Berita Wisata

Tempat Wisata Terbaru Gunung Kidul, Menampilkan Pemandangan Alam Eksotis

Merdeka.com – Gunung Kidul memang terkenal dengan wisata pantainya yang indah dan beragam. Mulai dari pantai pasir putih seperti Pantai Indrayanti, Pantai Ngandong atau Pantai Pok Tunggal. Atau pantai berpasir hitam seperti Pantai Baron. Beberapa pantai di Gunung Kidul memiliki pemandangan alam yang indah dan eksotik sehingga menarik perhatian pengunjung.

Namun, kawasan Gunung Kidul tidak hanya menawarkan wisata pantai saja, melainkan juga beberapa destinasi wisata alam lain yang tak kalah menarik. Seperti wisata alam berupa goa dengan dekorasi stalagtit dan stalagmit yang unik, sungai dengan mata air jernih, perbukitan, rafting yang memberikan pengalaman seru.

taboola tengah artikel

Bahkan, beberapa di antaranya merupakan tempat wisata terbaru di Gunung Kidul yang populer dan ramai pengunjung. Mulai dari Bukit Kosakora, Cave Tubing Kalisuci, Gua Jomblang, hingga Telaga Biru Semin. Namun, jika ingin menjelajahi pantai-pantai seru, ada juga beberapa destinasi pantai baru di Gunung Kidul yang bisa menjadi pilihan.

Bagi Anda yang sedang mencari rekomendasi destinasi liburan alam, beberapa tempat wisata ini tentunya bisa masuk dalam daftar destinasi Anda. Dilansir dari berbagai sumber, berikut kami rangkum beberapa tempat wisata baru Gunung Kidul yang bisa Anda lihat.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Gunung Kidul Terbaru : Bukit Kosakora, Cave Tubing Kalisuci

Bukit Kosakor

Tempat wisata terbaru di Gunung Kidul yang mungkin bisa menjadi pilihan pertama Anda adalah Bukit Kosakora. Bukit yang memiliki ketinggian 50 meter ini terletak tak jauh dari Pantai Drini. Meski tidak terlalu tinggi, namun ramah bagi pendaki pemula yang ingin mencapai puncak bukit.

Di atas bukit, kita melihat panorama pantai eksotis yang seolah memanjang. Itu juga tempat yang tepat untuk berburu matahari terbenam merah muda yang indah. Jangan lupa membawa perlengkapan kamera untuk mengabadikan momen menarik di Bukit Kosakora.

Gua Kalisuci Tubing

Tempat wisata di Gunung Kidul terbaru berikutnya adalah Cave Tubing Kalisuci. Bagi Anda yang ingin bermain air sambil merasakan pengalaman seru dan menantang, tempat wisata ini bisa Anda jelajahi. Ini adalah gua gunung kapur yang di dalamnya terdapat sungai yang panjang.

Di sini Anda bisa menyewa ban pelampung untuk berkeliling menikmati pemandangan indah di sepanjang sungai gunung kapur. Tentu saja, di sepanjang jalan Anda akan mendapatkan spot-spot foto menarik yang tidak boleh Anda lewatkan. Dengan cara ini, lengkapi perlengkapan kamera dengan perlindungan terhadap air agar mendapatkan hasil foto yang bagus. Jika tertarik untuk berkunjung, objek wisata ini terletak di Desa Calonejo, Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Gunung Kidul Terbaru : Gua Jomblang, Telaga Biru Semin

Gua Jomblang

gua tunggal

©2014 merdeka.com/istimewa

Selanjutnya adalah Gua Jomblang. Tempat wisata baru di Gunung Kidul ini sangat cocok bagi Anda yang berjiwa petualang. Di sini, Anda akan disuguhkan gua lengkap sedalam 60 meter yang berbentuk lubang bawah tanah vertikal.

Jalan setapak vertikal ini juga menampilkan sinar matahari yang bersinar indah di pagi atau sore hari. Selain itu, Gua Jomblang juga memiliki keunikan lain yang bisa Anda temukan, yaitu hutan kecil di dalam gua. Tentunya merupakan panorama alam yang indah dan menarik yang dapat memanjakan mata.

Danau biru Semin

Tempat wisata terbaru di Gunung Kidul yang mungkin bisa menjadi rekomendasi berikutnya adalah Telaga Biru Samin. Sebelumnya, tempat ini merupakan tambang batu gunung tua yang kemudian dikelola menjadi objek wisata yang menarik bagi masyarakat. Di sini Anda bisa melihat kolam renang raksasa dengan warna air biru kehijauan yang indah dan cemerlang.

Di sekelilingnya masih terdapat pegunungan bebatuan dengan ukiran yang unik. Bahkan di tengahnya juga terdapat gunung batu yang bentuknya seperti bukit di tengah sungai. Tak heran, jika menjadi salah satu wisata alam yang memukau dan banyak menarik perhatian wisatawan. Jika tertarik, Anda bisa menuju tempat wisata desa Candi Rejo, Semin, Gunung Kidul, Yogyakarta.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Terbaru Gunung Kidul : Pantai Watu Kodok, Pantai Jogan

Pantai Watu Kodok

Tempat wisata di Gunung Kidul terbaru selanjutnya adalah pantai. Adalah Pantai Watu Kodok yang merupakan salah satu pantai yang masih alami karena belum banyak dijangkau dan dikunjungi oleh wisatawan. Di sini Anda bisa melihat pantai dengan laut biru yang memukau.

Menariknya, pantai ini memiliki batu karang khas yang bentuknya mirip kodok. Inilah alasan mengapa pantai ini dinamakan Pantai Watu Kodok. Tidak hanya itu, pantai pasir putih ini juga memiliki lingkungan yang bersih sehingga sangat nyaman untuk dikunjungi.

Pantai Yoga

Tempat wisata terbaru Gunung Kidul berupa pantai lainnya adalah Pantai Jogan. Berbeda dengan pantai pada umumnya, di pantai ini Anda tidak akan menemukan pasir putih, melainkan bebatuan kecil dan besar yang terlihat indah.

Keunikan lainnya, pantai ini memiliki air terjun yang jatuh bebas dari tebing di salah satu sisinya. Meski tidak setinggi itu, aliran air yang jatuh dari tebing itu bagus dan indah. Dengan begitu, Anda bisa menikmati dua porsi keindahan alam sekaligus di tempat ini. Bagi pecinta pantai wajib mengunjungi Pantai Jogan Gunung Kidul.

(mdk/ayi)

TOPIK TERKAIT

Setelah

taboola di bawah artikel

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button