Tempat Wisata

Tenjo Laut, objek wisata populer dengan pemandangan alam yang menakjubkan di Kuningan

harga tiket: Rp 15.000 Waktu aktif: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Taman Nasional J L. Gunung Ciremai Mandirancan, Puncak, Kec. Cigugur, Cab.Kuningan, Jawa Barat; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Tenjo Laut telah menjadi tempat wisata populer di Kuningan dan cukup menarik perhatian akhir-akhir ini. Meski tergolong objek wisata baru, namun keindahan dan keunikannya mampu menarik banyak wisatawan. Berada di ketinggian lebih dari 1000 mdpl, kawasan wisata ini tentunya memiliki udara yang segar dan jauh dari polusi.

Selain itu, pemandangan alam terjamin begitu Anda memasuki tempat itu. Untuk menambah daya tarik, pemerintah ketiga desa itu membangun tempat-tempat unik, yakni rumah gorila, rumah pohon, dan jalan pinus. Berbagai spot selfie cantik juga dibangun khusus untuk wisatawan yang ingin mengabadikan momen liburan. Direncanakan administrasi desa Puncak, Cisantana dan Babakan Mulya akan menambah tempat baru dalam waktu dekat.

Meski bernama Tenjo Laut, objek wisata ini bukanlah pantai atau lautan. Nama tersebut digunakan karena tempat ini pernah menjadi tempat pengintaian pada masa penjajahan Belanda. Dimana pada saat itu kapal yang berlabuh di dermaga sangat terlihat dari ketinggian atau puncak tempat wisata ini.

Daya tarik yang dimiliki Tenjo

Objek wisata Danau TenjoSumber gambar: Google Maps Subariyanto bari

Penjelasan singkat di atas belum mengungkapkan poin-poin penting tentang daya tarik. Tentu kita sepakat bahwa setiap destinasi memiliki daya tarik tersendiri. Daya tarik inilah yang membuat suatu tempat layak untuk dikunjungi. Dalam hal ini Sea Tenjo, inilah daya tarik yang paling mencolok!

1. Pesona Alam Laut Tenjo yang Menakjubkan

Obyek wisata yang menjadi topik utama kita kali ini terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Bukan tidak mungkin bila pemandangan alamnya begitu menakjubkan. Dari ketinggian lebih dari 1000 mdpl semuanya bisa dilihat dan terlihat begitu indah. Sebut saja Waduk Darma yang bentuknya seperti mangkok tidak beraturan.

Selain itu, formasi pohon pinus yang berdiri tegak di hutan juga tak kalah menarik. Panorama hijau pepohonan mampu menyejukkan mata sekaligus mengusir pikiran resah. Dari sana, Gunung Ciremai dan Gunung Slamet terlihat lebih jelas berdiri megah.

2. Udara Tenjo Laut yang sejuk

Di ketinggian tersebut di atas, udara di tempat ini secara alami sangat sejuk. Apalagi jika lokasinya masih berada di kaki Gunung Ciremai yang tentunya dihiasi pepohonan rindang khas hutan. Pohon itu tidak hanya menarik perhatian, tetapi juga memberikan kesan yang bagus dan keren.

Belum lagi lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota yang sepi kebisingan kendaraan. Kesejukan semakin terasa ketika polusi udara tidak menyentuh tempat wisata ini. Bagi wisatawan yang berasal dari pedesaan, hal ini tentu sudah menjadi hal yang lumrah. Tapi menjadi istimewa ketika mereka datang dari pusat kota.

3. Tersedianya berbagai spot unik

Daya tarik Tenjo Laut lainnya yang menarik banyak wisatawan adalah berbagai tempat uniknya. Spot tersebut tidak hanya berfungsi sebagai titik pandang, tetapi juga untuk kegiatan fotografi. Lokasi yang disebutkan di atas meliputi rumah pohon, terowongan pinus, dan rumah gorila. Ada lagi tempat yang tak kalah unik, yaitu sarang burung raksasa.

Dari semua tempat yang disebutkan, rumah hobbit adalah yang paling menarik. Karena ukurannya yang kecil, banyak pengunjung yang menyebutnya sebagai rumah para kurcaci. Tika sebenarnya bisa diketik, tapi bisa digunakan sebagai background foto.

Alamat dan rute menuju lokasi

Rute menuju lokasi Laut TenjoKredit foto: Google Maps widi sn

Tenjo Laut masih berada di Kabupaten Kuningan tepatnya di Jl. Taman Nasional Gunung Ciremai Mandirancan, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Waktu tempuh menuju lokasi sekitar 30 menit dengan kendaraan bermotor. Kali ini anggap saja Anda sedang berada di pusat kota Kuningan, berjarak sekitar 15 kilometer.

Cara terbaik menuju tempat wisata ini adalah melalui Jalan Ahmad Yani. Sebelum mencapai jalan tersebut, Anda harus melewati Jalan Eyang Weri dan Jalan Siliwangi. Dari Jalan Ahmad Yani, lanjutkan perjalanan menuju Jalan Raya Cigugur hingga tiba di kawasan Palutungan. Setelah itu, rute yang harus ditempuh melewati Jalan Sagara Hiang.

Tak jauh dari titik ini ada papan petunjuk yang mengarahkan Anda ke kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Hati-hati di sekitar jalan karena ada juga rambu ke Tenjo Laut. Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi jalan, beberapa dapat diakses dengan mudah karena sudah diaspal dengan sempurna.

Biaya masuk ke Laut Tenjo

Harga tiket masuk objek wisata Tenjo LautKredit foto: Google Maps Adi Nurhayadi

Ada perbedaan harga tiket masuk ke tempat wisata yang indah dan unik ini antara umum dan pelajar. Selain itu, perbedaan juga ditentukan untuk hari kerja dan hari libur nasional. Pada hari aktif, mahasiswa membayar 10.000 rupiah sedangkan umum sedikit lebih mahal yaitu 12.500 rupiah. Seperti halnya hari libur, tidak ada kenaikan atau penurunan di kalangan pelajar, sedangkan masyarakat umum dikenai biaya 15.000 rupiah.

Tiket tersebut belum termasuk biaya parkir Tenjo Laut, yang juga berbeda antara mobil, motor, atau bus. Sepeda motor cukup murah hanya 2.000 rupiah, sedangkan mobil tentunya sedikit lebih mahal yaitu 5.000 rupiah. Kendaraan besar berupa bus beda lagi karena besar dan memakan tempat, tarifnya 20.000 rupiah.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Tenjo Laut

Sea Tenjo Aktivitas seruKredit foto: Google Maps Nidu Nerazzuri

Tentunya jika melihat berbagai atraksi yang telah disebutkan tadi, bisa dibayangkan kegiatan apa saja yang menarik. Setiap pengunjung memiliki selera masing-masing ketika datang ke kegiatan ini. Namun secara umum, kegiatan tersebut masih berkaitan dengan hal-hal berikut ini!

1. Bersantai sambil menikmati panorama alam yang indah

Cukup banyak pengunjung yang hanya datang untuk bersantai. Bukan sekedar bersantai tentunya, tapi bersantai dan menikmati pemandangan alam. Gunung dan Waduk Darma menjadi panorama indah yang sulit digambarkan. Dari sudut yang berbeda, pemandangan kota Kuningan terlihat jelas.

Saat cuaca agak mendung, pemandangan semakin indah karena awan tipis yang sedikit menutupi pegunungan. Kabut tebal di dasar waduk pun terlihat indah, seperti daratan di atas awan. Apalagi bila suasana asri dan udara sejuk akan selalu menyertai Anda. Romansa Tenjo Laut pasti tak terlupakan bagi Anda yang membawa serta pasangan.

2. Berkemah seru bersama keluarga

Sebenarnya tidak hanya bersama keluarga, camping juga seru bersama teman-teman. Kawasan wisata alam yang indah ini menawarkan bumi perkemahan dengan lahan yang luas. Udaranya sejuk dan menyenangkan, apalagi banyaknya pohon pinus yang menghiasi tempat itu. Pengelola juga menyediakan taman bermain untuk kegiatan ini.

Anda tidak perlu membawa perlengkapan apapun karena pihak pengelola menawarkan berbagai pilihan paket. Fasilitas tiap paket bervariasi tergantung pilihan. Untuk paket termahal, Anda mendapatkan matras lengkap dengan bantal dan guling, serta api unggun untuk penerangan di depan tenda. Anda bahkan dapat meminta kambing panggang jika diperlukan, tetapi bersiaplah untuk mengeluarkan banyak uang untuk itu.

3. Cari spot foto yang unik dan cantik

Hal menarik yang bisa dilakukan di Tenjo LautKredit foto: Google Maps Sri Yulianti

Seperti diketahui dari informasi di atas, spot unik yang dibangun oleh manajemen Tenjo Laut ini memang ditujukan terutama untuk spot selfie. Anda bisa berfoto dengan panorama alam yang tentunya indah dan mempesona. Selain itu, tempat-tempat seperti sarang burung raksasa, rumah hobbit, dan rumah gorila tentunya layak dijadikan latar foto.

Ada tempat yang pemandangannya sangat indah dengan bangunan yang unik. Tempat ini disebut Cloud Bridge oleh beberapa wisatawan. Bangunannya terbuat dari potongan bambu dan sangat sederhana. Di sana kamu bisa mengambil background berupa pemandangan perbukitan yang ditemani pepohonan hijau.

4. Wisata Kuliner Lezat

Selain menikmati keindahan dan beberapa aktivitas lain yang telah disebutkan, wisata kuliner di Tenjo Laut juga tidak boleh Anda lewatkan. Beragam makanan lezat tersedia, khususnya makanan khas Jawa Barat. Diantaranya adalah Tape Ketan, Gemblong dan Katempling yang semakin nikmat jika ditemani kopi atau teh hangat. Menariknya, harga yang ditawarkan sangat murah, bahkan lebih murah dari tempat wisata lainnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Marine TenjoKredit foto: Google Maps widi sn

Tempat ini dikelola dengan baik meskipun baru dibuka beberapa tahun yang lalu. Terbukti dengan berbagai fasilitas yang disediakan untuk menunjang kebutuhan wisatawan. Tentunya Anda akan mendapatkan kamar kecil dan mushola yang merupakan fasilitas wajib. Tempat parkir juga merupakan salah satu fasilitas yang memenuhi syarat.

Fasilitas lain di Tenjo Laut antara lain gazebo sebagai tempat bersantai. Anda tidak perlu membayar apapun untuk fasilitas ini karena disediakan secara gratis. Sudah ada yang berbayar yaitu perkemahan yang tadi kita bahas. Selain fasilitas yang disebutkan, manajemen berencana untuk menambah fasilitas dalam waktu dekat. Fasilitas yang dimaksud adalah pacuan kuda, flying fox, area jogging dan beberapa lainnya.

Dari sekian penjelasan tentang Tenjo Laut yang ada di Kuningan di atas, apakah kamu tertarik dan ingin segera berkunjung? Jika Anda kebetulan sedang berada di dekat suatu tempat, tidak ada salahnya memprioritaskan tempat wisata tersebut, apalagi jika Anda masih penasaran. Namun pastikan Anda tidak datang sendirian karena Anda pasti akan rugi jika tidak berbagi keseruan mengunjungi tempat wisata ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button