Berita Wisata

Temukan 7 rekomendasi wisata Gilimanuk yang wajib dikunjungi

Bisnis.com, JAKARTA – Banyak tempat wisata yang bisa Anda kunjungi selama berlibur di Bali Barat, termasuk mengunjungi Gilimanuk. Bali Barat memiliki tempat wisata yang tidak kalah menarik dan indah dengan daerah Bali lainnya.

Titik awal atau pintu gerbang untuk menginjakkan kaki di pulau Bali melalui jalur laut, pelabuhan Gilimanuk tentunya sangat ramai dikunjungi warga yang melakukan perjalanan dari atau ke Bali. Bagi yang akan ke Bali atau akan meninggalkan Bali via Gilimanuk juga bisa mencari tempat wisata di sekitar pelabuhan.

Berikut beberapa wisata Gilimanuk yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Teluk Gilimanuk

Lokasi ini berupa taman dengan beberapa bale bengong atau bangunan kecil di pinggir pantai yang berfungsi sebagai tempat peristirahatan pengunjung. Masuk ke tempat ini gratis, sehingga banyak orang yang datang, baik penduduk lokal maupun turis. Di pantai ini juga terdapat perahu motor untuk berkeliling teluk dengan panorama yang indah.

2. Pantai Yeh Leh

Dengan nuansa laut lepas, puluhan pohon kelapa dan patung sapi yang menjadi ikon kabupaten Jembrana terlihat banyak dikunjungi pengguna kendaraan yang lalu lalang terutama kendaraan pribadi, sepeda motor dan mobil. Tempat ini dilengkapi dengan beberapa warung makan sehingga Anda bisa menghilangkan dahaga dan lapar dengan menu yang menampilkan warung muslim.

3. Taman Nasional Bali Barat

Di kawasan ini terdapat hewan endemik asli Bali yang dilindungi oleh pemerintah yaitu Burung Jalak Bali. Kawasan Taman Nasional Bali Barat merupakan kawasan hutan yang sangat luas dan rindang. Hutan ini juga terlihat dari jalan raya, bahkan bisa digunakan untuk istirahat.

4. Museum Manusia Purba Gilimanuk

Museum ini terletak di dekat pelabuhan Gilimanuk dan merupakan situs prasejarah yang menyimpan peninggalan masa lalu berupa sisa-sisa kehidupan. Sangat cocok dikunjungi untuk mengetahui kehidupan manusia purba di masa lalu yang belum mengenal peradaban modern seperti saat ini.

5. Vihara Empu Astapaka

Di Desa Gilimanuk, terdapat patung Buddha berwarna putih setinggi 12 meter yang berdiri di atas pura Bali berukir. Arca Buddha ini berada di vihara yang bernama Vihara Empu Astapaka. Jika Anda pergi ke pelabuhan Gilimanuk, Anda akan menemukan patung megah ini di sisi kiri jalan utama.

6. Pantai Pemandian Baluk

Pantai ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. Penyakit yang bisa disembuhkan antara lain asam urat dan rematik. Untuk merasakan manfaatnya, Anda harus berendam air laut ini atau menutupi tubuh Anda dengan pasir. Pantai ini memiliki pasir yang berwarna hitam, tidak seperti pasir pantai pada umumnya.

7. Pantai Medewi

Pantai ini memiliki ombak yang panjang dan besar, sehingga cocok untuk para peselancar, ahli maupun pemula. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan sunset di pantai sepi di Mahadewi ini. Untuk masalah akomodasi seperti akomodasi dan restoran, Anda tidak perlu khawatir karena semua fasilitas tersebut tersedia di pantai ini.

Itulah beberapa rekomendasi wisata Gilimanuk yang bisa anda kunjungi saat datang ke Bali.

Lihat berita dan artikel lainnya di berita Google

Tonton videonya di bawah ini:

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button