Berita Wisata

Tentang Tahura Bali yang dikunjungi para pemimpin negara G20

Jakarta

Tahura Bali menjadi pusat perhatian saat KTT G20 2022 di Bali. Tempat itu dikunjungi Presiden Jokowi dan para pemimpin negara G20 pada hari kedua KTT G20 di Bali pada 16 November 2022.

Lantas, bagaimana sejarah kawasan Tahura Bali? Simak serba-serbi dari Tahura Bali berikut ini.

Mengutip situs Badan Pemantapan Kawasan Hutan Wilayah VIII Denpasar, Tahura Bali merupakan kawasan tipe hutan payau yang selalu digenangi air payau dan dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Tahura Bali terletak di wilayah Ngurah Rai Bali.

IKLAN

GULIR UNTUK MEMBATASI KONTEN

Lokasi Tahura Ngurah Rai Bali dinilai strategis karena berada di pusat pertumbuhan bisnis dan pariwisata Bali, yaitu Nusa Dua, Sanur dan Kuta. Ketiga kawasan ini merupakan kawasan wisata utama Bali.

Tahura Bali dikunjungi oleh Presiden Jokowi dan para pemimpin negara G20 pada hari kedua KTT G20 di Bali, 16 November 2022. Lihat informasi tentang Tahura Bali.Tahura Bali dikunjungi oleh Presiden Jokowi dan para pemimpin negara G20 pada hari kedua KTT G20 di Bali, 16 November 2022. Lihat informasi tentang Tahura Bali. (Foto: ANTARA FOTO/ZABUR_KARURU)

Lokasi Tahura Bali

Secara geografis, Taman Hutan Raya Ngurah Rai Bali terletak antara 08˚41′-08˚47′ Lintang Selatan dan 115˚10′-115˚15′ Bujur Timur. Batas-batas Taman Hutan Raya Ngurah Rai adalah sebagai berikut.

  • Utara: Kota Denpasar dan Kabupaten Badung
  • Timur: Selat Penida
  • Selatan: Samudera Indonesia
  • Barat: Kabupaten Badung.

Sejarah Singkat Tahura Bali

Kawasan Taman Hutan Raya Ngurah Rai ditetapkan sebagai tutupan hutan oleh Belanda pada tahun 1927. Kawasan ini telah mengalami beberapa kali perubahan nama dan fungsi, yaitu:

  • Awalnya bernama Kawasan Hutan Prapat Benoa (RTK.10) seluas 1373,50 Ha
  • Kawasan hutan Prapat Benoa (RTK.10) berubah fungsi pada tahun 1992 menjadi taman wisata alam berdasarkan SK. Menteri Kehutanan No. 885/Kpts-II/92 tanggal 8 September 1992
  • Kemudian berdasarkan SK. Menteri Kehutanan No. 544/Kpts-II/1993 tanggal 25 September 1993, resmi menjadi Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai Bali.

Potensi wisata di Tahura Bali

Tahura Bali memiliki potensi wisata alam yang besar sehingga perlu dibina. Beberapa potensi wisata alam Tahura Bali yang dapat dimanfaatkan adalah:

  1. Kenyamanan dan olahraga
    – Kayak dan kano
    – Mengamati burung
    – Tempat perkemahan
    – Diikuti
    – Melakukan perjalanan
    – Memancing
  2. Wisata pendidikan dan penelitian
    – Pengenalan ekosistem hutan mangrove
    – Permainan luar ruangan
    – Pengenalan flora dan fauna
    – Pelacakan hewan
  3. Wisata kesehatan
    – Detoks
    – Terapi
    – Meditasi
  4. Pengembangan pribadi
    – Outword terkait
    – Meningkatkan kapasitas profesional.

(kny/imk)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button