikan melalui WhatsApp di nomor 0821-5757-9280.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button