Berita Wisata

Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Temanggung

JournalPost.com – Temanggung merupakan kota yang diapit oleh dua gunung yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Tak heran hal ini membuat Temanggung banyak menjadi tempat wisata dataran tinggi yang indah. Banyak wisatawan dari luar kota berlibur ke Temanggung. Cuaca sejuk dan cerah akan membuat wisatawan betah berlama-lama di kota Temanggung. Temanggung juga dikenal sebagai Kota Tembakau. Tak heran setiap perjalanan disuguhkan dengan pemandangan hamparan sawah yang luas. Selain hamparan sawah yang menghijau, Temanggung juga menyuguhkan pemandangan hamparan perkebunan kopi.

Di bawah ini adalah beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi selama perjalanan Anda ke Temanggung.

1. Posong

Posong

Wisata alam posong salah satunya. Wisata ini berlokasi di kawasan Gunung Sindoro, atau tepatnya di desa Tlahab, kecamatan Kledung, Temanggung. Wisata ini menawarkan pemandangan hamparan sawah di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut (MDPL). Jarak tempuh wisata ini kurang lebih 3,5 km dari jalan raya Temanggung-Wonosobo. Selain menawarkan pemandangan hijau dari dataran tinggi, Anda juga bisa melihat matahari terbit dan terbenam. Wisatawan bisa duduk santai di gazebo yang disediakan sambil menikmati kopi Robusta khas Temanggung dan Tempe Mendoan.

Bagi para pendaki gunung, puncak Gunung Sindoro dapat ditempuh dalam waktu lima jam dari Posong. Area ini sangat cocok untuk digunakan outbond dengan pemandu berpengalaman. Untuk mengikuti wisata ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp10.000 untuk membayar tiket masuk. Namun jika ingin masuk ke Taman Wisata Posong harus membayar Rp 20.000.

2. Puncak Bataran

Puncak Bataran

Puncak Batarana adalah sebuah bukit di kaki Gunung Sumbing. Puncak ini terletak di Paterangan 2, Paterangan, Kledung, Kabupaten Temanggung. Bagian atas batarana menyuguhkan pemandangan kota Temanggung dari ketinggian dengan view Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Selain menikmati pemandangan, wisatawan juga bisa berfoto di area puncak. Banyak spot foto yang dipasang di sana. Untuk mencapai puncak, wisatawan bisa naik ojek atau jalan kaki. Meski rute yang ditempuh sangat panjang dan melelahkan, semuanya akan terbayar dengan pemandangan yang disajikan. Biaya yang dikeluarkan hanya Rp 5000 per orang. Puncak ini buka 24 jam sehari, jadi Anda bisa datang ke Puncak Batarana kapan saja.

3. Waduk Kledung

Waduk Kledung

Embung Kledung merupakan tempat wisata untuk berkemah keluarga di antara pemandangan Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Wisata ini tidak perlu membutuhkan tenaga lebih karena jarak parkir yang sangat dekat. Pemandangan Gunung Sindoro dan udara segar dipercantik dengan danau buatan. Embung Kledung dibangun di atas lahan bekas tembakau seluas 83×83 meter. Embung Kledung awalnya dirancang untuk menampung air saat musim kemarau, namun ternyata memiliki daya tarik tersendiri. Akhirnya pemerintah setempat menjadikannya sebagai tempat wisata. Lokasinya di Jl. Raya Parakan-Wonosobo KM.12, Desa Tlahab, Kecamatan Kledung Parakan, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

4. Air terjun para Titan

Air terjun para Titan

Salah satu tempat wisata yang bisa anda kunjungi di Temanggung. Curug Titang adalah air terjun yang dialiri air dari Sungai Lungge. Air terjun ini berjarak sekitar 6 km dari kota Temanggung. Tempat wisata ini sering dijadikan tempat ritual keagamaan saat Idul Adha dan Idul Fitri bagi masyarakat sekitar yang disebut padusan. Lokasi Air Terjun Titang berada di Dusun Durenan, Desa Temabarak, Kecamatan Temabarak, Kabupaten Temanggung.

5. Taman Air Pikatan

Taman Air Pikatan

Tak hanya wisata alamnya saja yang menarik, Temanggung juga menawarkan wisata buatan yaitu waterpark Pikatan. Pikatan Water Park merupakan wahana permainan air yang berlokasi di Pikatan, Mudal, Temanggung. Ada banyak wahana yang bisa kamu coba. Biasanya tempat wisata air ada di dalam kota, namun Pikatan Water Park berlokasi di desa. Hal inilah yang membuat tempat wisata ini berbeda. Selain berada di desa, wisata ini juga menggunakan air dari mata air setempat. Sehingga membuat air menjadi lebih sejuk dan jernih. Taman Air Pikatan memiliki 10 seluncuran, 5 kolam renang, wahana ember, dan jembatan ayun. Harga tiket untuk hari biasa Rp 15.000 dan akhir pekan. 20.000. Jam operasional 08.00-17.00 WIB.

6. Hutan Pinus Sigrowong

Hutan Pinus Sigrowong

Selanjutnya yang tak kalah indahnya adalah Hutan Pinus Srigowong. Seperti namanya, tempat wisata ini dikelilingi oleh pohon pinus di kawasan perbukitan. Selain pohon pinus, Anda juga bisa melihat area pohon kopi yang terawat. Di tempat wisata ini terdapat sebuah goa yang bernama Goa Sigrowong. Menurut cerita masyarakat setempat, goa ini memiliki kaitan dengan masa agresi militer Belanda. Wisata ini berlokasi di Rowo Seneng, Gesing, Kecamatan Kandangan, Temanggung. Hutan Pinus Sigrowong buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB dan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per orang.

Itulah beberapa tempat wisata yang bisa anda kunjungi di Temanggung. Tidak hanya itu, masih banyak tempat wisata lain yang bisa Anda kunjungi. Pesona alamnya menarik wisatawan dan keramahan masyarakatnya menjadi daya tarik tersendiri. Kalau ke Temanggung, jangan lewatkan spot-spot di atas.

Oleh: Ananda Seta Karunianingsih

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button