Berita Wisata

Temukan potensi ekonomi kecamatan Gunungguruh, mulai dari pariwisata hingga UKM kerajinan

JURNALSUKABUMI.COM – Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi memiliki potensi ekonomi daerah mulai dari pariwisata hingga usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berupa kerajinan khas.

“Ada wisata Karang Para, destinasi wisata alam berupa terumbu karang, keindahan alam yang terletak di Desa Kebonmanggu, Kabupaten Gunungguruh,” kata Pelaksana Tugas Direktur (Plt) Kabupaten Gunungguruh, Awan Gunawan ditemui di kantornya, Selasa (11/11). /22/2022).

Selain itu, lanjutnya, ada potensi wisata lain yang bisa dikembangkan seperti Gua Kutamaneuh, Gua Pojok Lawang yang berada di Desa Cikujang. Cloud mengatakan, selama ini wisata yang menonjol adalah wisata Karang Para.

“Kalau perkembangan di masa pandemi hampir di semua kawasan wisata, sangat terdampak, ada dampaknya. Baru tahun 2022 mulai menggeliat lagi dari sisi pariwisata”, tandasnya.

Lebih lanjut, terkait potensi ekonomi UMKM, kata dia, Kabupaten Gunungguruh memiliki kerajinan tangan berupa cinderamata.

“Ada satu di Desa Sirnaresmi, kebetulan saya ke sana. Nanti juga ada pembinaan oleh bupati pada tanggal 23 November, mereka harus memajang produk UMKM, sepertinya ini akan dikirim,” ujarnya.

Keistimewaan lain dari Kabupaten Gunungguruh adalah produk mebel seperti pembuatan meja yang penjualannya sudah sampai ke luar daerah.

“Terkait mebel buatan dari desa Sirnaresmi. Harapannya ke depan dengan adanya produk UMKM di masyarakat ekonomi bisa tumbuh, dengan pertumbuhan ekonomi pendapatan juga bisa meningkat,” pungkasnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga berharap selain pemerintah, juga ada partisipasi aktif masyarakat untuk mendukung pembangunan yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat di kawasan Gunungguruh.

Wartawan: AFS Fira | Editor: Mohammad Nour Mulvi

Lanjut membaca

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button